3 Bek Kiri yang Bisa Gantikan Luke Shaw di Manchester United

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 22 Des 2019, 18:15 WIB
Diperbarui 22 Des 2019, 18:15 WIB
Luke Shaw
Bek Manchester United, Luke Shaw, bakal memutuskan masa depannya pada akhir musim 2017-2018 karena merasa diperlakukan tidak adil oleh manajer Jose Mourinho. (AFP/Oli Scarff)

Bola.com, Jakarta - Luke Shaw menjadi satu di antara pemain berbakat Inggris saat bermain di Southampton. Ia kemudian memilih hijrah ke Manchester United pada musim panas 2014 dengan mahar 37,5 euro (Rp580 miliar).

Hingga musim 2019-2020, Luke Shaw telah bermain sebanyak 115 pertandingan dengan mencetak satu gol dan sembilan assist. Ia juga berhasil mempersembahkan satu trofi Liga Europa, satu Piala Liga Inggris, dan satu Community Shield untuk Manchester United.

Pemain berusia 24 tahun ini sempat menunjukkan performa yang menawan di musim pertamanya. Namun, di musim kedua ia mengalami cedera yang membuatnya absen panjang.

Selepas pulih, Luke Shaw mulai kesulitan menemukan bentuk permainan terbaiknya. Pemain berpaspor Inggris ini pun diisukan masuk dalam daftar jual pemain pada bursa transfer Januari 2020.

Seandainya Luke Shaw dijual, Manchester United bisa menggantinya dengan beberapa pemain baru atau mengoptimalkan pemain akademi. Bola.com memberikan tiga pemain yang bisa menggantikan sosok Luke Shaw di sisi pertahanan The Red Devils dilansir dari Sportskeeda, Minggu (22/12/2019).

2 dari 4 halaman

1. Brandon Williams

Manchester United Cukur AZ Alkmaar 4-0 di Old Trafford
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer (kiri) merangkul pemain Manchester United Brandon Williams usai menghadapi AZ Alkmaar pada pertandingan Grup L Liga Europa di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis (12/12/2019). Manchester United menang 4-0. (AP Photo/Dave Thompson)

Brandon Williams mulai mendapat kepercayaan dari Ole Gunnar Solskjaer untuk mengisi bek kiri Manchester United. Padahal Williams tidak termasuk dalam skuat pramusim The Red Devils di musim panas 2019.

Namun, cedera Luke Shaw dan Diogo Dalot memaksa manajer berpaspor Norwegia mengorbitkan pemain berusia 19 tahun ke tim utama. Ia pun berhasil membuktikan diri dengan permainan konsisten dari pertandingan ke pertandingan.

Williams terlihat nyaman dengan bola serta memiliki kemampuan untuk melewati pemain dengan mudah. Mengingat usianya yang masih sangat muda, Willams bisa menjadi pengganti jangka panjang Luke Shaw di Manchester United.

3 dari 4 halaman

2. Alex Telles

Perempat Final Liga Champions FC Porto vs Liverpool
Winger Liverpool, Sadio Mane berebut bola dnegan bek FC Porto, Alex Telles pada leg kedua perempat final Liga Champions 2018/2019 di Estadio do Dragao, Rabu (17/4). Liverpool memastikan lolos ke babak semifinal Liga Champions setelah membantai FC Porto 4-1. (AP Photo/Luis Vieira)

Alex Telles merupakan satu di antara bek sayap terbaik di Eropa saat ini. Bek kiri berusia 26 tahun ini memiliki kecepatan dan keterampilan yang luar biasa.

Pemain berpaspor Brasil ini telah mencatatkan empat gol dan lima assist untuk FC Porto musim ini.

Telles pun bisa menjadi pengganti yang pas untuk Luke Shaw di Manchester United. Ia bisa memberikan kreativitas serta stabilitas untuk Manchester United yang kebanyakan diisi oleh pemain dengan usia muda.

4 dari 4 halaman

3. Ben Chilwell

Sterling Cetak Hattrick, Inggris Lumat Ceko di Wambley
Bek Inggris, Ben Chilwell berusaha mengontrol bola selama pertandingan melawan Republik Ceko pada grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Ben Chilwell mendapat banyak pujian berkat penampilannya musim ini. Pemain berusia 22 tahun tampil mempersona di sisi kiri Leicester City.

Chilweel tampil baik dengan sistem penyerangan yang diterapkan ole Brendon Rodgers. Kini The Fox bertengger di peringkat kedua klasemen sementara Premier League.

Gaya permainan Chilweel yang agresif sangat cocok dengan model baru Manchester United. The Red Devils memang sedang menjadi tim yang mencoba mengandalkan pemain muda dan berpaspor Inggris. Chilwell bisa menjadi kepingan puzzle di lini belakang Manchester United.

Lanjutkan Membaca ↓