Selain David De Gea, 5 Kiper Ini Langganan Blunder di Pentas Premier League

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 24 Des 2019, 12:15 WIB
Diperbarui 24 Des 2019, 12:15 WIB
MU Tersungkur Lawan Tim Juru Kunci, De Gea Blunder Parah
Kiper MU David De Gea melakukan blunder saat melawan Watford (AP)

Jakarta - David De Gea melakukan kesalahan konyol di bawah mistar gawang Manchester United. Dia mengawali kekalahan Setan Merah dari Watford dengan skor 0-2 di Vicarage Road, Minggu (22/12/2019) dalam lanjutan Premier League.

Kiper United berusia 29 tahun tersebut itu mengawali kekalahan Setan Merah, sebutan MU pada pekan ke-19 Premier League. Watford bisa mencetak gol setelah De Gea salah mengantisipasi tendangan Ismaila Sarr pada menit ke-50.

Blunder tersebut menjadikan De Gea sebagai kiper terburuk di Liga Inggris musim ini, meski baru pertengahan musim. Menurut data Opta, kiper MU ini sudah melakukan enam blunder yang berakibat gol di Liga Inggris musim ini.

Parahnya lagi, De Gea mencatatkan hal buruk di bawah gawangnya sendiri. Dia gagal mencatatkan clean sheet dalam 13 pertandingan beruntung di Liga Inggris. Itu menjadi catatan buruk bagi karier De Gea.

Namun demikian, De Gea bukalah kiper yang paling sering melakukan blunder berujung gol di Liga Inggris sepanjang sejarah. Selain De Gea, ada lima kiper yang membuat banyak blunder di Premier League. Siapa saja? Simak di halaman selanjutnya.

 

 

2 dari 7 halaman

Asmir Begovic

Asmir Begovic
Asmir Begovic (AFP)

Asmir Begovic saat ini masih bermain di Liga Inggris. Kiper asal Bosnia memperkuat Bournemouth sejak 2017 hingga sekarang. Sebelumnya, dia bermain untuk Chelsea dan Stoke City.

Pria berusia 32 tahun tersebut merupakan kiper yang paling banyak melakukan blunder berujung gol. Tercatat, Begovic sudah 27 kali melakukan blunder.

 

3 dari 7 halaman

Petr Cech

Kalahkan Valencia, Langkah Awal Baik untuk Arsenal
Aksi Petr Cech saat memperkuat Arsenal. (AFP/Glyn Kirk)

Cukup aneh kalau Petr Cech masuk dalam daftar ini. Pasalnya, kiper yang pernah memperkuat Chelsea dan Arsenal itu merupakan pemain yang paling banyak clean sheet di Liga Inggris, 202 kali.

Namun, penjaga gawang yang sudah pensiun sejak musim lalu itu membuat 24 blunder fatal di Liga Inggris. Bahkan, dia berada di tempat kedua sebagai kiper yang paling banyak membuat kesalahan konyol.

 

4 dari 7 halaman

Robert Green

Adu Penalti, Chelsea Bungkam Lyon di ICC 2018
Aksi Robert Green musim lalu bersama Chelsea. (Ian KINGTON/AFP)

Kiper legendaris Timnas Inggris, Robert Green berada di posisi ketiga dalam daftar penjaga gawang yang paling banyak melakukan blunder berujung gol. Pria berusia 39 tahun itu melakukan 21 blunder.

Musim lalu, Robert Green sudah mengakhiri kariernya saat menjadi kiper ketiga Chelsea. Namun, karier kejayaannya di Liga Inggris saat masih bermain untuk Norwich City, West Ham United, dan Queens Park Rangers.

 

5 dari 7 halaman

Joe Hart

Chelsea, Bursa Transfer 2018
Joe Hart (Elsa/Getty Images/AFP)

Joe Hart merupakan mantan kiper Manchester City. Kiper berusia 32 tahun ini masih aktif bermain di Liga Inggris bersama klubnya, Burnley.

Selama 340 pertandingan di Liga Inggris, Joe Hart melakukan 20 blunder yang berujung gol di gawangnya sendiri. Namun, dia telah mencatatkan 127 clean sheet.

 

6 dari 7 halaman

Heurelho Gomes

Premier League, Tottenham Hotspur, Top Skor, Harry Kane
Kiper Watford, Heurelho Gomes, berusaha menghalau tendangan striker Tottenham Hotspur, Harry Kane di Stadion White Hart Lane, Sabutu (8/04/2017). Harry Kane menjadi top skorer Premier League setelah mencetak 29 gol. (EPA/Sean Dempsey)

Kiper asal Brasil ini sudah berusia 38 tahun. Namun, Heurelho Gomes masih aktif bermain di Liga Inggris bersama klub yang dibelanya sejak 2014, Watford. Dia juga pernah memperkuat Tottenham Hotspur.

Gomes tercatat sudah melakukan 195 penampilan di Liga Inggris. Dia mencatatkan 53 clean sheet. Tercatat, dia membuat 19 blunder yang merugikan timnya.

 

Sumber asli: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Cakrayuri Nuralam/Jonathan Pandapotan, Published 23/12/2019)

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Prediksi Liga Inggris, Kemenangan di Liga Europa Jadi Modal Berharga Mikel Arteta