Sukses


Jurgen Klopp Ungkap Formula di Balik Ketangguhan Liverpool

Bola.com, Liverpool - Liverpool menunjukkan performa yang mengesankan dalam dua musim terakhir. Jurgen Klopp menjadi sosok kunci kebangkitan Liverpool.

Manajer asal Jerman itu didapuk menangani Liverpool sejak 2015. Ia secara perlahan-lahan membangun The Reds menjadi kekuatan besar Eropa dan memenangkan Liga Champions musim lalu.

Dalam sebuah wawancara, Klopp menjelaskan satu di antara formula yang membuat Liverpool sangat tangguh. Menurutnya, dia secara khusus memperintahkan striker bertahan sejak dari depan.

"Anda harus percaya diri, tetapi ketika itu kepercayaan diri terlalu banyak Anda akan bermasalah," kata Klopp dikutip Sportbible, Rabu (1/1/2019).

"Selama Anda bukan Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi, Anda harus bertahan. Aturan yang mudah," imbuhnya.

Formula itu terbukti berhasil saat Roberto Firmino mempraktikkannya. Ia ikut dalam skema bertahan Klopp dan berhasil menciptakan ruang yang bisa dieksploitasi Mohamed Salah atau Sadio Mane saat serangan balik.

Liverpool saat ini berada di jalur juara Premier League setelah memuncaki klasemen dengan keunggulan 13 poin. Jika berhasil merebut trofi juara, Armada Jurgen Klopp akan melepaskan dahaga setelah 30 tahun tak menjuarai Premier League.

2 dari 2 halaman

Akan Selalu Tertekan

Jurgen Klopp yang baru menandatangani kontrak baru hingga 2024 mengaku menikmati tekanan yang datang sebagai manajer Liverpool.

"Saya hanya bisa memberi 100 persen dan melihat apakah itu cukup, saya tidak menekan diri saya lagi," kata Klopp saat berbincang dengan Arsene Wenger dalam sebuah acara.

"Liverpool tidak pernah menjadi juara selama 30 tahun tetapi 27 dari tahun-tahun ini saya tidak ada hubungannya, jadi saya harus memulai yang baru. Kami hanya perlu meningkatkan diri setiap tahun," imbuhnya.

"Kami menggunakan kekuatan klub ini dan hal-hal baik seperti pendukung dan liga Champions, kekuatan finansial yang kami miliki, kami menggunakannya sebagai peluang," imbuhnya.

Sumber: Sportbible

Video Populer

Foto Populer