Sukses


4 Pelatih Gaek Ini Cocok Gantikan Solskjaer di Manchester United

Bola.com, Jakarta - Ole Gunnar Solskjaer tak kunjung mengangkat performa Manchester United. Alih-alih bersaing di papan atas, Setan Merah masih tercecer di peringkat kelima klasemen sementara Premier League. 

Posisi MU bahkan terancam turun jika Wolverhampton Wanderers mampu mencuri angka kala bersua Liverpool, Jumat (24/1/2020) dini hari WIB. Hasil itu membuat sejumlah suporter geram.

Imbasnya, tagar #OleOut mengema kembali di media sosial. Fans menganggap Solskjaer bukan sosok yang tepat untuk Manchester United.

Pelatih asal Norwegia itu dianggap terlalu patuh dengan CEO Manchester United, Ed Woodward. Buktinya, pemain yang selama ini jadi bidikan Solksjaer tak kunjung diikat dengan kontrak menjanjikan.

Metro pernah melaporkan Ed Woordward bukan sosok yang cerdas terkait perekrutan pemain. Pundit ESPN, Mark Ogden, bahkan menyebut Ed Woodward perlu dilengserkan dalam jabatannya sebagai administrator Setan Merah.

Sikap Solskjaer yang terlalu lunak itu juga menjadi masalah tersendiri bagi masa depan Manchester United. Mengganti manajer adalah opsi yang bisa dilakukan Manchester United. Terlebih menggantinya dengan pelatih yang lebih berpengalaman.

Bola.com telah merangkum empat sosok yang tepat untuk menggantikan Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih Manchester United. Berikut perinciannya.

2 dari 5 halaman

1. Laurent Blanc

Laurent Blanc menjadi sosok potensial pengganti Ole Gunnar Solskjaer. Saat ini, pelatih berkebangsaan Prancis itu masih menganggur.

Paris Saint-Germain (PSG) adalah klub terakhir yang ditukangi Laurent Blanc. Pelatih yang kini berusia 54 tahun itu membesut PSG selama tiga tahun sebelum dipecat pada 2016.

Laurent Blanc bukan nama baru di terlinga pencinta Manchester United. Dia pernah bermain untuk MU. Pria yang pernah membawa Bordeaux ke puncak kejayaannya itu juga sempat didekati manajemen Setan Merah, tepatnya pada 2014. 

Saat itu, Blanc diminta menggantikan David Moyes yang dianggap kurang bertaji sebagai manajer MU. Namun karena satu dan lain hal, tawaran ditolak.

Klub yang bermarkas di Old Trafford itu lantas menyerahkan kursi menajer kepada pelatih asal Belanda, Loiuis van Gaal.

3 dari 5 halaman

2. Massimiliano Allegri

Daily Mail menyebut Massimiliano Allegri muncul di baris terdepan sebagai pengganti Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United. Kiprah Allegri kala menangani Juventus menjadi alasan masuk akal opini tersebut tepat.

Bersama Juventus, Massimiliano Allegri berhasil meraih scudetto empat kali beruntun sejak 2015 hingga 2018. Total, ia sukses mendapatkan enam titel, empat untuk Juventus dan dua dipersembahkan bagi AC Milan.

Kabarnya salah satu alasan mengapa Allegri tak kunjung melatih lagi adalah keinginannya menjajal kompetisi di negara lain. Pria yang kini berusia 52 tahun itu diyakini tengah menunggu kejelasan nasib Solskjaer di Manchester United.

4 dari 5 halaman

3. Marcelo Lippi

Pencinta sepak bola Italia pasti tidak asing dengan nama Marcelo Lippi. Pelatih asal Italia tersebut mengoleksi lima scudetto, satu gelar Liga Champions, dan satu trofi Piala Dunia sepanjang kariernya.

Torehan itu seharusnya sudah cukup menjelaskan sepak terjang Marcelo Lippi di dunia sepak bola. Puncak kejayaan Marcelo Lippi yakni kala menukangi Juventus pada 1994.

Pada musim pertamanya, pelatih yang kini berusia 71 tahun tersebut langsung mempersembahkan scudetto. Bahkan, Sir Alex Ferguson pernah ingin membuat Manchester United tampil seperti Juve di era Lippi.

Usia Marcelo Lippi memang sudah 71 tahun. Namun, Manchester United butuh sosok berpengalaman untuk membuatnya kembali cemerlang dan Marcelo Lippi. disebut sosok yang cukup potensial.

5 dari 5 halaman

4. Lucien Favre

Pelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre, menjadi salah satu kandidat pengganti Solskjaer versi Ed Woodward. Menurut bos Manchester United, Favre memiliki strategi menyerang yang cocok untuk diterapkan di MU.

"Lucien Favre bermain seperti yang diharapkan penggemar United dari tim mereka," kata Woodward.

Saat ini, Lucien Favre masih menukangi Borussia Dortmund. Namun, kontrak pelatih berusia 62 tahun itu bakal berakhir pada pertengahan 2021.

Meski prestasi Favre tak megah, Ed Woodward pernah menyebut namanya sebagai sosok potensial pengganti Ole Gunnar Solksjaer.

Video Populer

Foto Populer