Manchester City Kena Sanksi Financial Fair Play, Fans Arsenal Sebut Ada Konspirasi Arsene Wenger

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 17 Feb 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 17 Feb 2020, 09:00 WIB
Arsenal Vs Manchester City

Bola.com, Jakarta - Nasib buruk menimpa Manchester City. The Citizen mendapat larangan bermain di turnamen Eropa oleh UEFA selama dua tahun setelah melanggar aturan financial fair play.

Selain larangan bermain di turnamen Eropa selama dua musim, Manchester City juga mendapat denda senilai 25 juta paun (Rp446 miliar).

"Setelah mempertimbangkan semua bukti, Manchester City melakukan pelanggaran serius terkait Peraturan Financial Fair Play UEFA dengan melebih-lebihkan pendapatan sponsor dalam rekeningnya antara 2012-2016," bunyi pernyataan UEFA dikutip dari Give Me Sport, Minggu (16/2/2020).

Bagi banyak orang, terutama kalangan penggemar Manchester City, dua tahun adalah waktu yang lama.

Klub milik Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan ini telah menghabiskan banyak uang selama lebih dari satu dekade.

Arsene Wenger menjadi tokoh terkemuka dalam sepak bola yang menyerukan pelanggaran Manchester City di masa lalu. Pria berpaspor Prancis itu menuduh Manchester City dan Real Madrid melakukan doping keuangan pada 2009.

Setelah 11 tahun dari tudingan Wenger itu, Manchester City akhirnya dihukum UEFA. Kini, justru muncul dugaan adanya peran mantan manajer Arsenal tersebut dalam kasus Manchester City.

2 dari 5 halaman

Candaan Fans Arsenal terhadap Kasus Manchester City

Shkodran Mustafi
Bek Arsenal Shkodran Mustafi merayakan gol ke gawang Manchester City pada laga Premier League di Stadion Emirates, London, Minggu (2/4/2017). (AFP/Ian Kington)

Arsene Wenger baru-baru ini mengambil posisi di FIFA sebagai kepala pengembangan sepak bola. Setelah beberapa bulan menduduki jabatan itu, Manchester City mendapat hukuman.

Penggemar Arsenal kemudian bercanda dengan menduga Wenger berhubungan dengan kasus tersebut. Pasalnya, Meriam London sedang berusaha mengejar tiket Liga Champions dan beberapa orang meyakini Wenger akan mengambil tindakan untuk memperbesar peluang mantan tim asuhannya lolos.

Berikut Bola.com menyertakan beberapa cuitan fans Arsenal tersebut:

3 dari 5 halaman

Wenger Dalang dari Kasus Manchester City

"Wenger mulai bekerja untuk FIFA dan dalam beberapa bulan, Manchester City dilarang bermain di Liga Champions. Itu membuat kami berusahan finis di peringkat ke-5 dan langsung lolos ke sana. Arsene Wenger, dia melakukannya lagi."

4 dari 5 halaman

Siasat yang Bagus

"Arsene Wenger melihat 4 besar tidak mungkin, jadi dia bergabung dengan FIFA dan mulai menyelidiki klub di atas kami. 1 turun, 5 menyusul."

5 dari 5 halaman

Karma

"#Wenger menjadi kepala pengembangan sepak bola untuk #FIFA. Kemudian Man City dikeluarkan dari Liga Champions selama 2 tahun #karma"

Lanjutkan Membaca ↓