7 Statistik Menawan Liverpool Sejak Dilatih Jurgen Klopp

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 17 Feb 2020, 08:50 WIB
Diperbarui 17 Feb 2020, 08:50 WIB
Jurgen Klopp, LIverpool

Bola.com, Jakarta - Jurgen Klopp sudah mendampingi Liverpool sebanyak 250 pertandingan saat meraih kemenangan 1-0 atas Norwich City di pentas Premier League, Sabtu (15/2/2020), di Stadion Anfield.

Sejak Klopp bergabung, performa Liverpool bisa dibilang sangat impresif. Itu dibuktikan dengan pencapaian The Reds dalam beberapa musim terakhir.

Musim lalu, Klopp sukses mengantar klub yang bermarkas di Anfield tersebut merengkuh titel Liga Champions 2018-2019. Tak hanya itu, Klopp membawa klub yang bermarkas di Anfield itu berada di urutan kedua klasemen akhir Premier League.

Sementara pada musim ini, Klopp berpeluang mengantarkan Liverpool menjadi kampiun Premier League untuk kali pertama sejak 1989-1990.

Saat ini, The Reds masih kukuh di pucuk pimpinan klasemen Premier League dengan 76 poin. Liverpool unggul 25 angka atas Manchester City yang berada di bawahnya.

The Reds hanya membutuhkan lima kemenangan lagi untuk memastikan gelar Premier League 2019-2020. Pencapaian Klopp bersama The Reds tersebut tentunya tak mudah.

Klopp membutuhkan waktu sekitar 4,5 tahun untuk dapat meraih banyak gelar bersama Liverpool. Jurgen Klopp sudah menangani The Reds sejak 8 Oktober 2015.

Laga melawan Norwich City menjadi pertandingan ke-250 Jurgen Klopp bersama Liverpool. Berbagai statistik menawan pun mengiringi perjalanan Klopp.

Berikut ini Bola.com merangkum dari Planet Football, Minggu (16/2/2020), tujuh statistik menawan di balik 250 pertandingan Jurgen Klopp bersama Liverpool.

 

2 dari 8 halaman

1. Rasio Kemenangan

Liverpool Vs Sheffield United
Striker Liverpool, Sadio Mane, bersama Roberto Firmino merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Sheffield United pada laga Premier League di Stadion Anfied, Liverpool, Rabu (2/1). Liverpool menang 2-0 atas Sheffield. (AFP/Paul Ellis)

Sejak menangani Liverpool pada 8 Oktober 2015, Jurgen Klopp sudah melalui 250 pertandingan. Dari 250 laga tersebut, klub asuhannya itu sukses meraih 153 kemenangan, 58 imbang dan 39 kali kekalahan.

Itu artinya Liverpool mempunyai rasio kemenangan 61,2 persen sejak dilatih Klopp.

3 dari 8 halaman

2. Kemenangan Terbanyak

FOTO: Meski Menang Liverpool Tetap Gagal Juara Premier League
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menyapa suporter usai mengalahkan Wolverhampton pada laga Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (12/5). Liverpool menang 2-0 atas Wolves. (AFP/Paul Ellis)

Jurgen Klopp menjadi manajer dengan kemenangan terbanyak ntuk jumlah pertandingan yang sama, yakni 250 laga. Pelatih Liverpool lainnya, Kenny Dalgish, hanya meraih 152 kemenangan, kemudian Bob Paisley sebanyak 140 kali menang.

Sementara, Jurgen Klopp dari 250 pertandingan meraih 153 kemenangan.

4 dari 8 halaman

3. Membawa Liverpool Tampil di Final 6 Kali

Liverpool Vs Flamengo
Para pemain Liverpool merayakan gelar juara Piala Dunia Antarklub 2019 setelah mengalahkan Flamengo di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Minggu (21/12). Liverpool menang 1-0 atas Flamengo. (AFP/Karim Jaafar)

Sejak menangani Liverpool, Klopp sudah membawa Liverpool tampil di final sebanyak enam kali. Pada tiga final pertamanya, Klopp gagal mengantarkan The Reds sebagai juara.

Sementara, tiga final terakhir, yakni Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub berakhir dengan kemenangan.

5 dari 8 halaman

4. Sudah Menurunkan 84 Pemain

Liverpool Vs Sheffield United
Striker Liverpool, Sadio Mane, bersama Roberto Firmino merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Sheffield United pada laga Premier League di Stadion Anfied, Liverpool, Rabu (2/1). Liverpool menang 2-0 atas Sheffield. (AFP/Paul Ellis)

Dari 250 pertandingan yang sudah dilalui, total ada 84 pemain berbeda yang dimainkan Klopp di semua kompetisi.

Adapun pemain yang paling sering dimainkan Klopp ialah Roberto Firmino. Pemain asal Brasil diberi kesempatan tampil sebanyak 221 kali.

Kemudian di bawah Firmino ada James Milner (196) dan Giorginio Wijnaldum sebanyak 171 penampilan bersama Klopp.

6 dari 8 halaman

5. Pencetak Gol Terbanyak

Firmino Antar Liverpool Bungkam Tottenham Hotspur
Bek Tottenham Hotspsur, Danny Rose berusaha merebut bola yang dibawa penyerang Liverpool, Mohamed Salah pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris, Sabtu (11/1/2020). Liverpool menang 1-0 atas Tottenham. (AP Photo/Matt Dunham)

Dari 250 pertandingan Liverpool bersama Jurgen Klopp, total sudah tercipta 539 gol. Itu artinya The Reds memiliki rasio gol 2,2 per laga.

Kemudian dari 84 pemain yang pernah dimainkan, Mohamed Salah menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol. Eks pemain AS Roma itu sudah mengemas 89 gol.

Setelah Salah ada Roberto Firmino dan Sadio Mane yang masing-masing mencetak 76 dan 74 gol di semua ajang. Sedangkan bola yang masuk ke gawang Liverpool sebanyak 261 gol dengan rasio 1,04 gol per pertandingan.

7 dari 8 halaman

6. Assist Terbanyak

Liverpool Vs Norwich City
Penyerang Liverpool, Roberto Firmino, mengontrol bola saat melawan Norwich City pada laga Premier League di Stadion Carrow Road Minggu (16/2/2020). Liverpool menang 1-0 atas Norwich City. (AP/Frank Augstein)

Selain menjadi pemain paling banyak tampil, Roberto Firmino merupakan pemain dengan catatan assist terbanyak. Total sudah 59 assist yang sudah ia sumbang untuk Liverpool sejak dilatih Jurgen Klopp.

Setelah Firmino ada Mohamed Salah dan James Milner yang masing-masing mengemas 41 dan 38 assist.

8 dari 8 halaman

7. Pemain Termahal dan Termurah

Selama kurang lebih 4,5 tahun menukangi Liverpool, Klopp mendatangkan banyak pemain. Mulai dari pemain yang memiliki banderol tinggi hingga paling murah.

Pembelian termahal The Reds ialah saat memboyong Virgil van Dijk dari Southampton pada 2018. Liverpool harus menggelontorkan 75 juta pounds untuk mendapatkan Virgil van Dijk.

Sementara pemain dengan banderol rendah ialah Ragnar Klavan. Liverpool hanya mengeluarkan 4,2 juta pounds untuk memboyong pemain tersebut ke Anfield.

Lanjutkan Membaca ↓