Sukses


Laporan Langsung dari Inggris : Melihat Venue Latihan Tim Garuda Select

Laporan Langsung Fitri Apriani dari Birmingham, Inggris

SAAT kali pertama mendapat undangan ke Birmingham, Inggris, saya sudah berencana mengupas terkait apa saja yang berkaitan dengan Tim Garuda Select. Satu di antara rasa penasaran itu adalah melihat lokasi latihan para pemain masa depan sepak bola Indonesia tersebut.

Saya menyambangi skuat Garuda Select yang sedang berlatih di Oak Park Activity Living, Walsall. Jadwal yang tertera cukup padat. Sesi latihan Garuda Select berlangsung mulai pukul 09.00 - 11.00 waktu setempat.

Saat tiba di Oak Park, para pemain Garuda Select sedang berlatih di pusat kebugaran. Setelah itu, mereka melahap menu taktik dengan pelatih kepala, Des Walker.

Sekadar informasi, perjalanan saya menuju Oak Park dari penginapan di pusat kota Birmingham, memakan waktu sekitar 35 menit. Sepanjang perjalanan menuju Oak Park, taksi hanya menyusuri kompleks perumahan. Di sisi kanan dan kiri tampak rumah-rumah khas Inggris. Jam menunjukkan pukul 09.05 ketika saya berangkat dan tiba di tempat latihan pukul 09.40.

Berbeda dengan pusat kota Birmingham, di sekitar Oak Park suhunya lebih dingin, yakni 8 derajat Celsius. Masih dengan embusan angin yang kencang, yag membuat hawa dingin makin merasuk.

Tempat latihan Garuda Select di Oak Park mirip Universitas Pelita Harapan (UPH) di Karawaci, tempat yang dahulu biasa dipakai Timnas Indonesia di era Luis Milla Aspac. Perbedaan terletak pada lapangan di Oak Park yang menggunakan rumput buatan alias sintetis.

 

2 dari 2 halaman

Strategi Khusus

Pada saat saya melihat sesi latihan tersebut, tim pelatih sedang memersipan Garuda Select jelang laga pekan ini, yakni kontra Preston North End U-18. Asisten pelatih Garuda Select, Danny Holmes menyempatkan diri berbincang sekaligus berdiskusi.

Satu di antara topik yang menarik adalah suhu dingin plus angin kencang. Ia mengatakan, Rafli Asrul dkk mengalami fase agak susah jika berlatih di tengah kondisi tersebut.

"Pastinya aliran bola juga tidak terlalu lancar, tidak terlalu efektif juga karena fisik pemain juga bisa saja terganggu. Cuma sejauh ini mereka sudah beradaptasi dengan cuaca yang seperti ini," jelas Holmes.

Namun, ia meyakinkan kalau tim pelatih punya metode khusus agar seluruh pemain bisa melahap menu latihan yang sudah dipersiapkan. "Tim pelatih punya solusi untuk memperbanyak sesi latihan di dalam, entah itu nge-gym, atau analisis video," ungkap Holmes.

Disadur dari : Bola.net

Penulis / Editor : Fitri Apriani / Gia Yuda Pradana

 

Video Populer

Foto Populer