3 Kiper Ini Kandidat Peraih Golden Glove Premier League 2019-2020

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 27 Feb 2020, 15:20 WIB
Diperbarui 27 Feb 2020, 15:20 WIB
Ekspresi Kiper Liverpool Alisson Becker Raih Golden Glove
Kiper Liverpool, Alisson Becker menyapa para fans saat memegang penghargaan Golden Gloves usai pertandingan melawan Wolverhampton Wanderers pada lanjutan Liga Inggris di Anfield, Inggris (12/5/2019). Alisson mencatatkan 21 clean sheet di sepanjang musim ini. (AFP Photo/Paul Ellis)

Bola.com, Jakarta - Dalam permainan sepak bola peran kiper tak bisa dianggap remah. Ia memiliki peran mencegah pemain lawan mencetak gol dan menjadi benteng terakhir pertahanan.

Premier League juga memberikan penghargaan khusus kepada kiper dengan jumlah clean sheet. Penghargaan ini dikenal dengan nama Golden Glove.

Legenda Chelsea, Petr Cech menjadi pemain pertama yang memenangkan Golden Glove sejak dimulai musim 2004-2005. Ia meraih penghargaan tersebut dengan catatan 24 clean sheets.

Jumlah clean sheets tersebut sampai sekarang belum berhasil dipatahkan. Petr Cech juga menjadi peraih terbanyak penghargaan ini bersama Joe Hart sebanyak tiga kali.

Menjelang musim 2019-2020 berakhir, Premier League memiliki tiga kiper kandidat terkuat untuk meraih Golden Golve. Berikut tiga pemain tersebut dilansir dari Sportskeeda, Kamis (27/2/2020).

2 dari 4 halaman

1. Alisson Becker

Ballon d'Or 2019
Alisson Becker - Liverpool. (AFP/Paul Ellis)

Alisson Becker merupakan kunci kesuksesan Liverpool di era Jurgen Klopp. Musim lalu, pemain berpaspor Brasil tersebut meraih Golden Glove dengan torehan 21 clean sheet.

Musim ini, Alisson berhasil mencetak 10 clean sheet bersama Liverpool. Ia mencatat 2,26 penyelamatan per pertandingan dengan rasio keberhasilan 84,31 persen.

Jika pertahanan Liverpool tetap solid hingga akhir musim, itu akan membantu Alisson memperbanyak jumlah clean sheet.

3 dari 4 halaman

2. Ederson Moraes

Kiper Tangguh, Premier League, Ederson Moraes
Ederson Moraes (Manchester City) - Uang besar yang dikeluarkan The Citizens untuk memboyong kiper asal Brasil ini tak sia-sia. Refleks yang cepat dan berani duel satu lawan satu membuatnya menjadi kiper yang disegani. (AFP/Oli Scarff)

Ederson Moraes bergabung dengan Manchester City dengan banderol 35 juta pounds pada 2017. Sejak bergabung, ia membuat 45 clean sheet dari 98 penampilannya.

Performa Ederson juga mengkilap musim ini meski mendapat cedera di awal musim. Ia berhasil membuat sembilan clean sheet dalam 24 penampilan di Premier League.

Ederson berhasil menjadi benteng terakhir Manchester City. Ia membuat 46 penyelamatan dengan tingkat keberhasilan 67,65 persen.

4 dari 4 halaman

3. Dean Henderson

Dean Henderson - Sheffield United - Manchester United
Kiper Sheffield United, Dean Henderson. (AFP/Paul Ellis)

Dean Henderso menikmati karier mengkilap bersama Sheffield United. Pemain berusia 22 tahun ini tampil konsisten musim ini.

Pemain pinjaman Manchester United tersebut telah membuat sembilan clean sheet dengan rasio penyelamatan berhasil 75 persen. Ia juga membuat 2,54 penyelamatan per laga.

Performa bagus Dean Henderson juga berpengaruh dalam posisi Sheffield United di klaseman. Kini, Sheffield berada di posisi ketujuh, padahal mereka berstastus tim promosi.

Sumber: Sportskeeda

Lanjutkan Membaca ↓