Sukses


5 Gol di Pentas Premier League yang Berasal dari Assist Kiper

Bola.com, Jakarta - Kiper atau penjaga gawang tentunya menjadi satu di antara bagian penting di berbagai ajang sepak bola, termasuk Premier League. Peran kiper untuk tim bisa dikatakan tak kalah krusial dengan sosok penyerang.

Posisi kiper lebih mempunyai kekhususan ketimbang pemain lain seperti bek, gelandang, ataupun striker. Penjaga gawang tidak memiliki kebebasan karena hampir sepanjang permainan berada di wilayah pertahanan.

Meski bisa membantu serangan, seorang kiper tak bisa leluasa meninggalkan gawang setiap saat. Para penjaga gawang tersebut dituntut lebih fokus mengawal gawang.

Kendati demikian, ada juga kiper yang turut andil dalam terciptanya gol, melalui assistnya. Bagaimana gol dan siapa saja penjaga gawang yang mampu menorehkan assist di pentas Premier League?

Berikut ini Bola.com merangkumnya dari The Football Faithfull, 5 gol di kompetisi Premier League yang berasal dari assist kiper.

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

1. Ederson Moraes - Sergio Aguero

Ederson Moraes pernah mencatatkan assist sensasional di Premier League musim lalu. Ederson sukses memberikan umpan yang berujung gol saat Manchester City menang telak atas Huddersfield dengan skor 6-1.

Kiper asal Brasil itu menorehkan assist yang berhasil dikonversikan menjadi gol oleh sang bomber, Sergio Aguero.

3 dari 6 halaman

2. Rob Elliot - Papiss Cisse

Pertandingan antara Newcastle United vs Southampton pada musim 2012-2013 mungkin akan selalu dikenang Rob Elliot dan Papiss Cisse. Elliot berhasil melepaskan tendangan bebas jarak jauh dari sekitar pertahanan Newcastle United.

Bola hasil sepakan Elliot yang gagal dihalau pemain belakang Southampton langsung dimanfaatkan dengan baik oleh Papiss Cisse yang berujung gol.

4 dari 6 halaman

3. Jonas Lössl - Laurent Depoitre

Huddersfield bukan klub yang diperhitungkan di pentas Premier League. Meski begitu, Huddersfiled bisa mengejutkan klub sekelas Manchester United.

Pada musim 2017-2018, Huddersfield pernah mengalahkan Setan Merah dengan skor 2-1. Menariknya, satu di antara gol Hudderfield ada andil besar dari sosok sang kiper, Jonas Lössl.

Lössl melepaskan umpan dari dalam kotak penaltinya yang langsung diselesaikan Laurent Depoitre menjadi gol.

5 dari 6 halaman

4. Alisson Becker - Mohamed Salah

Alisson Becker menjadi satu di antara kiper terbaik di pentas Premier League. Tak jarang aksi penjaga gawang asal Brasil itu mencuri perhatian publik lewat aksi-aksinya.

Satu di antara yang paling menjadi atensi para pecinta sepak bola ialah saat memberikan assist kepada Mohamed Salah. Eks kiper AS Roma itu menjadi otak serangan dalam proses terciptanya gol Salah.

Alisson memberikan umpan jarak jauh dari kotak penalti yang langsung diteruskan Mohamed Salah hingga menjadi gol. Momen tersebut terjadi awal tahun ini saat Liverpool bersua Manchester United di pertemuan kedua.

Pada laga tersebut, The Reds menang dengan skor 2-0 melalui gol Virgil van Dijk dan Mohamed Salah.

6 dari 6 halaman

5. David Seaman - Ian Wright

Kiper sekaligus legenda Arsenal, David Seaman pernah menorehkan assist saat masih aktif bermain. Seaman memberikan assist saat The Gunners bersua Everton pada 1993-1994.

Pada laga tersebut, Seaman langsung menendang bola dari area penaltinya yang langsung dimanfaatkan dengan baik oleh Ian Wright menjadi gol.

Video Populer

Foto Populer