Sukses


9 Fakta yang Mengiringi Keberhasilan Manchester City Menjuarai Piala Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Manchester City membungkam Aston Villa dengan skor 2-1 pada laga final Piala Liga Inggris, Minggu (1/3/2020). Kemenangan itu pun membuat City berhak atas titel juara.

Menjalani pertandingan di Stadion Wembley, The Citizens tampil dominan sejak bola digulirkan. Anak asuh Pep Guardiola itu mencatatkan 70 persen penguasaan bola, berbanding 30 persen milik Aston Villa.

Man City juga melepaskan 22 tembakan yang empat di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, The Villa hanya memperoleh tiga peluang bagus dari lima kesempatan.

Bermain menekan, Manchester City berhasil unggul dua gol saat laga baru berjalan 30 menit. Sepasang gol City dicetak Sergio Aguero pada menit ke-20 dan Rodri Hernandez menit ke-30.

Aston Villa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-41 lewat aksi Mbwana Ally Samatta. Sampai laga berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan Man City tetap bertahan.

Hasil positif tersebut membuat Manchester City berhak atas trofi Piala Liga Inggris musim ini, sekaligus yang ketiga secara beruntun. Sebelumnya, The Citizens berhasil merengkuh titel juara Piala Liga pada musim 2017-2018 dan 2018-2019.

Sejauh ini, Man City telah mengoleksi tujuh titel juara di turnamen yang telah berlangsung sejak 1960 tersebut. City tertinggal satu gelar dari Liverpool yang berstatus klub tersukses di Piala Liga Inggris.

Sejumlah fakta menarik tersaji selepas duel Manchester City kontra Aston Villa. Berikut ini adalah perinciannya.

 

 

Video

2 dari 3 halaman

Klub Kedua

1. Manchester City adalah klub kedua yang meraih tiga trofi Piala Liga Inggris secara beruntun, setelah Liverpool pada musim 1980-1981 sampai 1983-1984 (4 gelar juara).

2. Hanya Liverpool (8 gelar) yang meraih titel juara Piala Liga Inggris lebih banyak ketimbang Man City (7 gelar).

3. Hanya Arsenal (6 kali) yang menjadi runner-up paling sering di ajang Piala Liga Inggris, dibandingkan Aston Villa (4 kali; sama dengan Liverpool, Manchester United, dan Tottenham Hotspur).

4. Pep Guardiola kini telah merengkuh tiga trofi Piala Liga Inggris (2018, 2019, 2020). Guardiola hanya kalah dari Sir Alex Ferguson, Brian Clough, dan Jose Mourinho yang sama-sama merengkuh empat gelar juara di Piala Liga sebagai manajer.

3 dari 3 halaman

Sergio Aguero Pemain Paling Subur di Piala Liga Inggris

5. Aston Villa telah mencetak 20 gol di Piala Liga Inggris musim ini. Klub terakhir yang mencetak 20 gol atau lebih dalam satu musim Piala Liga Inggris adalah Manchester City, pada musim 2013-2014 dengan 22 gol.

6. Sergio Aguero telah mencetak 10 gol dalam enam pertandingan terakhirnya melawan Aston Villa.

7. Sejak menjalani debut di Piala Liga Inggris pada November 2011, Sergio Aguero telah mencetak lebih banyak gol di turnamen ini dibandingkan pemain lain (11 gol).

8. Striker Aston Villa, Mbwana Samatta, menjadi pemain Afrika kelima yang berhasil mencetak gol di final Piala Liga Inggris, setelah Didier Drogba (4 gol), Joseph-Desire Job, Obafemi Martins, dan Yaya Toure.

9. Pemain Manchester City, Phil Foden, terlibat langsung dalam sembilan gol dari 10 pertandingan awal di semua kompetisi musim ini (2 gol; 7 assist).

Sumber: BBC

Video Populer

Foto Populer