Sukses


Solskjaer dan 2 Manajer Klub Raksasa Premier League Ini Akui Terinspirasi Klopp dan Liverpool

Bola.com, Jakarta - Superioritas Liverpool pada musim ini membuat banyak pihak terkesan. Bukan hanya fans Liverpool yang merasa gembira, kubu lawan juga mengapresisi performa fantastis The Reds. 

Kebangkitan Liverpool diawali sejak kedatangan Jurgen Klopp pada 2015. Manajer asal Jerman tersebut perlahan membangun pondasi dan membangkitkan Liverpool dari tidur panjangnya. 

Kerja keras Klopp plus dukungan penuh dari semua elemen di klub Liverpool sudah terasa hasilnya sejak musim lalu. The Reds menempati peringkat kedua pada Premier League musim lalu, dengan hanya berselisih satu poin dari Manchester City yang menjadi juara. 

Jordan Henderson dan kawan-kawan juga menyabet gelar Liga Champions. Di partai final, The Reds mengalahkan sesama klub Inggris, Tottenham Hotspur. 

Sepak terjang Liverpool berlanjut ke ajang Piala Dunia Antarklub. Tim besutan Jurgen Klopp juga berhasil menjadi jawara. 

Liverpool makin menggila pada musim ini. Di Premier League mereka tak terbendung. The Reds tercatat tak terkalahkan dalam 27 laga beruntun dan baru terhenti pada laga ke-28 melawan Watford. 

Sepak terjang Jurgen Klopp dan Liverpool itu ternyata menginspirasi beberapa manajer Premier League lainnya. Berikut ini tiga manajer klub raksasa yang mengklaim ingin meniru Liverpool. 

 

2 dari 4 halaman

1. Ole Gunnar Solskjaer

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, mengaku melihat Jurgen Klopp dan Liverpool, sebagai inspirasi untuk kelanjutan perjalanannya di Old Trafford. Klopp sudah empat tahun menangani Liverpool, dan selalu mendapat dukungan 100 persen dari klub. Hasilnya, The Reds kini mulai mendominasi di sepak bola Inggris. 

"Anda lihat tim-tim lain tampil apik dan Jurgen menghabiskan empat tahun membangun timnya dan sekarang hasilnya bagus," kata Solskjaer, sepakan lalu, seperti dilansir Inews.co.uk

"Saya sudah bilang ini (membangun tim) tak bisa dilakukan denga cepat. Kami tak bisa hanya membawa delapan atau 10 pemain sekaligus pada sebuah bursa transfer. Kami punya satu jendela transfer, yang terbaik pada musim panas, karena periode Januari sedikit sulit. Tapi kami masih berusaha melakukan sesuatu." 

"Saya tak akan mengubah segalanya dalam enam atau delapan atau 10 bulan setelah saya diangkat. Saya akan berpegang pada yang saya percayai dan semoga itu cukup bagus. Semoga mereka bisa melihat apa yang kami lakukan akan benar. Kami hanya perlu terus melanjutkan langkah," ujar Solskjaer.  

 

3 dari 4 halaman

2. Pep Guardiola

Pekan lalu, menjelang final Piala Liga Inggris, manajer Manchester City Pep Guardiola mengakui timnya belajar dari Liverpool. Guardiola juga mengatakan target City adalah berusaha dan meniru The Reds.

"Liverpool luar biasa. Kami bisa belajar dari mereka. Target kami adalah meniru mereka. Tapi, yang terpenting adalah berusaha sukses di kompetisi lain," kata Guardiola, seperti dilansir Mirror, pada 28 Februari.

Pada musim 2017-2018 dan 2018-2019, Manchester City menguasai Premier League. Namun, musim ini Liverpool terlalu superior. The Reds sudah unggul 22 poin atas City, sehingga tinggal selangkah lagi mengamankan gelar Premier League musim ini.  

 

4 dari 4 halaman

3. Frank Lampard

Manajer Chelsea, Frank Lampard, menjadi manajer yang juga menyatakan berusaha meniru model kesuksesan Liverpool. Chelsea akan menantang Liverpool pada babak kelima Piala FA di Stamford Bridge, Rabu (4/3/2020) dini hari WIB. 

"Kami telah melihat perjalanan tim ini yang benar-benar seperti mesin. Menggilas setiap orang. Semua itu butuh waktu. Di belakang tim pemenang ada kerja keras dari semua orang. Itulah yang akan berusaha saya lakukan di Chelsea," kata Lampard, seperti dilansir Liverpool Echo, Selasa (3/3/2020).  

"Ada strategi yang dijalankan Liverpool, yang akan berusaha kami terapkan di sini. Kami memahami akan ada periode berat, ketika saya diragukan, dan kami akan bertahan."  

"Liverpool adalah model hebat. Apa yang mereka lakukan fantastis," imbuh Lampard. 

Sumber:  Liverpool Echo. Mirror

 

Video Populer

Foto Populer