Respons Jurgen Klopp saat Ditanya tentang Virus Corona

Oleh Aning Jati pada 04 Mar 2020, 14:45 WIB
Diperbarui 04 Mar 2020, 14:45 WIB
Jurgen Klopp

Bola.com, Jakarta - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mendapat pertanyaan dari wartawan perihal virus Corona dalam sesi konferensi pers setelah pertandingan kontra Chelsea pada putaran kelima Piala FA, Rabu dini hari WIB (4/3/2020).

Liverpool dipastikan tersingkir, setelah kalah 0-2 dalam laga yang dimainkan di Stamford Bridge tersebut.

Seperti biasa, Klopp memberikan jawaban yang mengesankan. Pelatih yang mengantar Liverpool menjuarai Liga Champions musim lalu itu mengatakan bahwa opini seorang pelatih sepak bola tidak penting, dalam konteks pembahasan virus Corona.

Klopp menyadari suaranya punya kekuatan, tetapi itu hanya di dunia sepak bola. Ucapannya perihal taktik dan kondisi tim penting, namun dia tidak paham mengapa komentarnya tentang virus corona bisa memberi pengaruh.

Menurutnya, tidak semua orang bisa bicara tentang segala hal. Pada intinya, serahkan urusan sepak bola padanya, tetapi serahkan urusan wabah pada ahli medis.

"Yang tidak saya sukai dalam hidup adalah ketika membahas hal-hal serius, opini pelatih sepak bola dianggap penting. Saya benar-benar tidak paham," kata Klopp dilansir dari situs resmi klub.

"Tidak penting apa yang dikatakan orang-orang terkenal. Orang-orang yang tidak paham, suka saya bicara soal itu (hal-hal di luar sepak bola). Padahal, seharusnya mereka yang punya pengetahuan yang bicara pada banyak orang," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Tak Ingin Bikin Panik

Jurgen Klopp
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, gagal membawa timnya meraih kemenangan saat bersua Watford pada laga pekan ke-28 Premier League di Vicarage Road, Sabtu (29/2/2020). The Reds takluk 0-3 dari The Hornets. (AFP/Justin Tallis)

Singkatnya, Klopp tidak mau menimbulkan rasa panik karena komentar-komentar yang mungkin tidak benar dan justru bisa jadi masalah. Dia memang khawatir, tetapi bukan berarti bisa bicara perihal virus Corona.

"Jangan pelatih sepak bola (yang berkomentar). Saya tidak paham politik, tidak paham virus corona, mengapa saya? Saya saja pakai topi bisbol!" lanjut Klopp.

"Saya memang khawatir seperti banyak orang. Saya hidup di planet ini dan saya ingin aman dan sehat, saya mendoakan yang terbaik untuk semua orang," ujarnya.

"Namun, opini saya untuk virus corona sama sekali tidak penting," tegasnya.

Sejauh ini COVID-19 memang belum memengaruhi sepak bola Inggris, namun semua kalangan itu sudah waspada. Liga Italia menjadi contoh nyata bagaimana virus tersebut bisa mengganggu berbagai sendi kehidupan, termasuk aktivitas olahraga.

Pemerintah Inggris, sama seperti pihak-pihak lain, sudah berusaha sebaik mungkin untuk mencegah penyebaran virus tersebut di wilayahnya. Namun, jika pada akhirnya kemungkinan terburuk terjadi, bisa saja Premier League bakal terpengaruh seperti Liga Italia.

 

Sumber Asli: Liverpool

Disadur dari: Bola.net (Penulis/Editor: Richard Andreas. Published: 4/3/2020)

Lanjutkan Membaca ↓