Mikel Arteta Berbagi Cerita Pengalaman Terinfeksi Virus Corona

Oleh Windi.Wicaksono pada 27 Mar 2020, 11:45 WIB
Diperbarui 27 Mar 2020, 11:45 WIB
Pelatih Arsenal Mikel Arteta Positif Virus Corona COVID-19

London - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, menjadi sosok pertama di Premier League yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona COVID-19. Manajer asal Spanyol tersebut kini benar-benar sudah pulih.

Sang pelatih pun berbagi cerita tentang bagaimana ketika mengetahui dirinya terpapar virus tersebut. Apalagi, setelah momen itu, pertandingan kompetisi Premier League ditunda.

"Saya merasa benar-benar pulih. Memang benar saya mulai mengalami beberapa gejala ketika kami mendapat telepon dari klub untuk memberi tahu kami bahwa kami mungkin terpapar virus dari pemilik Olympiacos," ujar Arteta di situs resmi Arsenal, Jumat (27/3/2020). 

"Kami memiliki pertandingan pada hari berikutnya melawan Manchester City, jadi saya membuat keputusan dan langsung memanggil dokter dan saya memintanya pulang," ungkapnya.

Setelah itu, Arteta juga berbicara dengan sejumlah petinggi Arsenal seperti Raul Sanllehi (Head of Football Arsenal), Vinai Venkatesham (Direktur Pelaksana Arsenal), dan Huss Fahmy (Kepala Negosiator Arsenal), mengungkapkan ada potensi beberapa pemain terpapar virus corona.

"Ada risiko besar di sana dan juga saya yang pertama merasakan gejalanya, gejalanya sangat jelas. Jadi, jika itu masalahnya, semua pemain dan orang-orang yang terkait dengan klub yang berhubungan dengan saya setiap hari terpapar," terangnya.

"Jadi, kami tidak dapat membuat keputusan itu, kami harus berbicara dengan Premier League, ke Manchester City, dan kami harus membuat keputusan dengan cepat," tutur mantan asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City ini.

Pelatih berusia 38 tahun ini mengisahkan apa yang dia rasakan ketika mengidap Covid-19. Dia juga sempat sangat khawatir istri dan anak-anaknya tertular virus tersebut darinya.

 

2 dari 3 halaman

Batuk Kering dan Sesak

Deretan Bintang Sepak Bola yang Terjangkit COVID-19
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta. (Foto: AFP)

"Itu adalah virus normal bagi saya. Saya memiliki tiga atau empat hari yang agak sulit, dengan sedikit suhu tubuh (demam) dan batuk kering, dan beberapa ketidaknyamanan di dada saya," beber Arteta.

"Kesulitannya adalah saya punya orang di rumah, tiga anak juga dan saya khawatir. Istri saya sudah melaluinya dan pengasuh kami sudah melaluinya. Syukurlah, anak-anak tidak pernah tertular. Kami semua sepenuhnya baik-baik saja sekarang," ujarnya.

Arteta mengimbau masyarakat untuk membantu petugas medis dengan tetap berada di rumah selama pandemi virus corona Covid-19 belum mereda. Tindakan itu dapat meminimalisasi penularan Covid-19.

"Kami harus memberikan kesempatan kepada orang-orang tua yang membutuhkan perhatian lebih dari siapapun untuk mendapatkan perawatan yang dibutuhkan. Kami harus memperlambat proses penularan dan virusnya," jelas Arteta.

Sumber: Arsenal.com

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Windi Wicaksono/Editor Thomas, published: 27/3/2020)

3 dari 3 halaman

Video Mikel Arteta

Lanjutkan Membaca ↓
Penggunaan Masker yang Benar Saat Pandemi Virus Corona COVID-19