Sukses


Kualitas Jurgen Klopp Terbentuk Sejak di Bundesliga

Jakarta Jurgen Klopp memperlihatkan karier yang cemerlang bersama Liverpool. Musim lalu, dia membantu The Reds keluar sebagai juara Liga Champions.

Keberhasilan ini diraih Jurgen Klopp setelah rentetan kegagalan yang diraihnya bersama Liverpool. Musim ini, dia juga seharusnya memberi trofi juara Premier League untuk para penggemar The Reds.

Namun, karena wabah virus corona, gelar juara Liverpool masih menggantung. Padahal The Reds hanya membutuhkan dua kemenangan lagi.

Apapun hasilnya, kualitas Jurgen Klopp sebagai pelatih memang makin matang di Liverpool. Kualitas ini sudah terlihat saat pria asal Jerman ini memulai karier bersama klub Bundesliga, Mainz.

Pelatih kiper Mainz, Stephan Kuhnert, menceritakan bagaimana rasanya bekerja di samping Jurgen Klopp. Tak hanya bekerja, dia juga pernah main bareng Klopp selama 9 tahun.

Video

2 dari 2 halaman

Penuh Gairah

Kuhnert mengatakan bagaimana Jurgen Klopp bekerja dengan gairah. Dia meyakini tak ada pelatih yang penuh gairah dan semangat seperti Jurgen Klopp.

"Saya dekat dengan Klopp karena pernah bermain dengannya. Tak ada yang bisa menandingi emosi dia, tapi saya selalu tatap mata dia," ujar Kuhnert seperti dikutip Goal.com.

"Bahkan orang ke-20 dalam tim selalu siap, Anda tak akan dengar hal buruk soal dia. Klopp itu orang yang disukai. Menangani orang itu kekuatan terbesarnya."

Kuhnert pernah memiliki pengalaman jalan-jalan dengan Klopp untuk menonton sebuah festival. Setelah bermotor ria selama berjam-jam, ternyata festival baru dimulai sepekan kemudian.

"Dia menghina saya sepanjang jalan pulang. Saya harus sabar karena pantas menerimanya," ujarnya, tersenyum.

Kuhnert termasuk pelatih yang berdedikasi pada satu klub. Dia sudah berbakti 30 tahun di Mainz dan mengaku juga kagum dengan Thomas Tuchel, pelatih yang kini menangani PSG.

"Saya akrab dengan Tuchel, dia orang menyenangkan. Dari luar dia sepertinya galak, tapi ternyata dia bisa melucu juga," ujarnya.

Sumber: Goal Internasional

Disadur dari: Liputan6.com (Defri Saefullah/Adyaksa Vidi, published 28/3/2020)

Video Populer

Foto Populer