11 Statistik yang Mengiringi Perjalanan Satu Tahun Ole Gunnar Solskjaer Sebagai Pelatih Manchester United

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 31 Mar 2020, 09:50 WIB
Diperbarui 31 Mar 2020, 09:50 WIB
Manchester United vs Burnley

Bola.com, Jakarta - Ole Gunnar Solskjaer mulai bergabung dengan Manchester United pada 19 Desember 2018 untuk menggantikan Jose Mourinho yang dipecat. Namun, Solskjaer awalnya hanya sebagai carateker atau pelatih sementara.

Performa apik Setan Merah di Liga Champions dan Premier League membuat pria asal Norwegia itu mendapat pekerjaan secara permanen.

Mengutip dari Transfermarkt, Solskjaer ditetapkan sebagai pelatih tetap sejak 28 Maret 2019.

Hal itu berarti, pria berusia 47 tahun itu sudah menukangi Manchester United selama kurang lebih satu tahun.

Selama kurun waktu tersebut, Solskjaer mengalami banyak hal dalam menjalankan tugasnya sebagai pelatih kepala.

Bisa dibilang, selama itu karier melatihnya di Setan Merah bak roller coaster alias naik turun. Hal tersebut tergambar dalam performa Manchester United sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi virus corona.

Belakangan ini, sebelum kompetisi terhenti sementara, Setan Merah tampil impresif dan berpeluang finis di posisi empat besar klasemen Premier League 2019-2020. Tak hanya itu, Setan Merah juga belum tersingkir dari pentas Liga Europa dan Piala FA.

Jika Manchester United bisa terus tampil mengesankan, bukan tidak mungkin Solskaer akan meraih gelar pertamanya sebagai pelatih.

Meski belum mengangkat piala selama melatih Setan Merah, Solskjaer sudah mencatatkan berbagai statistik selama satu tahun pertamanya.

Berikut ini Bola.com merangkumnya dari Planet Football, Selasa (31/3/2020), 11 statistik yang mengiringi perjalanan satu tahun Ole Gunnar Solskaer bersama Manchester United.

2 dari 2 halaman

Statistik Ole Gunnar Solskjaer Selama Menukangi Manchester United

Ole Gunnar Solskjaer dan Bruno Fernandes
Sejak kehadiran Bruno Fernandes bersama skuat Ole Gunnar Solskjaer, Manchester United mampu mencetak 22 gol dalam sembilan laga. (AFP/Paul Ellis)

1. Ole Gunnar Solskjaer sudah mendampingi Manchester United sebanyak 57 pertandingan selama 12 bulan terakhir. Dari 57 laga tersebut Setan Merah membukukan 26 kemenangan, 15 imbang dan 16 kali kalah.

Adapun rasio kemenangan sebesar 45,6 persen

2. Selama 57 pertandingan tersebut, Manchester United mencetak 90 gol dan kebobolan 56. Rasio memasukkan 1,5 per laga dan rasio kemasukan 0,9 per laga.

3. Khusus Premier League, Ole Gunnar Solsjaer sudah mendampingi Manchester United sebanyak 37 pertandingan. Total poin yang diraih Setan Merah 53 dari 111 yang seharusnya bisa didapat.

4. Selama menukangi Manchester United, Solskjaer sudah bersua Liverpool, Manchester City, dan Tottenham Hotspur sebanyak 12 kali di semua ajang. Hasilnya, Setan Merah meraih tujuh kemenangan, dua imbang, dan tiga kali kalah.

5. Ole Gunnar Solskajer sudah memberi kesempatan bermain kepada 42 pemain sejak mengambil alih kursi pelatih Manchester United.

6. Dari 42 pemain yang dimainkan Ole Gunnar Solskjaer, 17 di antaranya merupakan lulusan akademi.

Kalahkan Manchester City di Etihad, MU Gagal ke Final Piala Liga Inggris
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer bertepuk tangan ke arah fans usai pertandingan semifinal Piala Liga Inggris di stadion Etihad, Manchester, Rabu (29/1/2020). MU menang 1-0 atas City namun gagal ke final karena skor agregat 3-2. (AP Photo/Dave Thompson)

7. Fred menjadi pemain yang paling sering dimainkan Ole Gunnar Solskjaer, yakni sebanyak 45 kali di semua ajang.

Setelah Fred ada Andreas Pereira (44 penampilan), David de Gea, Victor Lindelof, Anthony Martial, dan Jesse Lingard masing-masing sebanyak 42 penampilan.

8. Marcus Rashford menjadi pencetak gol terbanyak selama Manchester United dinakhodai Ole Gunnar Solskjaer.

Total Rashford, sudah mencetak 20 gol. Kemudian diikuti Anthony Martial dan Mason Greenwood, masing-masing dengan 17 dan 12 gol.

9. Menurut Transfermarkt, Antony Martial, Daniel James, Juan Mata menjadi pemberi assist terbanyak, yakni sebanyak 6 kali. Di bawah ketiga pemain tersebut ada Marcus Rashford dan Bruno Fernandes yang mengukir masing-masing lima dan empat assist.

10. Sejauh ini Ole Gunnar Solskaer sudah mendatangkan empat pemain di tim utama dengan total biaya 187 juta pounds atau setara Rp3,7 triliun. Itu artinya rata-rata pemain yang didatangakan seharga 46,7 juta pounds.

11. Harry Maguire menjadi pembelian termahal Manchester United di bawah Ole Gunnar Solskjaer, yakni seharga 80 juta pounds. Sementara, Daniel James menjadi rekrutan termurah dengan banderol 15 juta pounds.

 

Sumber: Planet Football

Lanjutkan Membaca ↓
Adama Traore Masuk Dalam Bidikan Manchester United dan Dua Klub Premier League Lainnya