Sukses


Pengaruh Negatif Virus Corona Covid-19 Terhadap Paul Pogba

Jakarta - Pandemi virus corona penyebab COVID-19 memberi efek negatif terhadap banyak hal. Satu di antaranya adalah nasib pemain sepak bola. Hal unik mengarah ke gelandang Manchester United, Paul Pogba.

Menurut Transfermarkt, Paul Pogba memiliki harga jual hingga di angka 58 juta pounds. Namun, dengan adanya pandemi virus corona, harga Paul Pogba bisa menurun hampir 50 persen.

Mengutip dari keterangan CIES Football Observatory, harga gelandang Timnas Prancis itu turun ke angka 31 juta pounds. Turunnya harga tersebut lantaran performa Pogba yang baru tampil dalam delapan pertandingan bersama Manchester United.

Bukan cuma harga jual Paul Pogba, hal serupa juga dialami pemain MU lainnya. CIES memperkirakan nilai skuad Man United akan turun ke bawah 1 miliar euro (Rp 18 T) menjadi 714 juta euro (Rp 12,86 T).

CIES Football Observatory menentukan harga pemain Manchester United dan Paul Pogba berdasarkan penampilan dalam tiga bulan terakhir. Harga jual seorang pemain juga diperbarui oleh pandemi virus corona covid-19 yang menghentikan kompetisi

2 dari 2 halaman

Minim Pemasukan

Dengan terhentinya kompetisi dengan jangka waktu yang tidak menentu, satu di antara pendiri CIES Football Observatory, Dr Raffaele Poli menyebut tim-tim Eropa bakal mendapat pemasukan yang sangat minim.

"Jika tidak ada permainan, pemegang hak siar mungkin bakal meminta kompensasi. Jadi tentu saja, akan ada dampak yang sangat besar. Namun, saya berharap inflasi besar ini bakal segera berakhir. Sebab, virus corona bisa saja menimbulkan krisis ekonomi di kemudian hari," kata Poli.

Dengan penurunan diperkirakan mencapai 293 juta euro, Manchester United masih disebut beruntung. Setan Merah hanya akan lebih beruntung dari Manchester City dan Liverpool. Secara hitung-hitungan, nilai skuad Manchester City akan turun 412 juta euro sementara Liverpool 353 juta euro.

 

Disadur dari : Liputan6.com

Penulis / Editor : Cakrayuri / Defri Saefulloh

 

Video Populer

Foto Populer