VIDEO: 5 Pemain Supersub Terbaik Sepanjang Masa, Termasuk Javier Hernandez

Oleh Diatama Ibduansa pada 23 Apr 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 23 Apr 2020, 08:00 WIB

Bola.com, Jakarta Istilah pemain supersub dalam duia sepak bola muncul pada tahun 1960-an. Supersub adalah pengembangan strategi dengan memanfaatkan kelebihan para pemain yang menghuni bangku cadangan. Para pemain pengganti sukses mengubah jalannya permainan atau bahkan mencetak gol yang menentukan hasil pertandingan.

Supersub, berasal dari gabungan kata super dan substitution. Sebagai pemain pengganti, pemain harus selalu siap sewaktu-waktu jika diperlukan untuk membantu rekan-rekannya dalam suatu pertandingan.

Walau memiliki menit bermain yang tidak begitu banyak, beberapa pemain ini mampu menjadi senjata rahasia ketika situasi genting. Bukan berarti kualitas para supersub berbeda dengan pemain utama.

Setiap tim membutuhkan pemain supersub yang handal demi sebuah kepentingan tim dan menjadi energi tambahan  ketika tenaga menemui jalan buntu dalam mencetak gol.

Sebut saja Javier Hernadez, banyak yang menilai dirinya semestinya dimainkan sejak menit pertama. Namun, Sir Alex Ferguson tahu bahwa selama bermain di Manchester United dirinya lebih bagus bermain sebagai pemain pengganti.

Javier Hernandez alias Chicarito pantas dinobatkan sebagai satu supersub terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Pemain internasional Meksiko itu seringkali berhasil memecah kebuntuan tim ketika bermain dari bangku cadangan.

Javier Hernandez menghabiskan kariernya di Od Trafford selama lima musim. Sebanyak 13 gol dari 59 gol keseluruhan bersarang ke gawang lawan ketika dirinya bermain sebagai supersub. Berikut 4 pemain supersub terbaik sepanjang masa;