Sukses


Mohamed Salah dan Deretan Winger Terbaik Liverpool dalam 10 Tahun Terakhir

Bola.com, Jakarta - Penampilan impresif Liverpool dalam dua musim terakhir tak lepas dari kontribusi Mohamed Salah. Berkat pemain Timnas Mesir itu, The Reds sukses merengkuh tiga trofi juara pada 2019.

Salah ditebus Liverpool dari AS Roma pada 22 Juni 2017. Manajemen The Reds harus mengucurkan dana 42 juta euro (Rp 703 miliar) demi memboyong pemain berusia 27 tahun tersebut ke Stadion Anfield.

Sejak saat itu, Mohamed Salah langsung menjadi sosok penting di lini serang Liverpool. Berposisi sebagai winger, Salah sukses mendulang 91 gol dan 37 assist dari 144 penampilan di seluruh ajang bersama skuat Si Merah.

Dia juga berperan besar di balik keberhasilan Liverpool merengkuh tiga titel juara pada tahun lalu, yakni Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub 2019.

Pada musim ini, Mohamed Salah memiliki kesempatan besar membawa Liverpool menjuarai Premier League. The Reds masih nyaman berada di urutan teratas dengan nilai 82, unggul 25 poin atas Manchester City di peringkat kedua.

Sayangnya, Premier League 2019-2020 harus ditunda hingga batas waktu yang tak ditentukan, akibat pandemi virus corona yang melanda Inggris dan Eropa.

Selain Mohamed Salah, beberapa winger terbaik juga pernah ataupun masih berseragam Liverpool. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah daftar winger terbaik The Reds dalam 10 tahun terakhir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

Sadio Mane

Penampilan gemilang winger Timnas Senegal itu bersama Southampton mencuri perhatian Liverpool. Setelah mengeluarkan mahar 34 juta poundsterling (Rp 650 miliar), The Reds akhirnya sukses meminang Mane dari Southampton.

Memperkuat Liverpool, karier Sadio Mane semakin bersinar. Dalam empat musim terakhir berseragam skuat Si Merah, pemain berusia 28 tahun itu berhasil mendulang 77 gol dan 34 assist dari 161 penampilan di seluruh ajang.

Sama seperti Mohamed Salah, Mane juga ikut serta membantu Liverpool meraih titel juara Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub 2019.

Jika The Reds menjuarai Premier League musim ini, koleksi trofi juara Sadio Mane bakal bertambah.

3 dari 5 halaman

Xherdan Shaqiri

Demi menambah daya gedor di lini serang, Liverpool memboyong Shaqiri dari Stoke City pada awal musim 2018-2019. The Reds mengucurkan dana 13,5 juta poundsterling (Rp 258 miliar) untuk menebus Xherdan Shaqiri dari Stoke.

Meski tak selalu menjadi pilihan utama, Shaqiri yang menempati pos winger kanan mampu tampil bagus ketika dimainkan. Dia sukses mencetak tujuh gol dan lima assist dari 40 pertandingan yang sudah dijalani bersama Liverpool.

Xherdan Shaqiri juga turut membantu skuat Si Merah menjuarai Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub 2019. Gelar juara Premier League musim ini bakal menghiasai lemari trofi milik Shaqiri.

4 dari 5 halaman

Craig Bellamy

Eks pemain Timnas Wales itu pertama kali bergabung dengan Liverpool pada 20 Juni 2006. Bellamy digaet The Reds dari Blackburn Rovers dengan harga 6 juta poundsterling.

Karier Craig Bellamy di Liverpool hanya berlangsung singkat, yakni musim 2006-2007. Meski begitu, Bellamy berhasil mendulang sembilan gol dari 41 penampilan di seluruh ajang.

Setelah melanglang buana ke West Ham United, Manchester City, dan Cardiff City, pria yang kini berusia 40 tahun tersebut kembali ke Liverpool pada musim 2011-2012.

Pada periode kedua membela The Reds, Craig Bellamy mengoleksi sembilan gol dari 33 laga dan turut mempersembahkan titel Piala Liga Inggris.

5 dari 5 halaman

Maxi Rodriguez

Liverpool mendapatkan winger asal Argentina itu dari Atletico Madrid secara cuma-cuma pada 13 Januari 2010. Kehadiran Rodriguez membuat manajer The Reds saat itu, Rafael Benitez, merasa senang.

"Maxi pemain yang nyaman di atas bola, bisa mengoper dan mempertahankan penguasaan bola. Dia pandai masuk ke kotak penalti, mencetak gol, dan finisher yang bagus," kata Benitez pada satu dekade lalu.

Maxi Rodriguez menjadi satu di antara sosok penting di lini serang Liverpool. Menempati pos di winger kiri, pesepak bola yang kini berusia 39 tahun tersebut mampu mengoleksi 17 gol dari 73 laga bersama The Reds.

Dia juga turut membantu Liverpool menjuarai Piala Liga Inggris 2011-2012.

Sumber: Planet Football, Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer