Cegah Cedera, Premier League Akan Terapkan 5 Pergantian Pemain

Oleh Nurfahmi Budi pada 27 Apr 2020, 11:35 WIB
Diperbarui 27 Apr 2020, 11:35 WIB
Manchester United Vs Leicester City
Bek Manchester United, Luke Shaw, menghadang pemain Leicester City, James Maddison, pada laga Premier League di Stadion King Power, Minggu (3/2). Manchester United menang 1-0 atas Leicester City. (AP/Rui Vieira)

Bola.com, Jakarta - Manajemen pengelola Premier League terus memersiapkan diri dengan beragam alternatif guna menyambut kemungkinan dimulainya lagi musim ini. Satu di antaranya adalah perubahan terhadap beberapa aturan teknis di lapangan.

Perubahan tersebut mengantisipasi rencana menghabiskan Premier League 2019-2020 secara maraton alias maksimal sebulan. Saat ini, rata-rata tim di Premiership menyisakan sembilan pertandingan.

Artinya, jika hanya punya waktu sebulan, masing-masing tim akan berlaga setiap tiga hari. Hal itu belum termasuk bagi tim yang berlaga di pentas Eropa, baik di level Liga Champions maupun Liga Europa.

Situasi tersebut sangat riskan bagi para pemain. Berkaca dari itu, otoritas Premier League bersiap mengadopsi usulan FIFA terkait pergantian pemain. Yup, FIFA melontarkan opsi 5 pergantian pemain setiap tim dalam satu pertandingan.

 

2 dari 2 halaman

Sebelum Premier League

MU Bungkam Manchester City 2-1 di Etihad Stadium
Pemain Manchester City David Silva (kiri tengah) berebut bola dengan pemain Manchester United Jesse Lindgard pada pertandingan Liga Inggris di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Manchester United menang 2-1. (AP Photo/Rui Vieira)

Sebelum Premier League, beberapa liga di kawasan Eropa juga sudah membahas rancangan tersebut. Satu yang sedang dibahas adalah aturan baku agar tak terjadi protes saat pelaksanaan. Jika terealisasi, aturan 5 pergantian pemain akan tercatat dalam sejarah sepak bola.

Otoritas Premier League tengah berusaha menyelesaikan musim ini. Maklum, hal itu berkaitan dengan nasib Liverpool. Andai musim ini terhenti secara formal, bisa jadi Liverpool akan gagal mengoleksi gelar ke-19 tersebut.

Sumber : Telegraph

Lanjutkan Membaca ↓
10 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Manchester City, Termasuk Nathan Ake