FIFA Siapkan Peraturan Baru untuk Premier League, Pergantian Pemain Boleh Lima Kali

Oleh Gregah Nurikhsani pada 28 Apr 2020, 11:45 WIB
Diperbarui 28 Apr 2020, 11:45 WIB
img_fifa-021210.jpg
Logo FIFA dari markas besarnya di Zurich, Swiss. Foto diambil pada 20 Oktober 2010 jelang biding Piala Dunia 2018 dan 2022.AFP PHOTO/SEBASTIAN DERUNGS

Bola.com, Jakarta - FIFA disebut-sebut tengah merancang perubahan peraturan baru buat Premier League sedianya kembali digulirkan. Kompetisi kasta tertinggi Liga Inggris itu diperbolehkan melakukan lima kali pergantian pemain.

Tak cuma musim ini, peraturan itu juga akan berlaku pada musim 2020-2021. Dilansir dari Mirror, keputusan masih menunggu izin dari Asosiasi Perancang Peraturan Sepak Bola Internasional (IFAB).

Premier League masih menyisakan 92 pertandingan lagi, dan kabar menyebutkan kalau tiap klub bisa bertanding tiga kali dalam satu pekan. Kondisi ini dinilai berbahaya dari segi kesehatan.

Oleh karena itu, selepas risiko corona berkurang dan Premier League kembali berjalan, FIFA akan membolehkan lima kali pergantian pemain.

Ada pun secara detail, tiga slot pergantian pemain bisa dilakukan kapan saja selama 90 menit. Sementara, dua pergantian pemain hanya bisa dilakukan saat jeda pertandingan guna mencegah adanya taktik time wasting atau buang-buang waktu.

FIFA tak cuma mengajukan peraturan ini buat Premier League, tapi juga Bundesliga. Kedua operator liga itu boleh menerapkannya, boleh juga tidak.

 

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

2 dari 3 halaman

Keselematan Pemain Nomor 1

Arsenal
Gelandang Arsenal Lucas Torreira mengelami cedera serius saat bertemu Portsmouth pada laga putaran lima Piala FA di Fratton Park. ADRIAN DENNIS / AFP

Peraturan ini, seperti sudah disebutkan di awal, dilakukan agar mengurangi kans pemain mengalami cedera karena harus melakoni jadwal padat.

"Saat kompetisi dilanjutkan kembali, pemain akan menjalani jadwal padat daripada biasanya," ujar juru bicara FIFA dilansir dari Mirror.

"Keselamatan pemain menjadi prioritas utama FIFA. Dengan intensitas bertanding yang padat, pemain rentan cedera," katanya lagi.

Sumber: Mirror

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
5 Pemain yang Tidak Kebagian Medali Premier League