Sukses


10 Komentar Paling Kocak dan Nyeleneh Jurgen Klopp, dari Robin Hood hingga Kacamata Pecah

Bola.com, Jakarta - Sejak kedatangannya ke Liverpool pada Oktober 2015, Jurgen Klopp mulai menjalani masa-masa indah bersama klub pujaan Kopites ini. Manajer asal Jerman ini datang menggantikan posisi Brendan Rodgers.

Masa-masa awal membesut Liverpool, diwarnai dua kekalahan di partai final, masing-masing di Piala Liga 2016, takluk dari Manchester City, serta tumbang dari Sevilla di Liga Europa 2015-2016.

Pada Juli 2016, Klopp dan staf pelatihnya mendapat perpanjangan kontrak yang membuatnya bertahan di Anfield hingga 2022. 

Pada akhir musim 2016-2017, Jurgen Klopp mampu membawa Liverpool finis di zona Liga Champions untuk kali pertama sejak musim 2014-2015.

Peruntungan Klopp makin membaik setelah itu. Dalam dua tahun, 2017-2019, manajer yang kini berusia 52 tahun itu membawa tim besutannya meraih titel Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan runner-up Premier League.

Selain dikenal sebagai juru racik mumpuni, Klopp dikenal sebagai manajer yang mampu memotivasi pemain-pemainnya. Sosoknya juga dikenal rendah hati, dengan gaya bicara apa adanya.

Satu lagi, mantan pelatih Borussia Dortmund ini kerap melontarkan candaan saat menjawab pertanyaan dari kalangan jurnalis, atau menjawab pertanyaan kalangan media dengan nyeleneh. Kebiasaan satu ini kerap mencairkan suasana sesi konferensi pers.

Sejak sebelum melatih Liverpool, Klopp sudah dikenal dengan pernyataan-pernyataan cerdas, berkelas, serta to the point, seperti yang dia tuturkan saat mendapatkan pertanyaan seputar pandemi virus corona beberapa waktu lalu.

Berikut Bola.com merangkum 10 pernyataan paling kocak dan nyeleneh yang pernah dilontarkan Jurgen Klopp selama ini.

2 dari 3 halaman

Bawa-bawa Robin Hood

Saat dibandingkan dengan Jose Mourinho

  • "Saya 'the normal one'. Saya pria biasa saja dari Black Forest (pegunungan di kawasan barat daya Jerman). Saya dulunya juga pemain rata-rata. Saya tak membandingkan diri sendiri dengan manajer-manajer jenius di masa lalu"

Bicara seputar dirinya ketika masih jadi pemain aktif

  • "Saya tak pernah berhasil membawa apa yang ada di otak saya ke lapangan. Bakat saya hanya untuk main di divisi kelima, tapi pikiran untuk Bundesliga. Hasilnya, kiprah di divisi kedua."

Seputar persaingan dengan Bayern Munchen

  • "Kami punya busur dan anak panah, dan jika kami membidik dengan baik, kami dapat mencapai target. Masalahnya adalah, Bayern punya bazooka. Peluang mereka membidik target dengan sukses jelas lebih tinggi. Tapi, lantas saya ingat Robin Hood yang cukup sukses…"

Saat akhirnya bisa mengalahkan Bayern di Allianz Arena

  • "Ketika Dortmund menang di sini 19 tahun lalu, mayoritas pemain masih sedang menyusu"

Kehilangan Mario Gotze di Borussia Dortmunda ke Bayern Munchen

  • "Dia pergi karena dia favoritnya Guardiola. Jika ingin jadi kesalahan seseorang, ini salah saya. Saya tak bisa menjadikan diri saya lebih pendek dan belajar Bahasa Spanyol"
3 dari 3 halaman

Sangat Sulit Mencari Kacamata Tanpa Kacamata

Saat Mats Hummels dirumorkan pindah dari Borussia Dortmund ke Manchester United

  • "Jika itu bukan berita bull****, maka saya akan makan sapu!"

Saat mengomentari Hummels lagi, kali ini perihal cedera yang menimpa pemainnya itu

  • "Kami akan menunggunya seperti istri yang baik menanti suaminya yang ada di penjara."

Saat Klopp memecahkan kacamatanya, lagi…

  • "Sepasang kacamata saya ada di museum Borussia Dortmunda karena kami memenangi laga untuk kali pertama melawan Bayern Munchen dan Nuri Sahin memecahkan kacamata pertama saya. Hari ini, Adam yang memecahkannya, kacamatanya rusak. Biasanya saya punya kacamata kedua, tapi sampai sekarang saya kesulitan mencarinya karena sangat sulit mencari kacamata tanpa memakai kacamata!"

Saat ditanya perihal alumnus Genk yang sekarang banyak jadi pemain bintang

  • "Divock Origi. Jangan lupakan dia. Ngomong-ngomong, dia itu legenda Liverpool. Sangat terkenal di sini."

Seputar rahasia kemenangannya

  • "Bagaimana Anda menjelaskan kepada (maaf) tunanetra seperti apa itu warna?"

 

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer