8 Momen Kehangatan Sir Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo, Seperti Ayah - Anak

Oleh Yus Mei Sawitri pada 08 Mei 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 08 Mei 2020, 09:00 WIB
Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo datang ke Manchester United dari Sporting Lisbon pada 2003. Saat itu usianya baru 17 tahun. Tapi, manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson, tidak ragu memboyongnya setelah melihat talenta istimewa Ronaldo. 

Sir Alex Ferguson menyadari memiliki pemain bertalenta spesial dan langsung menjaganya secara khusus. Ia benar-benar membimbing Cristiano Ronaldo dengan hati-hati. 

Tapi, bukan berarti Ronaldo aman dari amarah ala Fergie yang dikenal dengan sebutan hairdyer treatment. Dia tetap kena semprot, bahkan di depan rekan-rekan setimnya. 

Namun, pada saat bersamaan, Ferguson menyuntikkan kepercayaan diri tinggi kepada Ronaldo. Dia memberikan kebebasan kepada Ronaldo untuk berkreasi, meski tetap dengan batasan. 

Selama enam tahun bersama, Ferguson berhasil mengubah bocah naif menjadi megabintang sepak bola dunia, yang kini mengoleksi lima gelar Ballon d'Or. Perhargaan Ballon d'Or kali pertama diraih Ronaldo saat masih di Old Trafford, tepatnya pada 2008. 

Setelah meninggalkan MU dan berpetualang ke Real Madrid dan Juventus, Ronaldo masih menjaga hubungan hangat dengan Ferguson, yang disebutnya sebagai ayahnya di sepak bola. 

Berikut ini delapan momen kehangatan hubungan Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson, baik saat masih sama-sama di Manchester United, maupun ketika sudah terpisah jarak, seperti dilansir The Sun, Kamis (7/5/2020). 

 

2 dari 9 halaman

1. Bak Ayah yang Bangga terhadap Anaknya

Setelah pensiun, Sir Alex Ferguson menikmati waktu dengan pergi ke berbagai acara, dari penghargaan Oscar hingga final Piala Eropa. 

Di final Piala Eropa 2016, Ferguson berdiri di tribune menyaksikan Timnas Portugal mengalahkan Prancis 1-0 melalui extra time. 

Ketika para pemain Portugal berjalan ke bawah setelah menerima medali, Ferguson tampak menunggu dengan sabar Ronaldo melewatinya. Pria Skotlandia itu tampak sumringah ketika Ronaldo akhirnya muncul. Ferguson memberi selamat kepada Ronaldo dan memberinya pelukan. 

Setahun berselang, Ferguson menjadi tamu spesial pada final Liga Champions 2017. Saat itu Ronaldo, yang bermain untuk Real Madrid, dinobatkan menjadi man of the match dan mencetak dua gol yang membuat Juventus kalah 1-4. Tentu saja, Ferguson yang bertugas memberikan penghargaan kepada Ronaldo pada malam itu.  

 

 

3 dari 9 halaman

2. Mengutamakan Keluarga

Cristiano Ronaldo
Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo saat baru tiba di Manchester United.

Menengok ke belakang pada 2005, saat Ronaldo mulai memantapkan posisinya di Old Trafford, sang ayah Jose Dinis Aveiro harus dirawat di rumah sakit setelah bertahun-tahun bermasalah dengan allkohol. 

Ferguson tanpa berpikir panjang langsung menawari Ronaldo untuk menemani ayahnya, meskipun artinya sang bintang akan absen pada beberapa laga penting musim itu. 

"Ketika ayah saya sakit di London, dan dia berada rumah sakit dalam kondisi koma. Saya berbincang dengan dia (Ferguson) dan bilang 'Bos, saya merasa tidak enak'," kata Ronaldo pada 2015. 

"Kami dalam momen krusial di Liga Champions dan saya bilang merasa tidak enak dan ingin menengok ayah saya. Dia bilang, 'Cristiano, kamu ingin pergi satu hari, dua hari, atau seminggu? Kamu boleh pergi. Saya akan merindukanmu di sini karena kamu penting, tapi ayahmu adalah prioritas'," kenang Ronaldo mengenai percakapannya dengan Fergie. 

"Ketika dia bilang seperti itu, saya merasa ia luar biasa. Ia adalah ayah di sepak bola bagi saya," imbuh CR7. 

 

 

4 dari 9 halaman

3. Pengalih Perhatian

Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson
Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson (PAUL ELLIS / AFP)

Fergie selalu tahu impian Ronaldo adalah bermain untuk Real Madrid. Ferguson juga tak berusaha mencegah Ronaldo mengejar impiannya tersebut. 

Saat rumor bahwa Ronaldo sedang terlibat negosiasi serius dengan Real Madrid beredar, Ferguson mengalihkan perhatian pers. 

"Apakah Anda pikir kami akan berhubungan dengan dengan mafia ?" ujar Ferguson pada 2008. 

"Saya tidak akan menjual virus kepada mereka. Jadi, tidak. Tidak ada kesepakatan antara kedua klub," imbuh Ferguson.  

Enam bukan berselang, Ronaldo pindah ke Spanyol. Ferguson terlibat sepenuhnya dalam proses negosiasi kedua belah pihak. 

 

5 dari 9 halaman

4. Beri Penghormatan

Pada 2012, pada peresmian patung Sir Alex Ferguson di Old Trafford, Ronaldo muncul memberi ucapan melalui video untuk memberi penghormatan pada mantan pelatihnya itu.  

Dia memulai kata-katanya dengan permintaan maaf karena tidak bisa hadir langsung ke Old Trafford akibat jadwal padat. 

"Saya rasa Anda 100 persen layak mendapatkan itu atas apa yang kami lakukan bersama Anda," kata Ronaldo.  

Ronaldo bahkan sempat bercanda. "Saya berharap segera bertemu dengan Anda segera, karena saya perlu melatih bahasa Inggris saya, bukan bahasa Skotlandia," imbuh Ronaldo sembari bercanda. 

 

6 dari 9 halaman

5. Penghargaan Sports Personality of The Year

Pada 2013, Sir Alex Ferguson mendapat penghargaan BBC Sports Personality Diamond Award di edisi ke-60. Lagi-lagi, Ronaldo memberikan selamat melalui video.  

"Anda seperti ayah di sepak bola bagi saya. Anda layak mendapat penghargaan ini karena Anda manajer yang fantastik, sosok yang fantastis, dan nomor satu," kata Ronaldo. 

 

 

7 dari 9 halaman

6. Bintang Film

Cristiano Ronaldo Alex Ferguson
Gelandang Real Madrid Cristiano Ronaldo (kanan) berfoto dengan mantan pelatih Manchester United, Alex Ferguson (kiri), pada acara pemutaran perdana film dokumenter tentang Ronaldo, di London, Senin (9/11/2015). (AFP PHOTO / JACK TAYLOR)

Pada 2015, kehidupan Ronaldo yang menakjubkan sampai ke layar kaca. Film dokumenter tentang sang bintang diberi judul "Ronaldo". Saat acara pemutaran perdana film tersebut di London, Ferguson hadir. 

Ronaldo dan Ferguson bahkan berjalan bersama di karpet merah. Mereka benar-benar terlihat seperti ayah dan anak. 

 

 

8 dari 9 halaman

7. Pesan Dukungan

Ketika Sir Alex Ferguson mengalami pendarahan otak pada 2018, Ronaldo dan berbagai elemen sepak bola di dunia ramai-ramai memberikan dukungan. 

Ronaldo mengunggah fotonya bersama Ferguson di Instagram dan menuliskan pesan dukungan. "Pikiran dan doa saya bersamamu, teman tersayangku. Kuatlah, Bos!," tulis Ronaldo. 

Ferguson secara ajaib dan mampu pulih cepat. Keduanya kemudian bertemu ketika Juventus bermain melawan Manchester United di Old Trafford. 

"Pelatih hebat dan di atas itu semua ia pria menakjubkan," Ronaldo membagikan foto bersama Ferguson melalui Twitternya. 

"Dia mengajari saya banyak hal di dalam dan luar lapangan. Senang sekali melihatmu sehat, Bos!" sambung Ronaldo. 

 

9 dari 9 halaman

8. Ucapan Hangat

Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo (AFP PHOTO/ ANDREW YATES)
Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo (AFP PHOTO/ ANDREW YATES)

Pada 2019, Ronaldo memenangi penghargaaan Pemain Terbaik Portugal, yang ke-10 kali. Kali ini giliran Fergie yang memberikan ucapan selamat melalui video. 

"Selamat atas pencapaian hebat dan malam luar biasa yang kamu nikmati di Portugal," kata Ferguson.  

"Saya sangat menyesal tidak bisa bersamamu. Tapi, saya menengok ke belakang dan melihat seorang pemain berusia 17 tahun yang datang ke Manchester United, bagaimana kamu berkembang sebagai manusia dan atlet yang fantastis," imbuh Ferguson. 

Sumber: The Sun

 

Lanjutkan Membaca ↓
Striker Southampton Danny Ings Mengancam Jadi Top Scorer Premier League