Roy Keane Sebut 5 Rekan Setim Berlabel Kelas Dunia di Manchester United: Tak Ada Ronaldo dan Wayne Rooney

Oleh Yus Mei Sawitri pada 13 Mei 2020, 19:45 WIB
Diperbarui 13 Mei 2020, 19:45 WIB
Roy Keane
Roy Keane adalah seorang legenda hidup dan salah satu pemain tengah terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. (AFP/Nick Potts)

Bola.com, Manchester - Mantan kapten Manchester United, Roy Keane, menikmati masa-masa kejayaan saat bermain di Old Trafford. Ia juga dikelilingi rekan-rekan setim dengan kualitas spesial yang membuat Setan Merah menjadi tim yang superior di Inggris dan selalu diperhitungkan di kancah Eropa.  

Perasaan fans Manchester United terhadap Roy Keane mungkin terbelah. Ada yang menyukainya, tapi tak sedikit  yang kesal terhadap pemain asal Irlandia tersebut. 

Namun, tak mungkin mengabaikan sumbangsih dan pencapaian Roy Keane untuk MU. Dalam banyak kesempatan dia menawarkan wawasan yang menarik, kadang terlalu blak-blakan, untuk sebuah pertandingan. 

Roy Keane meninggalkan Manchester United dengan cara yang tak manis. Ia didepak setelah berkonfrontasi dengan sang manajer, Sir Alex Ferguson. Sang pelatih tak ragu-ragu melepas Keane meskipun dianggap sebagai sosok yang sangat berpengaruh ke tim. 

Tak heran, Roy Keane hampir tidak pernah memuji atau mengapresiasi Alex Ferguson selama berkarier sebagai pundit. Namun, belakangan ini Keane lebih lunak terhadap mantan rekan-rekan setimnya. 

Dalam acara Monday Night Football, bulan lalu, Roy Keane menyebutkan ada lima pemain yang dianggapnya berkelas dunia selama bermain bersama di Manchester United. Tak ada nama Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney dalam daftar tersebut. Berikut ini daftar lengkapnya, seperti dilansir Sportbible. 

2 dari 6 halaman

1. Ryan Giggs

Ryan Giggs, Legenda Manchester United yang Bakatnya Ditemukan Tukang Susu
Giggs bergabung dengan akademi Manchester United pada usia 14 tahun setelah ditemukan oleh seorang tukang susu yang melihat bakat hebatnya pada tahun 1987. (AFP/Paul Ellis)

Nama pertama dalam daftar Roy Keane adalah Ryan Giggs. Pemain asal Wales tersebut dipilih Keane dengan alasan loyalitas dan kesetiaan, serta panjangnya durasi merumput di Old Trafford. 

"Pemain yang bermain untuk klub selama 9, 10, 11 (tahun) selaku saya anggap pemain kelas dunia. Tentu saja, Giggs melakukannya lebih lama. Bagi saya, itulah kunci menjadi pemain yang benar-benar bagus. Anda harus konsisten," kata Keane, seperti dilansir Sportbible

"Kami melihat pemain-pemain sekarang, mereka menikmati satu bulan yang baik dan menepuk dada. Anda harus bagus selama bertahun-tahun, dan Giggsy adalah contoh utama," imbuh Keane. 

 

3 dari 6 halaman

2. Mark Hughes

FOTO: 5 Striker Andalan Manchester United Era 90-an
Mark Hughes - Pemain asli binaan Manchester United ini dua periode membela Setan Merah. Pertama periode 1983 hingga 1986 kemudian pindah ke Barcelona dan akhirnya kembali membela MU pada tahun 1989 hingga 1995. (Pinterest)

Nama kedua yang dimasukkan Roy Keane ke daftar adalah Mark Hughes. Sama seperti Giggs, Hughes juga pemain asal Wales. 

Menurut Keane, mantan pemain Barcelona dan Bayern Munchen tersebut adalah sosok striker yang briliian. Itulah sebabnya ia dianggap sebagai pemain kelas dunia oleh Roy Keane. 

 

4 dari 6 halaman

3. Eric Cantona

FOTO: 5 Striker Andalan Manchester United Era 90-an
Eric Cantona - Mantan striker Leeds ini merupakan simbol kebangkitan Manchester United pada era 90-an. Pemain terbaik Liga Inggris tahun 1993/1994 ini membantu United meraih 11 gelar juara. (AFP/Dave Kendall)

Nama ketiga pada daftar ini tidak terlalu mengagetkan fans Manchester United. Roy Keane menyebut sosok pemain asal Prancis, Eric Cantona. 

"Eric adalah pemain brilian. Saya tahu orang-orang bilang Eric tidak melakukannya di arena ini dan itu, yaitu panggung internasional. Tapi, dia pemain yang brilian untuk bermain bersama," ujar Keane. 

 

5 dari 6 halaman

4. Paul Scholes

img_scholes-15.jpg
Gelandang senior MU, Paul Scholes sesuai mencetak gol ke gawang Besiktas di laga Liga Champions Grup B pada 15 September 2009 di Istanbul, Turki. AFP PHOTO/MUSTAFA OZER

Selain Giggs, anggota Class of 92 lain juga masuk dalam kategori pemain kelas dunia yang pernah bermain bersama Keane. Pemain yang dimaksud adalah Paul Scholes. 

Gelandang Manchester United itu juga mendapat pujian spesial dari Keane. Menurut pria Irlandia itu, Scholes adalah pemain yang brilian. 

 

6 dari 6 halaman

5. Denis Irwin

Manchester United
Bek Kiri - Denis Irwin, posisi aslinya adalah bek kanan, tapi Irwin berhasil tampil baik mengawal lini belakang sisi kiri MU. Bahkan dirinya kerap menjadi andalan dalam mengambil tendangan bebas. (AFP/Vanderlei Almeida)

Keane juga memasukkan Denis Irwin pada daftar ini. Bek kiri Manchester United itu disebut sebagai pemain yang komplet.

"Denis Irwin...Tuhanku, bayangkan jika Dennis Irwin bermain sekarang. Dia bisa bermain di bek kiri, bek kanan, dan mencetak gol, tahu bagaimana bertahan, tak pernah cedera, dan pria yang brilian di ruang ganti," kata Keane memberikan pujian tinggi untuk Denis Irwin. 

"Denis adalah pemain kelas dunia bagi saya, dan dia orang Irlandia!" 

Sumber: Sportbible

Lanjutkan Membaca ↓