VIDEO: Komentar Pedas Alex Ferguson untuk Para Lawan Manchester United, Termasuk Liverpool

Oleh Okie Prabhowo pada 15 Mei 2020, 13:35 WIB
Diperbarui 15 Mei 2020, 13:35 WIB

Bola.com, Manchester - Alex Ferguson menangani Manchester United selama 27 tahun, sejak 1986 sampai dengan 2013. Sepanjang itu, Sir Alex pernah melahirkan komentar-komentar pedas untuk para lawannya. Tentunya pernah untuk klub rival, Liverpool.

Salah satu komentar paling pedas yang keluar dari mulut Alex Ferguson soal Liverpool adalah: "Tantangan terbesar saya bukan yang terjadi saat ini, melainkan menjatuhkan Liverpool dari takhta merea. Anda bisa cetak komentar itu!". Komentar tersebut terucap pada September 2002 saat diwawancarai oleh Michael Walker dari Guardian.

Ketika itu, Manchester united sedang tidak dalam performa terbaiknya. The Red Devils baru saja menerima kekalahan dua kali, dari Bolton dan Leeds United. Apalagi pada musim sebelumnya (2001-2002), United berada di posisi ketiga di bawah Arsenal (pemimpin klasemen) dan Liverpool (runner up).

Alan Hansen, yang juga mantan pemain Liverpool, menulis kolom di Daily Telegraph soal momen yang dialami Manchester United tersebut. "Manajer mereka, Alex Ferguson, akan melihat awal musim ini sebagai: tantangan terbesarnya sepanjang karier," tulis Hansen.

Ferguson membalasnya dalam sesi wawancara dengan Guardian. "Tantangan terbesar saya bukan yang terjadi sekarang. Akan tetapi, menjatuhkan Liverpool dari takhta mereka. Anda bisa catat komentar saya ini," kata Sir Alex, dengan menyelipkan satu kata kasar di dalam komentar tersebut.

Benar-benar sebuah komentar yang sangat pedas sekaligus memotivasi dari Alex Ferguson untuk Liverpool dan terbukti pada akhirnya Manchester United melewati rekor titel juara Liga Inggris The Reds dengan torehan 20 kali. Sementara itu, Liverpool 18 kali dan belum pernah di era Premier League.