Sukses


10 Bek dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Premier League

Bola.com, Jakarta - Selama 28 tahun bergulir, banyak pemain-pemain top dunia menunjukkan kelasnya di Premier League. Pada era modern, bek mulai kerap memberi kontribusi dalam alur serangan.

Tak hanya dituntut cepat dalam memutus serangan lawan, bek juga memiliki peran membangun permainan dari belakang. Maka tak heran, banyak bek-bek top yang gemar memberikan assist.

Yang paling sering terlihat adalah dua bek sayap ikut menusuk dari sisi lapangan, bahu-membahu dengan penyerang sayap.

Ada 10 nama pemain bertahan yang sangat produktif dalam urusan menyumbang assist.

Melansir Squawka, Sabtu, (16/5/2020), Bola.com menyajikan bek sebagai penyumbang assist terbanyak sejak di buku sejarah Premier League.

Dari daftar itu, tidak ada duo Liverpool, Andy Robertson dan Trent Alexander-Arnold. Namun, nama mereka dipastikan bakal muncul dalam beberapa tahun ke depan.

2 dari 4 halaman

Urutan 10 - 6

10. Cesar Azpilicueta

Klub: Chelsea

Penampilan: 262 Laga

Assist: 28

Dijuluki Dave oleh rekan setimnya di Chelsea, Azpilicueta menjelma jadi tulang punggung tim. Sejak 2012 didatangkan ke Stamford Bridge, pemain asal Spanyol ini kerap memberikan assist.

9. John Arne Riise

Klub: Liverpool, Fulham

Penampilan: 321 Laga

Assist: 30

Bertahun-tahun Liverpool selalu dihuni oleh bek yang berkualitas, khususnya bek sayap. Riise dikenal memiliki tendangan roket dengan kaki kirinya yang akurat.

Itulah mengapa banyak assist tercipta dari pemain asal Norwegia tersebut.

8. Ashley Cole

Klub: Arsenal, Chelsea

Penampilan: 385 Laga

Assist: 31

Ashley Cole menunjukkan penampilan impresif selama berseragam Arsenal dan Chelsea. Kariernya meningkat sejak hengkang ke Chelsea. Ashley Cole menjelma menjadi satu di antara bek terbaik di dunia dengan sederet gelar bergengsi, termasuk trofi Liga Champions.

7. Gary Kelly

Klub:  Leeds United

Penampilan: 325 Laga

Assist: 31

Pada pergantian milenium, Leeds menjadi pesaing serius Arsenal dan Manchester United di klasemen atas Premier League. Performa apik mereka tak lepas dari penampilan mengesankan bek kanan Gary Kelly.

Gary Kelly tampil luar biasa dan merupakan sumber assist Leeds saat itu.

6. Dan Petrescu

Klub: Sheffield Wednesday, Chelsea, Bradford, Southampton

Penampilan: 215 Laga

Assist: 33

Dan Petrescu berhasil membuat nama Chelsea menjadi bagian dari tim hebat di Premier League. Pemain asal Rumania ini menghabiskan lima musim di Stamford Bridge dan berhasil mengoleksi 33 assist.

 

3 dari 4 halaman

Ururtan 5 - 2

5. Gary Neville

Klub: Manchester United

Penampilan: 400 Laga

Assist: 35

Termasuk bagian dari Class of 92, Gary Neville menikmati karier sepak bolanya yang cemerlang di Manchetser United. Bermain sebagai bek tengah tak menghambat dirinya menciptakan umpan matang untuk dikonversi menjadi gol oleh rekan setimya.

Gary Neville adalah tandem David Beckham di sektor kanan lapangan tim Setan Merah.

4. Ian Harte

Klub: Leeds United, Sunderland, Reading

Penampilan: 237 Laga

Assist: 36

Ian Harte memiliki kemampuan setpiece yang mematikan. Sang pemain juga berbahaya dalam urusan mencetak gol.  

3. Andy Hinchcliffe

Klub: Everton, Sheffield Wednesday

Penampilan: 219 Laga

Assist: 36

Hinchcliffe seorang maestro bola mati. Everto merekrutnya dari klub akademi Manchester City. Dia menghabiskan sebagian besar kariernya di Goodison Park dan berakhir di Sheffield Wednesday.

2. Graeme Le Saux

Klub: Chelsea, Blackburn Rovers, Southampton

Penampilan: 327 Laga

Assist: 44

Graeme Le Saux adalah bagian Blackburn Rovers memenangkan titel juara Premier League musim 1994-1995 di bawah asuhan Kenny Dalglish. Ia juga telah bermain 36 laga bersama Inggris dan cetak satu gol ketika berhdapan dengan Brasil.

4 dari 4 halaman

1. Leighton Baines

Klub: Wigan, Everton

Penampilan: 417 Laga

Assist: 53

Musim 2010-2011, Baines berhasil mencetak 11 assist dan merupak perolehan terbanyak bagi seorang bek di Premier League. Rekor tersebut menyamai catatan mantan pemain belakang the Toffees Andy Hinchcliffe musim 1994-1995.

Sumber: Squawka

Video Populer

Foto Populer