VIDEO: Premier League Konfirmasi 6 Kasus Baru Positif COVID-19

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 20 Mei 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 20 Mei 2020, 08:00 WIB

Bola.com, Inggris Jelang kembalinya kompetisi, kabar kurang baik datang dari Premier League, melalui laman resminya Premier League mengonfirmasi adanya 6 kasus positif COVID-19. Keenam orang tersebut merupakan pemain dan staf yang dirahasiakan identitasnya.

Melalui gelombang pertama dari pengujian virus COVID-19, yang dilakukan pada hari minggu (17/5/20) terdapat sebanyak 748 sempel. Tiga dari sembilan belas klub dinyatakan mengalami infeksi terhadap COVID-19. Keenam orang tersebut sudah melakukan isolasi mandiri selama 7 hari.

Satu dari 20 klub di liga baru mulai melakukan tes pada hari Selasa. Hasil tes tersebut akan dimasukkan dalam angka-angka dari gelombang kedua yang diterbitkan pada hari sabtu mendatang.

Sebelumnya Premier League telah ditangguhkan sejak maret lalu karena pandemi COVID-19. Beberapa perundingan pun sempat diberitakan mengenai kelanjutan dari liga kasta tertinggi di Inggris tersebut.

Realisasi peraturan dimulainya liga baru sekarang memungkinkan pelatihan non-kontak untuk dilanjutkan, dengan maksimum lima pemain bekerja bersama hingga 75 menit sehari di fasilitas pelatihan.

Persetujuan untuk pelatihan kontak dan permainan kembali bergantung pada tidak ada lonjakan baru dalam kasus COVID-19 di negara Inggris dengan kematian tertinggi kedua setelah Amerika Serikat.  Klub Premier League akan mengadakan panggilan konferensi Selasa depan untuk membahas protokol yang diperlukan untuk pelatihan selama pandemi ini terus berlangsung, dengan tujuan untuk memberikan keamanan selama pelatihan dan mencegah resiko penularan.