Sukses


Kisah Lomana LuaLua Dipecat Klub Liga Inggris karena Sulit Bagi Waktu di McDonald's

Bola.com, Jakarta - Kisah menarik dialami Lomana Lualua. Mantan pemain Newcastle United ini pernah dipecat oleh klub Liga Inggris karena tak bisa membagi waktu antara menjadi pesepak bola dengan pekerja McDonald's.

Pemain bernama lengkap Lomana Tresor Lualua ini pindah ke Inggris saat berusia 9 tahun. Sebelumnya, ia lahir dan menghabiskan masa kecilnya di Kongo, sebuah negara di Afrika.

Bakatnya di sepak bola tercium oleh pemandu bakat Colchester United. Terkesan dengan penampilannya, ia kemudian dikontrak dan pindah ke Essex, London Timur pada 1997.

Akan tetapi, karier mudanya bersama Colchester United tak berjalan mulus. Penyebabnya, Lomana Lualua sering terlambat latihan karena kebijakan McDonald's. Ya, pada saat yang bersamaan, Lualua muda juga bekerja di perusahaan franchise kenamaan dunia tersebut.

Pada akhirnya, Lomana Lualua mengikhlaskan 'kariernya' bersama McDonald's dan fokus ke sepak bola. Padahal, ia bercita-cita menjadi atlet gimnastik.

 

Video

2 dari 2 halaman

Terkenal bersama Newcastle United

Pada musim 2000-2001, Sir Bobby Robson yang kala itu melatih Newcastle United yang merupakan pelatih Lomana Lualua di Colchester United pada 1999 membawanya ke St. James' Park.

Angkanya luar biasa untuk ukuran Colchester United, yakni mencapai 2,25 juta pounds. Namanya pun melambung dan membuat pelatih Timnas Kongo memanggilnya.

Kariernya mengalami pasang surut. Ia pernah ke Yunani, Turki, hingga pada pengujung tahun 2019, Lomana Lualua tergabung bersama Peterborough Sports, klub divisi tujuh Liga Inggris.

Sumber: Thesefootballtimes

Video Populer

Foto Populer