6 Rahasia di Balik Kehebatan Jurgen Klopp Bawa Liverpool Berjaya Lagi

Oleh Yus Mei Sawitri pada 03 Jun 2020, 16:42 WIB
Diperbarui 03 Jun 2020, 16:42 WIB
Liverpool Vs West Ham United
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, merayakan kemenangan atas West Ham United pada laga Premier League di Stadion Anfield, Inggris, Selasa (25/2/2020). Liverpool menang dengan skor 3-2. (AP/Jon Super)

Bola.com, Jakarta - Liverpool tinggal selangkah lagi merengkuh gelar Premier League untuk kali pertama dalam 30 tahun. Saat Premier League kembali bergulir pada 17 Juni 2020, The Reds hanya butuh dua kemenangan lagi untuk menahbiskan diri jadi kampiun. 

Laju perkasa The Reds tersebut tak lepas dari tuah tangan dingin sang manajer, Jurgen Klopp

Tim besutan Jurgen Klopp berdiri nyaman di puncak klasemen nyaris tanpa perlawanan berarti dari klub-klub rival. Sadio Mane dan kawan-kawan unggul 25 poin atas peringkat kedua, Manchester City. 

Jika berhasil menjuarai Premier League musim ini, Jurgen Klopp sah disebut telah mengembalikan Liverpool ke masa kejayaan. Musim lalu dia telah merintis jalan ke sana dengan mempersembahkan gelar Liga Champions.

Pada final Liga Champions 2019, The Reds merengkuh trofi setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 di final. Perjalanan ke tangga juara juga diwarnai dengan kemenangan menakjubkan kontra Barcelona di semifinal.  

Apa sebenarnya yang membuat Jurgen Klopp begitu hebat menyulap Liverpool hingga seperti ini? Sejak datang ke Anfield pada 2015, perlahan tapi pasti Klopp mengubah Liverpool menjadi tim yang lebih tangguh dan kuat. 

Berikut ini rahasia kehebatan Jurgen Klopp di Liverpool yang diungkapkan dirinya sendiri, pemain hingga agennya, seperti dilansir TalksportIndependent, dan Express

 

2 dari 7 halaman

1. Punya Kemampuan Manajemen Pemain yang Mumpuni

Liverpool, Premier League, Crystal Palace
Striker Liverpool, Sadio Mane, melakukan selebrasi bersama pelatih Jurgen Klopp usai mencetak gol ke gawang Crystal Palace pada laga Premier League di Stadion Anfield, Sabtu (19/8/2017). Liverpool menang 1-0 atas Crystal Palace. (AP/Martin Rickett)

Striker Liverpool, Sadio Mane, mengatakan efek Jurgen Klopp sejak kedatangannya ke klub empat tahun lalu sangat besar. Menurutnya, rahasia kehebatan Klopp terletak pada caranya mengatur pemainnya dengan mumpuni. 

"Setiap orang bisa melihat apa yang dilakukannya untuk klub ini, untuk kota ini, dan kualitasnya sebagai seorang manajer," kata Mane. 

"Banyak manajer bagus di Eropa, tapi yang bisa saya katakan adalah manajer kami punya kata-kata yang tepat dan langkah-langkah yang tepat untuk menangani tim, terutama bagaimana mengatur timnya," imbuh Mane. 

 

3 dari 7 halaman

2. Punya Filosofi tentang Sepak Bola

Salah - Mane Bawa Liverpool Taklukkan Sheffield United
Manajer Liverpool Jurgen Klopp (kiri tengah) merangkul penjaga gawang Alisson pada akhir laga Liga Inggris antara Liverpool dengan Sheffield United di Anfield Stadium, Liverpool, Inggris, Kamis (2/1/2020). Liverpool menang 2-0. (AP Photo/Jon Super)

Agen Jurgen Klopp, Marc Kosicke, juga pernah buka-bukaan tentang kelebihan Jurgen Klopp sebagai manajer, terutama di Anfield. Menurut dia, Jurgen Klopp punya filosofi khusus tentang sepak bola. 

Ide sepak bola ala Jurgen Klopp tersebut diutarakan kepada pemilik Liverpool sejak awal. Gayung bersambut, pemilik Liverpool memberi kepercayaan terhadap sang pelatih untuk menerapkan idenya tersebut. 

"Saya rasa Jurgen punya ide sendiri tentang sepak bola dan pemilik sudah diberi tahu sejak awal bahwa idenya tersebut butuh waktu untuk diterapkan," kata Kosicke. 

"Jurgen juga punya pengetahuan luar biasa tentang manusia dan tahu mana pemain yang fit, bukan hanya soal kemampuan, tapi juga karakter," imbuh dia. 

 

 

4 dari 7 halaman

  3. Punya Kemampuan Membangkitan Energi Pemain

Jurgen Klopp (Tottenham Hotspur Vs Liverpool)
Jurgen Klopp mengaku bertanggung jawab atas kekalahan 1-4 dari Tottenham Hotspur. (doc. Liverpool FC)

Agen Jurgen Klopp, Marc Kosicke, juga menyebut sang manajer bisa meyakinkan semua pihak di klub untuk mengikuti idenya dan menjadi bagian dari perubahan yang diciptakannya. Yang terpenting, Klopp punya kemampuan untuk mengangkat level energi pemain maupun pihak-pihak yang terlibat di klub. 

"Jurgen bisa meyakinkan setiap orang tentang idenya, dan mengundang setiap orang menjadi bagian dari itu. Semuanya kemudian berkaitan dengan kerja keras, banyak gairah, dan kekecewaan yang harus dijauhkan," kata Kosicke. 

"Dia punya kemampuan luar biasa untuk mengangkat level energi setiap orang," imbuh dia. 

 

5 dari 7 halaman

 4. Selalu Menjadi Diri Sendiri

Liverpool Vs Tottenham Hotspur
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, diangkat para pemainnya usai menjuarai Liga Champions 2019 dengan mengalahkan Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6). Liverpool menang 2-0 atas Tottenham Hotspur. (AP/Felipe Dana)

Masih menurut Marc Kosicke, resep kesuksesan Jurgen Klopp di Liverpool adalah dirinya tak pernah merasa terlalu tertekan. Penyebabnya, Klopp selalu menjadi "orang yang normal". 

"Dia selalu menjadi orang yang normal. Kami berdua mempelajari olahraga dan kehidupan. Dia hanya selalu bersyukur atas hidupnya dan dia selalu menjadi Jurgen Klopp, juga seorang pelatih," kata Kosicke. 

"Hasilnya, dia tak merasa terlalu tertekan karena selalu menjadi dirinya sendiri." 

 

6 dari 7 halaman

5. Bisa Bikin Pemain Beradaptasi dengan Berbagai Taktik

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp.
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menyalami pemain Manchester United setelah timnya kalah 1-2 pada laga pekan ke-30 Premier League, di Old Trafford, Sabtu (10/3/2018). (AFP/Oli Scarff)

Mantan pemain Liverpool, Philippe Coutinho, juga pernah mengungkap resep kesuksesan Jurgen Klopp di Anfield. Pemain asal Brasil tersebut pernah 2,5 tahun berada di bawah besutan Klopp sebelum hijrah ke Barcelona pada Januari 2018. 

Sejak kepergiannya, Liverpool makin perkasa, bahkan memenangi Liga Champions.  

"Dia pelatih yang hebat, salah satu yang terbaik di dunia. Pemimpin sejati. Saya belajar banyak darinya, terutama level mental. Dia mengubah Liverpool. Dia memberikan napas baru, membuat Liverpool benar-benar kuat. Saya bangga pernah bekerja bersamanya," ujar Coutinho. 

"Dia bekerja sangat keras dan benar-benar fokus. Latihan selalu intens. Dia selalu bisa membuat Anda beradaptasi dengan lawan berikutnya, itulah sebabnya dia sangat sukses," imbuh Coutinho. 

 

7 dari 7 halaman

6. Punya Tim Analisis Hebat

Pep Guardiola dan 5 Pelatih dengan Gaji Tertinggi di 2019/20
Jurgen Klopp (24 juta euro) - Jurgen Klopp dianggap telah mengembalikan Liverpool ke masa kejayaan. Pelatih berusia 52 tahun ini dibayar 24 juta euro dalam setahun oleh Liverpool. (AFP/Paul Ellis)

Jurgen Klopp juga pernah mengungkapkan salah satu resep kesuksesannya sendiri. Pelatih asal Jerman itu mengaku punya tim analisis yang dipimpin Peter Krawietz. 

Dari hasil analisisnya, Klopp mengetahui kekuatan dan kelemahan timnya. Bahkan, berkat analisis itu Liverpool bisa memperbaiki hal-hal mendasar, sepertinya lemparan ke dalam. The Reds bahkan mendatangkan pelatih spesialis lemparan ke dalam, Thomas Gronnemark.       

"Sudah kelas dengan pemain yang kami miliki untuk mengambil set pieces dan umpan silang, kami tak mencetak banyak gol dari situasi tersebut," kata Klopp. 

"Kami lebih memfokuskan diri pada hal itu, dengan cara berbeda. Bagian analisis datang dengan proposal apa yang harus kami lakukan dan kemudian kami mempraktikannya," sambung Klopp.  

"Kami fokus pada hal itu dan hasilnya brilian. Para pemain sekarang sangat menikmati sesi latihan karena hasilnya bagus, benar-benar brilian."  

Sumber: Express, The Independent

 

Lanjutkan Membaca ↓
3 Pemain Pengganti Sadio Mane di Liverpool, Termasuk Philippe Coutinho