Klub-Klub Premier League Boleh Gelar Laga Persahabatan, Ini Syaratnya

Oleh Gregah Nurikhsani pada 03 Jun 2020, 17:45 WIB
Diperbarui 03 Jun 2020, 17:45 WIB
Liverpool
Skuat Liverpool menyuarakan gerakan Black Lives Matter dan memberi penghormatan khusus kepada George Floyd di Stadion Anfield. (foto: https://www.instagram.com/trentarnold66)

Bola.com, Jakarta - Jelang bergulirnya kembali Premier League, klub-klub peserta diperbolehkan menggelar laga persahabatan lebih dulu guna meningkatkan kebugaran. Akan tetapi, ada protokol dan syarat ketat.

Yang pertama, venue pertandingan tidak boleh berjarak lebih dari 90 menit perjalanan. Lalu, pemain dari klub-klub Premier League harus menuju lokasi pertandingan dengan mobil sendiri-sendiri.

Karena wasit dan asisten wasit Liga Inggris belum melakukan tes COVID-19, maka yang akan menjadi wasit adalah pelatih dari salah satu tim yang akan bertanding dalam laga persahabatan.

Sembari menunggu hingga tanggal 17 Juni, atau ketika laga 'perdana' Premier League, diharapkan wasit yang bakal memimpin pertandingan resmi nanti sudah mendapatkan kepastian.

Hingga berita ini turun, belum ada satupun klub Premier League yang berencana menggelar laga persahabatan. Sejauh ini, semua klub hanya melakukan rutinitas latihan biasa.

 

2 dari 3 halaman

Tidak Boleh Menggunakan Ruang Ganti

Virgil van Dijk
Bek Liverpool, Virgil Van Dijk. (Dok. Liverpool FC)

Selain persyaratan di atas, masih ada beberapa hal lagi yang perlu ditaati. Jika laga persahabatan digelar di stadion, pemain tidak diperkenankan menggunakan ruang ganti seperti pada umumnya.

Saat jeda pertandingan, seluruh pemain dan staf akan tetap berada di pinggir lapangan. Hal ini dilakukan guna mencegah penybaran virus corona.

Terakhir, tidak ada ritual masuk lapangan dari lorong stadion. Semua pemain langsung berada di atas lapangan.

Sumber: Sky Sports

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
3 Pemain Pengganti Sadio Mane di Liverpool, Termasuk Philippe Coutinho