Sukses


5 Raja Assist Premier League, Mulai Thierry Henry hingga Kevin De Bruyne

Bola.com, Jakarta - Premier League telah menjadi kompetisi paling kompetitif di dunia. Predikat itu yang membuat mayoritas pemain di dunia mendambakan bisa bermain di kompetisi elite Inggris itu.

Banyaknya pemain yang berasal dari luar negeri merumput di Premier League membuat kompetisi tersebut menjadi ketat. Banyak pemain berkualitas bermain di kompetisi teratas Inggris itu.

Tak melulu pemain tajam, Premier League juga banyak melahirkan pemain-pemain yang jago dalam memberikan assist. Mayoritas pemain tersebut mencetak banyak assist untuk klub yang dibelanya.

Sebut saja Eric Cantona yang pernah membela Manchester United. Pemain asal Prancis itu berhasil mencetak 56 assist dalam 156 laga yang dimainkannya.

Kemudian berganti era ke David Beckham. Masih di Manchester United, Beckham berhasil mencetak 80 assist dalam 265 laga yang dimainkannya.

Adapun di era Premier League modern, yakni mulai 2000 sampai saat ini tradisi raja assist tak pernah putus. Saat ini juga masih gampang menemukan pemain yang memiliki skill sebagai pengumpan ulung.

Bola.com mengumpulkan lima pemain dengan torehan assist yang gemilang. Berikut ini lima pemain yang layak menyandang status Raja Assist di Premier League.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Thierry Henry

Thierry Henry sejatinya merupakan penyerang murni. Namun, pemain asal Prancis juga memiliki bakat lain sebagai pengumpan.

Selama bermain di Arsenal pada 1999-2007, Thierry Henry berhasil mencatatkan 77 assist dalam 258 pertandingan. Jumlah tersebut cukup fantasis sebagai pemain yang sejatinya merupakan penyerang.

Thierry Henry dikenal sebagai pemain yang memiliki kecepatan. Thierry Henry tak egois memaksakan diri untuk mencetak gol jika melihat rekannya yang lebih punya peluang menjebol gawang lawan.

3 dari 6 halaman

Cesc Fabregas

Cesc Fabregas pernah tampil mengejutkan di Premier League ketika membela Arsenal. Ketika itu, Cesc muda mampu tampil gemilang dengan kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar.

Cesc Fabregas tercatat mencetak 114 assist dalam 350 pertandingan di Premier League. Jumlah itu dikumpulkan dalam dua klub, yakni Arsenal (2003-2011) dan Chelsea (2014-2019).

Cesc Fabregas dikenal sebagai pengatur tempo serangan di lini tengah. Gaya Fabregas yang kalem membuat rekannya tak kesulitan mengikuti tempo permainannya.

4 dari 6 halaman

David Silva

Tak bisa dimungkiri ada peran besar David Silva di balik kesuksesan Manchester City dalam beberapa musim terakhir. Pemain asal Spanyol itu menjadi nyawa permainan The Citizens di lini tengah.

David Silva berhasil mencetak 103 assist dalam 301 penampilannya. Jumlah tersebut menjadikannya raja assist yang disegani di Premier League.

David Silva merupakan pemain yang memiliki visi bermain. Umpan-umpan terukur yang dimilikinya kerap dimanfaatkan para penyerang Manchester City untuk mencetak gol.

5 dari 6 halaman

Mesut Ozil

Mesut Ozil sejauh ini sudah mencetak 54 assist dalam 184 pertandingan Premier League bersama Arsenal. Artinya, pemain asal Jerman itu memiliki rasio 0,29 assist per pertandingan.

Pencapaian terbaik Ozil terjadi pada musim 2015-2016 ketika membantu Arsenal finis di peringkat kedua Premier League. Ketika itu, Ozil mencetak 19 assist dalam semusim hanya selisih satu assist dari rekor Thierry Henry.

Mesut Ozil merupakan pemain penting di Arsenal. Pemain berusia 31 tahun dikenal sebagai motor serangan The Gunners di lini tengah.

6 dari 6 halaman

Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne berhak menyandang status raja assist Premier League saat ini. Bersama Manchester City, Kevin De Bruyne tercatat mengumpulkan 63 assist dalam 146 laga di Premier League.

Artinya, Kevin De Bruyne berhasil mencetak 0,42 assist per pertandingan. Jumlah itu menjadi yang tertinggi dalam 1 dekade terakhir di Premier League.

Tak hanya assist, Kevin De Bruyne juga bisa diandalkan untuk mencetak gol. Bicara penampilannya di Premier League, pemain asal Belgia itu sejauh ini sudah mencetak 31 gol.

Sumber: Squawka

Video Populer

Foto Populer