Mikel Arteta Beberkan Penyebab David Luiz Tampil Busuk pada Laga Manchester City Vs Arsenal

Oleh Gregah Nurikhsani pada 18 Jun 2020, 07:55 WIB
Diperbarui 18 Jun 2020, 07:55 WIB
Arsenal Hajar Manchester United di Emirates Stadium
Pemain Arsenal David Luiz (kiri) berebut bola dengan pemain Manchester United Marcus Rashford pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Emirates Stadium, London, Rabu (1/1/2020). Arsenal menang 2-0. (AP Photo/Matt Dunham)

Bola.com, Jakarta - Mikel Arteta pasang badan atas permainan buruk David Luiz ketika timnya menghadapi Manchester City, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB. Menurutnya, bek asal Brasil tersebut tidak fokus karena masalah kontrak di Arsenal.

Dua kesalahan David Luiz menyebabkan Arsenal bertekuk lutut 0-3 dari Manchester City pada pertandingan pertama mereka setelah jeda tiga bulan. Mantan bek Chelsea itu jadi sasaran empuk para suporter The Gunners di lini masa.

Sejak awal, Mikel Arteta mengaku tidak ingin memainkan Luiz karena ada masalah non-teknis. Namun, ia terpaksa memasangnya karena Pablo Mari mengalami cedera pada pertengahan babak pertama.

Adapun masalah yang dimaksud yakni soal kontraknya di klub London Utara tersebut, Ketidakjelasan inilah yang mungkin merusak konsentrasi Luiz, Arteta sudah tahu itu.

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi dengan kontraknya. Saya hanya tahu apa yang terjadi hari ini, saya tahu bagaimana David bakal bereaksi. Saya mengenalnya dengan baik, tidak hanya sebagai pemain tapi juga sebagai pribadi," ungkap Arteta di Arsenal.com.

"David Luiz bisa mengatasi situasi ini dan itulah sebabnya saya tidak memilih dia sebagai starter, dia harus bermain hanya karena Pablo cedera," katanya lagi.

Lebih lanjut, Arteta merasa tidak ada yang perlu dilebih-lebihkan dari blunder dan penampilan buruk Luiz. Arsenal memang kalah, Luiz memang membuat kesalahan, hanya itu.

"Dia akan selalu mencoba memberikan yang terbaik meski kondisinya tidak maksimal, dan dia sudah mencoba lagi, tapi kali ini tidak berjalan dengan baik. Itu sudah," lanjut Arteta.

Luiz sendiri tidak mencoba berdalih. Mantan bek Chelsea ini mengaku bersalah atas kesalahan tim. Dia pun mengakui masalah kontrak membuatnya kehilangan fokus.

"Saya seharusnya membuat keputusan berbeda dalam dua bulan terakhir. Tapi saya tidak melakukannya, masalah kontrak. Ini bukan alasan atau alibi, hanya kesalahan saya," tandasnya memberikan pembelaan terhadap David Luiz.

 

Video

2 dari 2 halaman

Masih Memercayakan David Luiz

MU Vs Arsenal
Bek Arsenal, David Luiz, duel udara dengan gelandang Manchester United, Scott McTominay, pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Senin (30/9). Kedua klub bermain imbang 1-1. (AFP/Paul Ellis)

Arteta sepertinya tidak mau bertindak sembrono. Ia akan tetap memercayakan David Luiz sebagai palang pintu Arsenal.

"David Luiz adalah seseorang yang jujur dan lugas. Opini saya terhadapnya tidak berubah sedikitpun. Saya tidak berencana mengubah apapun karena malam ini penampilannya tidak bagus," kata Arteta usai laga.

Sumber asli: Arsenal.com

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 18/6/2020)

Lanjutkan Membaca ↓