VIDEO: 5 Fakta David Luiz Saat Arsenal Kalah dari Manchester City di Premier League

Oleh Okie Prabhowo pada 18 Jun 2020, 09:10 WIB
Diperbarui 18 Jun 2020, 09:10 WIB

Bola.com, Manchester - Nama David Luiz menjadi sorotan karena menjadi biang kekalahan Arsenal dari Manchester City 0-3 di Premier League, Kamis (18/6/2020) dini hari WIB. Beberapa fakta hadir terkait bek asal Brasil dalam laga di Stadion Etihad tersebut.

Semua berawal dari keputusan Manajer Arsenal, Mikel Arteta, memasukkan David Luiz pada menit ke-24 setelah Pablo Mari mengalami cedera. Masuknya Luiz merupakan pergantian kedua yang dilakukan Arsenal setelah Granit Xhaka juga ditarik keluar karena cedera pada menit 7'.

Masuknya David Luiz dianggap awal mula kehancuran The Gunners ketika Premier League 2019-2020 kembali bergulir setelah sempat terhenti karena pandemi COVID-19. Dua gol yang dicetak Manchester City berkat sumbangsih mantan bek Chelsea tersebut.

David Luiz menorehkan tiga kesalahan fatal sekaligus yang menyulitkan Arsenal. Berdasarkan keterangan Opta, ia adalah pemain pertama setelah Carl Jenkinson (West Ham vs Bournemouth pada 2015) yang menorehkan tiga "dosa" sekaligus. Tiga poin negatif tersebut antara lain mendapatkan kartu merah, menyebabkan penalti, dan membuat blunder yang berujung kebobolan.

Selain itu, Opta pun menyuguhkan catatan unik. Ternyata blunder yang berujung pada penalti itu bukan pertama kalinya dilakukan David Luiz.

Tercatat, Luiz sudah empat kali membuat blunder yang membuat lawan mendapatkan hadiah penalti. Mantan bek PSG (Paris Saint-Germain) tersebut merupakan pemain pertama sejak Jose Fonte (2016-2017) yang membuat kesalahan sebanyak itu dalam semusim.

Angka itu sudah cukup menegaskan betapa buruknya penampilan David Luiz musim ini. Pertahanan Arsenal jelas bermasalah, termasuk saat kalah telak dari Manchester City setelah Premier League 2019-2020 bergulir kembali.