Kesan Jurnalis Manchester United Meliput Laga Premier League: Garing Tanpa Suporter

Oleh Wiwig Prayugi pada 21 Jun 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 21 Jun 2020, 12:15 WIB
Bruno Fernandes Selamatkan Manchester United dari Kekalahan di Kandang Tottenham
Striker Manchester United, Marcus Rashford, berusaha mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga lanjutan Premier League 2019/20 di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (20/6/2020) dini hari WIB. Manchester United bermain imbang 1-1 atas Tottenham. (AFP/Matthew Childs/pool)

Bola.com, London - Manchester United kembali manggung. Dalam laga lanjutan Premier League 2019-2020 setelah ditangguhkan karena virus corona, tim Setan Merah bertandang ke markas Tottenham Hotspur (Sabtu (20/6/2020).

Jurnalis Manchester United, Stewart Gardner, membagikan pengalamannya meliput pertandingan sepak bola di era new normal ini.

"Ini musim yang sama tetapi dengan situasi dunia yang sangat berbeda. Stadion kosong dan semua menggunakan masker," tulisnya di situs resmi Manchester United.

"Itu adalah pengalaman nyata di rumah baru Tottenham Hotspur yang menakjubkan. Kami mengisi formulir deklarasi medis dan melakukan tes suhu sebelum diizinkan masuk. Semua wajib mengenakan masker sebelum memasuki stadion."

"Setelah menaiki tangga, saya harus melihat bagian dalam stadion untuk pertama kalinya, tempat yang luar biasa! Mata Anda langsung tertuju ke tribune selatan di belakang gawang. Seharusnya penggemar Manchester United akan berada di ujung sebaliknya," ia melanjutkan.

Spanduk dan bendera Spurs tetap menghiasi Tottenham Hotspur Stadium. Ada layar lebar di kedua ujung yang menunjukkan wajah-wajah beberapa penggemar Tottenham yang beruntung yang dapat merasakan bagian dari peristiwa ini.

Staf Tottenham Hotspur melakukan semua yang mereka bisa untuk mengurangi kerumunan. Klub juga membuat jarak fisik di antara jurnalis dan komentator, baik ketika menyaksikan pertandingan maupun konferensi pers.

 

2 dari 3 halaman

Kehilangan Magis

Bruno Fernandes Selamatkan Manchester United dari Kekalahan di Kandang Tottenham
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, melakukan tendangan penalti ke gawang Tottenham Hotspor pada laga lanjutan Premier League 2019/20 di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (20/6/2020) dini hari WIB. Manchester United bermain imbang 1-1 atas Tottenham. (AFP/Glyn Kirk/pool)

Namun, sepak bola tanpa suporter adalah bak sayur tanpa garam. Gardner merasakannya secara langsung dengan suasana stadion yang sepi sehingga siapa pun yang berteriak akan terdengar kencang.

"Sejumlah orang mengatakan kepada saya bahwa kami akan segera terbiasa menonton sepak bola dengan cara ini, tetapi saya harap kami tidak melakukannya," tulisnya.

"Suporter adalah jantung pertandingan. Saya tidak sabar lagi melihat riuhnya suporter di lapangan sepak bola."

Dalam pertandingan tersebut, Manchester United merai hasil 1-1. Mereka sukses memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam 12 laga. Selanjutnya, Bruno Fernandes dkk. bakal meladeni Sheffield United di Old Trafford pada Kamis (25/6/2020).

 

Sumber: Manchester United

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Profil Bintang Bruno Fernandes, Gelandang Andalan Manchester United yang Pernah Jadi Bek