Solskjaer: David De Gea Siap Bertanggung Jawab Atas Blunder Saat Lawan Tottenham

Oleh Gregah Nurikhsani pada 23 Jun 2020, 23:30 WIB
Diperbarui 23 Jun 2020, 23:30 WIB
Pemain Era Sir Alex Ferguson
1. David de Gea (Kiper) – Penjaga gawang timnas Spanyol ini diboyong Sir Alex Ferguson pada musim panas 2011 dari Atletico Madrid. Sang pemain didatangkan untuk menggantikan Edwin van der Sar yang pensiun pada 28 Mei 2011. (AP/Rui Vieira)

Bola.com, Jakarta - Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer mengomentari kritikan yang menimpa David De Gea saat laga melawan Tottenham. Solskjaer mengakui bahwa sang kiper membuat kesalahan namun ia menilai kesalahan itu tidak seharusnya dibesar-besarkan.

Pada pertandingan melawan Tottenham di akhir pekan lalu, De Gea membuat blunder yang cukup fatal. Ia salah mengantisipasi tembakan keras Steven Bergwijn yang mengarah ke dirinya, sehingga bola masuk ke gawang sehingga Tottenham unggul lebih dahulu.

Kesalahan De Gea itu mengundang panen hujatan untuk sang kiper. Sejumlah legenda MU ramai-ramai mengkritik De Gea akibat kesalahan yang ia perbuat tersebut.

Namun Solskjaer menilai bahwa De Gea tidak sepenuhnya tampil buruk di laga itu. "David adalah penjaga gawang terbaik di dunia," beber Solskjaer yang dikutip Manchester Evening News.

Solskjaer mengakui De Gea membuat sejumlah blunder dalam beberapa bulan terakhir. Namun ia menilai sang kiper juga membuat banyak penyelamatan fantastis untuk timnya.

"Dia hanya kebobolan dua gol saja di tujuh pertandingan terakhir kami. Padahal kami menghadapi tim-tim seperti City, Chelsea, Tottenham, Everton dan bayangkan kami hanya kebobolan dua gol dan tidak terkalahkan di tujuh laga itu."

"Gol Everton itu memang gila, dan ia tidak bisa menyelamatkan itu. Namun ia masih membuat banyak penyelamatan bagus dan David De Gea masih kiper terbaik di dunia."

 

2 dari 3 halaman

Tanggung Jawab David De Gea

Rating Tinggi di FIFA 20
1. David de Gea (Manchester United) – Kiper asal Spanyol ini bermain kurang apik dalam mengawal gawang Manchester United musim lalu. Rating David de Gea mungkin akan turun dari 91 menjadi 90 di FIFA 20. (AFP/Glyn Kirk)

Solskjaer juga menyebut bahwa De Gea benar-benar menyesali kesalahan yang ia perbuat. Untuk itu ia bekerja keras agar tidak membuat kesalahan seperti itu di masa depan.

"David bekerja sangat keras dan ia tidak membuat kesalahan yang sama dari waktu ke waktu. Ia bekerja keras di sesi latihan dan saya merasa puas dengan pekerjaannya."

"Dia sudah berada di United selama sembilan tahun, dan ini adalah musim ke sepuluhnya. Dia sudah menjalani banyak musim yang fantastis dan saya rasa kebobolan dua gol dalam tujuh pertandingan bukan musim yang buruk untuknya, mengingat tim yang kami hadapi."

"Ia membuat beberapa penyelamatan krusial, dan ia menyelamatkan kami dari kekalahan saat melawan Tottenham dengan penyelamatannya. Ia adalah kiper yang memiliki mental yang sangat kuat namun saya berbicara dengannya setiap hari dan kondisinya baik-baik saja." ujarnya.

Sumber: Manchester Evening News

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 23/6/2020)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Profil Bintang Bruno Fernandes, Gelandang Andalan Manchester United yang Pernah Jadi Bek