Sukses


5 Blunder Fatal David De Gea, Penjaga Gawang yang Diklaim Terbaik di Dunia oleh Solskjaer

Bola.com, Jakarta - Posisi David De Gea sebagai kiper nomor satu Manchester United belum tergeser. Penyelamatan gemilang yang dilakukannya selama membela Setan Merah juga tidak terhitung. 

Namun, David De Gea juga kerap dihujani kritikan karena beberapa kali melakukan blunder fatal yang berujung merugikan Manchester United. 

Baru-baru ini De Gea mendapat kritik tajam dari mantan kapten United, Roy Keane. Kiper asal Spanyol itu dikritik gara-gara performanya pada laga melawan Tottenham Hostpur, Sabtu (20/6/2020) dini hari WIB. David De Gea kebobolan satu gol.

Dia melakukan blunder yang berujung terciptanya gol Steven Bergwijn untuk Spurs.  De Gea gagal menghentikan bola tendangan Bergwijn. Usaha kiper asal Spanyol itu meninju bola justru mengarahkannya ke gawang sendiri. 

Namun, sejumlah pihak membela David De Gea dari kritikan Roy Keane. Salah satu yang pasang badan adalah Ole Gunnar Solskjaer. Manajer Manchester United itu bahkan menganggap David de Gea sebagai kiper terbaik di dunia.

"David de Gea adalah penjaga gawang terbaik di dunia," kata Solskjaer dikutip dari Sky Sports.

"Dia kebobolan dua gol dalam tujuh laga terakhir yang dimainkan untuk United. Ada dua laga melawan Man City dan Chelsea, tentu saja Tottenham dan Everton. Dua gol saja dalam tujuh laga," kata Solskjaer.

Selain melawan Spurs, David De Gea pernah melakukan beberapa blunder lainnya. Simak lima blunder fatal yang dicatatkan David De Gea dalam kariernya, seperti dilansir The Sun, Rabu (24/6/2020). 

 

2 dari 6 halaman

1. Juni 2020, Vs Tottenham Hotspur

Menghadapi Tottenham Hotspur merupakan laga pertama yang dijalani Manchester United setelah lockdown. Laga lanjutan Premier League itu berakhir dengan skor 1-1. United kebobolan pada menit ke-27.

Steven Bergwijn mencetak gol setelah melewati Harry Maguire dengan mudah. Dia lalu melepas tendangan yang sebenarnya berada di jangkauan De Gea. Akan tetapi, David De Gea gagal mengantisipasi arah bola dengan baik.

 

3 dari 6 halaman

2. Maret 2020, Vs Everton

Blunder David De Gea pada laga kontra Everton ini tergolong konyol. Dia melakukan kesalahan saat melakukan tendangan dan dalam posisi yang cukup bebas. Gawang United dibobol Dominc Calvert-Lewin dengan cara yang mudah.

Dominc Calvert-Lewin memberikan tekanan saat David de Gea menguasai bola. Tendangan David De Gea berhasil diblok Dominc Calvert-Lewin dan menjadi gol. Distribusi bola selama ini memang menjadi kelemahan David De Gea.

 

4 dari 6 halaman

3. Desember 2019, vs Watford

Manchester United kalah dari Watford dengan skor 2-0. Hasil menyakitkan bagi Setan Merah. David De Gea punya andil besar atas kekalahan yang dialami United. Dia membuat blunder fatal.

De Gea tidak menangkap bola dengan baik, hingga masuk ke gawang. "Itu kesalahan, itu terjadi di sepak bola dan itulah yang kami latih setiap hari untuk memastikan itu tidak terjadi lagi," bela Solskjaer.

 

5 dari 6 halaman

4. Maret 2019, vs Arsenal

Gelandang Arsenal, Granit Xhaka, sukses membobol gawang Manchester United. Gol ini tidak lepas dari kesalahan David De Gea. Penjaga gawang asal Spanyol itu salah jatuh saat mencoba memblok sepakan Granit Xhaka.

Solskjaer pasang badan atas blunder fatal ini. "David de Gea kecewa setiap kali dia kebobolan gol karena dia adalah penjaga gawang terbaik. Bola itu bergerak sangat aneh sehingga kelihatannya mengarah ke kiri dan berubah arah," belanya.

 

6 dari 6 halaman

5. Juni 2018, vs Portugal

David de Gea menjadi bulan-bulanan atas kegagalan Spanyol di Piala Dunia 2018. Dia dianggap tidak tampil bagus dan membuat banyak kesalahan. Salah satu yang menonjol adalah blunder di laga melawan Portugal.

Pada laga ini, Cristiano Ronaldo tiga kali membobol gawang David de Gea. Satu dari gol penalti, satu dari tendangan bebas, dan satu dari blunder fatal David de Gea.

Mantan penjaga gawang Atletico Madrid itu gagal menangkap bola mendatar hasil tendangan Ronaldo. Padahal, bola mengarah tepat padanya.

Sumber: The Sun

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published: 24/6/2020)

Kabar gembira bagi Sahabat Bola.com yang berstatus penggila sepak bola dan gim FIFA 20. Saksikan keseruan acara BOLA Esports Challenge bersama Andritany Ardhiyasa dan Rezaldi Hehanusa, 25 - 26 Juni 2020. Caranya mudah, cukup KLIK TAUTAN INI ya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid) on

Video Populer

Foto Populer