Sukses


10 Pertandingan Dahsyat Liverpool Penentu Kedigdayaan Era Jurgen Klopp

Bola.com, Liverpool - Liverpool mengunci gelar Premier League 2019-2020 setelah Manchester City kalah dari Chelsea 1-2, Jumat (26/6/2020) dini hari.

Sebelumnya, Liverpool meraih kemenangan 4-0 atas Crystal Palace. Dengan tersisa tujuh laga lagi, Liverpool unggul 23 poin dari City yang menempati posisi dua. Liverpool pun memastikan juara dengan perolehan 86 poin.

Trofi Premier League musim ini membuat fans Liverpool berpesta. Maklum, mereka telah menanti selama 30 tahun untuk merayakan gelar Premier League. 

Terakhir kali Liverpool juara liga pada musim 1989-1990. Liverpool juga belum pernah merasakan juara liga sejak memakai format Premier League yang dimulai pada 1992.

Kini, klub yang bermarkas di Anfield itu menjadi klub ketujuh yang berhasil keluar sebagai juara selama era Premier League. Keenam klub lainnya ialah Manchester United, Chelsea, Manchester City, Arsenal, Blackburn Rovers, dan Leicester City.

BBC Sport memilih 10 pertandingan termagis Liverpool di bawah rezim Jurgen Klopp, yang menjadi penentu langkah mereka dalam setiap ajang.

 

Video

2 dari 11 halaman

Liverpool Vs West Brom (2-2) 13 December 2015

Awal mula ikatan emosional Jurgen Klopp dan suporter Liverpool.

Pertandingan yang digelar di Anflied ini ialah ketika Jurgen Klopp baru menjabat sebagai manajer Liverpool dua bulan.

Dalam laga itu, Divock Origi menyelamatkan Liverpool dari kekalahan dan membawa mereka naik ke posisi sembilan. Setelah laga itu, Klopp dan kubu West Brom panas.

Klopp tidak berjabatan tangan dengan manajer Tony Pulis. Pemain sayap West Brom, James McClean menyebut Klop idiot. Sedangkan Klopp tidak peduli dan fokus pada puluhan ribu fans di stadion.

"Saya ingin menunjukkan bahwa kita benar-benar satu kesatuan. Itu berarti saya tahu saya bertanggung jawab atas kinerja, tetapi orang-orang bertanggung jawab atas atmosfer pertandingan," katanya.

Itu adalah pertama kali ikatan antara Klopp dan pendukung Liverpool terlihat jelas.

3 dari 11 halaman

Liverpool Vs Borussia Dortmund 4-3 (5-4 agg) - 14 April 2016

Liverpool mencetak tiga gol dalam 24 menit terakhir untuk menyingkirkan Borussia Dortmund dari perempat final Liga Europa. Itu adalah suasana yang sensasional di Anfield.

"Itu brilian, luar biasa, emosional," kata Klopp.

"Ketika kami mencetak gol, semua orang bisa melihat sesuatu terjadi di stadion. Anda bisa merasakannya," ucapnya.

Sayangnya, Liverpool kalah di final Liga Europa melawan Sevilla, yang membuat mereka kehilangan tempat di Liga Champions.

4 dari 11 halaman

Liverpool Vs Middlesbrough (3-0), 21 Mei 2017

Liverpool memastikan tempat di Liga Champions setelah kemenangan atas Middlesbrough pada pekan terakhir Premier League 2016-2017. Mereka unggul satu poin atas Arsenal yang berada di tempat kelima dan 17 poin.

"Saya benar-benar menantikan musim depan. Saya pikir kami telah menciptakan pangkalan yang indah," kata Klopp.

"Mereka akan menjadi lebih besar dan lebih baik musim depan," kata pengamat sepak bola, Alan Shearer.

5 dari 11 halaman

Watford Vs Liverpool (3-3) 12 Agustus 2017

Laga ini adalah awal mula mesin pencetak gol Liverpool mengganas.

Sadio Mane dan Roberto Firmino sudah berada di Liverpool masing-masing selama satu dan dua musim ketika Mohamed Salah tiba dari Roma pada 2017. 

Pada laga itu, Mane mencetak gol pertama. Kemudian Firmino (55') dan Salah (57'). Mereka bertiga telah mencetak 211 gol sensasional dalam waktu kurang dari tiga musim (92 untuk Salah, 65 untuk Mane dan 54 untuk Firmino). 

6 dari 11 halaman

Liverpool Vs Everton (2-1) 5 Januari 2018

Debut Virgil van Dijk

Liverpool akhirnya berhasil mendatangkan Virgil van Dijk dari Southampton. Van Dijk menjadi bek termahal di dunia dengan nilai transfer 75 juta poundsterling. 

Laga Liverpool versus Everton di Piala FA menjadi duel debut bek asal Belanda itu. Dia langsung memiliki ikatan emosional dengan suporter The Reds.

7 dari 11 halaman

Real Madrid Vs Liverpool (3-1), 26 Mei 2018

Kedatangan Alisson

Liverpool menjadi bulan-bulanan Real Madrid pada final Liga Champions 2018-2019 di Kiev, Ukraina. Dalam laga itu, Liverpool kalah 1-3.

Tapi, Liverpool membuat satu perubahan penting setelah kalah. Mereka melengserkan Loris Karius yang membuat blunder parah. Sebagai gantinya, Liverpool mendatangkan Alisson Becker dari AS Roma.

Penandatanganan itu mengubah segalanya. The Reds kemudian memenangkan Liga Champions tahun berikutnya dan Premier League musim ini. Alisson hanya kebobolan 51 gol dalam 81 pertandingan.

8 dari 11 halaman

Liverpool Vs Fulham (2-0), 11 November 2018

Lahirnya dinasti full-back.

Setelah Liverpool memecahkan rekor dunia dari transfer Alisson dan Van Dijk, Liverpool membangun dinasti full-back.

Butuh beberapa saat bagi Andy Robertson dan Trent Alexander-Arnold, yang masih berusia 21 tahun, untuk menjadi mesin pembantu seperti sekarang ini.

Laga pertama mereka menghasilkan kemenangan yang cukup mencolok atas Fulham. Alexander-Arnold memberikan assist bagi gol pembuka oleh Mohamed Salah dan Robertson memberi assist untuk gol Xherdan Shaqiri.

Sejak saat itu, termasuk pertandingan kontra Fulham, mereka telah mengumpulkan 40 assist (23 untuk Alexander-Arnold dan 17 untuk Robertson).

9 dari 11 halaman

Liverpool Vs Barcelona (4-0, 4-3 agg), 7 Mei 2019

Liverpool mencetak comeback terbaik sepanjang sejarah Liga Champions dan sepak bola dunia.

Pada leg semifinal Liga Champions 2018-2019, Liverpool babak belur di kandang Barcelona dengan skor 0-3. Namun, mereka berhasil membalikkan keadaan di Anflield dengan menang 4-0.

Comeback fantastis itu semakin mengangkat mental juara pasukan Jurgen Klopp. Mereka akhirnya memenangi Liga Champions setelah menumbangkan Tottenham Hotspur di final.

10 dari 11 halaman

Liverpool Vs Tottenham Hotspur (2-0) - 1 Juni 2019

Pertandingan final Liga Champions 2018-2019 adalah laga magis bagi The Reds. Itu adalah hasil kerja keras luar biasa dan penantian yang panjang.

Dalam laga itu, Liverpool tak tampil maksimal. Namun, gelar tersebut mengobati kekecewaan mereka setelah kalah dari Manchester City dalam perburuan gelar Premier League.

"Itu adalah musim yang intens dengan hasil akhir terindah yang bisa saya bayangkan," kata Klopp.

11 dari 11 halaman

Liverpool Vs Man City (3-1) - 10 November 2019

Liverpool akhirnya kehilangan gelar Premier League pada 2018-19 karena kekalahan 1-2 dari Manchester City pada 3 Januari 2019.

Mereka membalas kekalahan itu pada musim berikutnya, tepatnya di Anfield pada November 2019. Kemenangan atas pasukan Pep Guardiola menjadi satu di antara kunci Liverpool meraih trofi musim ini.

Video Populer

Foto Populer