Sukses


5 Rekor Sulit Premier League yang Dipatahkan Liverpool: The Reds Memang Dahsyat!

Bola.com, Jakarta - Liverpool berhasil menjadi juara Premier League 2019-2020. Sukses ini didapat usai Chelsea menumbangkan Manchester City di Stamford Bridge 2-1 pada Jumat (26/6/2020).

Dengan hasil ini, City kini memiliki poin 63, atau tertinggal 23 poin dari Liverpool. Dengan liga tersisa tujuh pekan lagi, maka raihan poin The Reds sudah tak terkejar lagi.

Ini merupakan gelar juara Premier League pertama bagi Liverpool. Hal itu sekaligus juga mengakhiri penantian panjang The Reds selama 30 tahun untuk merasakan gelar liga.

Liverpool terakhir kali menjadi juara Liga Inggris pada musim 1989-1990. Ketika itu, klub yang bermarkas di Anfield itu ditangani oleh sang legenda Kenny Dalglish.

Setelah itu, The Reds tak pernah lagi merasakan gelar juara liga. Baru pada era Jurgen Klopp mereka bisa mengakhiri puasa gelar tersebut meski harus menunggu selama tiga dekade.

Dalam proses untuk menjadi juara, Liverpool berhasil menorehkan sejumlah rekor. Berikut ini rekor-rekor tersebut seperti dilansir Sports Mole.

Video

2 dari 6 halaman

Juara Premier League Tercepat

Perayaan gelar juara Liverpool sempat tertunda karena pandemi virus corona. Namun, The Reds pada akhirnya berhasil menjadi juara, bahkan dengan kategori yang tercepat.

The Reds masih memiliki tujuh pertandingan tersisa untuk dimainkan musim ini. Mereka mengunci gelar dengan dua pertandingan lebih banyak dari tim lainnya dalam sejarah Premier League.

Liverpool berhasil melewati pencapaian Manchester United musim 2000/2001 dan Manchester City 2017/2018. Mereka menjadi juara ketika kompetisi tersisa 5 pekan lagi.

3 dari 6 halaman

Start Terbaik dalam Semusim

Tidak ada tim dalam sejarah lima liga top Eropa yang tampil luar biasa dalam 31 pertandingan semusim dibandingkan Liverpool. Mereka mengumpulkan 86 poin dari 93 yang tersedia.

Pasukan Jurgen Klopp kehilangan poin hanya sekali dari 27 pertandingan awal mereka. Mereka berhasil mengumpulkan 79 poin dari 81 pada waktu itu sebelum rententan kemenangan mereka berakhir di kandang Watford.

Bahkan dengan kekalahan itu dan hasil imbang berikutnya melawan Everton, Liverpool hanya kehilangan poin dalam tiga pertandingan liga sepanjang musim.

4 dari 6 halaman

Keunggulan Terbesar di Puncak Klasemen

Liverpool saat ini unggul 25 poin di puncak klasemen Premier League. Ini merupakan jarak terbesar antara posisi pertama dan kedua di klasemen.

Apakah The Reds bisa mempertahankan keunggulan sebesar ini hingga akhir musim masih harus dilihat. Namun, posisi mereka di buku rekor untuk kategori ini sudah diamankan.

Kemenangan atas Bournemouth memperlebar jarak hingga 25 poin. Kekalahan Manchester City dari Manchester United di laga derby kemudian membuat The Reds tidak terkejar.

5 dari 6 halaman

Kemenangan Kandang Terbanyak Berturut-turut

Anfield selalu dikenal sebagai benteng yang tangguh selama masa kejayaan Liverpool sebelumnya. Bahkan hal itu tetap terlihat pada era kepemimpinan Jurgen Klopp.

Kemenangan 4-0 atas Crystal Palace kemarin adalah kemenangan kandang ke-23 berturut-turut sejak musim lalu. Itu melewati rekor yang sebelumnya ditetapkan oleh Manchester City di Premier League.

The Reds juga tidak terkalahkan dalam 56 pertandingan liga di Anfield. Itu merupakan terbanyak kedua setelah Chelsea dalam sejarah kasta tertinggi sepak bola Inggris.

6 dari 6 halaman

Tim Tercepat yang Mengalahkan Semua Kontestan di Premier Laegue (24 Laga)

 Liverpool berhasil mengalahkan semua kontestan Premier League musim ini. Kemenangan 2-0 atas West Ham United pada 29 Januari membuat mereka melakukannya hanya pada pertandingan ke-24 musim ini.

Dalam sepanjang sejarah klub, Liverpool belum pernah mengalahkan setiap lawannya dalam satu musim di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Sementara di era Premier League, prestasi ini hanya pernah ditorehkan lima kali.

Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Manchester City. Namun, klub yang bermarkas di Etihad Stadium itu membutuhkan 31 pertandingan.

Sumber asli: Sports Mole

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 26/6/2020)

Video Populer

Foto Populer