Sukses


Sadio Mane Dianggap Lebih Layak Menangi Pemain Terbaik FIFA 2019, Bukan Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Legenda sepak bola Prancis, Alain Giresse, punya pendapat kontroversial soal pemilihan Pemain Terbaik FIFA 2019. Menurutnya, Sadio Mane lebih layak memenangi penghargaan itu dibanding Lionel Messi yang dinobatkan sebagai pemenang. 

Giresse punya alasan khusus di balik komentarnya itu. Dia meyakini bintang Liverpool itu layak meraih penghargaan karena mempelopori generasi yang menapaki level yang belum pernah diraih pemain Afrika di kancah Eropa. 

Tapi, saat pemilihan Sadio Mane bahkan tidak masuk peringkat tiga besar. Messi yang memenangi penghargaan tersebut, kemudia Virgil van Dijk (Liverpool) di posisi kedua, dan peringkat ketiga ditempati Cristiano Ronaldo. Sadio Mane menempati urutan kelima, di belakang rekan setimnya Mohammed Salah. 

"Saya jelas akan menempatkan Sadio Mane di atas Messi, dalam hal apa yang mereka lakukan musim lalu," kata Giresse, seperti dilansir ESPN, Kamis (2/7/2020). 

""Saya tidak menerima kertas suara, jadi bukan saya yang memberikan suara (atas nama Tunisia), saat itu ia menjadi pelatih). Saya tidak bisa mengatakan siapa yang memberikan suara, tetapi bukan saya."

"Ketika saya menjadi pelatih Senegal, Sadio Mane masih muda. Tapi, ia punya potensi besar, potensi teknik dan moral untuk menjadi pemain hebat, seperti saat ini," sambung Giresse.  

 

2 dari 2 halaman

Level Kelas Dunia

Musim lalu, Liverpool yang diperkuat Sadio Mane hanya finis kedua pada Premier League karena kalah bersaing melawan Manchester City. Tapi, The Reds menebusnya dengan tampilan superior pada musim ini. 

Penantian Liverpool merengkuh gelar liga untuk kali pertama dalam 30 tahun akhirnya terwujud. Kepastian The Reds meraih gelar Premier League didapat setelah Manchester City keok dari Chelsea pada pekan lalu. 

Mane menjadi salah satu pemain yang tampil gemilang di tim besutan Jurgen Klopp. Ia menyumbangkan 15 gol dan tujuh assist untuk membantu Liverpool juara meski Premier League masih menyisakan tujuh laga. 

"Saya pernah melatih beberapa pemain hebat, seperti Aubameyang dan Mane. Saya melatih Pierre-Emerick Aubameyang di Timnas Gabon, pada awal pengembangannya, ekspansinya, dan perkembangannya," kata Giresse.  

"Kita semua bisa melihat perjalanannya dan level yang diraihnya sekarang. Kita sedang membicarakan tentang kemungkinan ia pindah ke Real Madrid. Itu menunjukkan bagaimana pemain ini mencapai level kelas dunia, dan Anda bisa bilang hal yang sama soal Mane," tutur dia. 

Sumber: ESPN 

 

Video Populer

Foto Populer