Manchester United Melumat Bournemouth, Greenwood dan Fernandes Gemilang

Oleh Windi.Wicaksono pada 04 Jul 2020, 22:59 WIB
Diperbarui 04 Jul 2020, 23:06 WIB
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford saat mengeksekusi penalti ke gawang Bournemouth di Old Trafford
Penyerang Manchester United (MU), Marcus Rashford saat mengeksekusi penalti ke gawang Bournemouth di Old Trafford, Sabtu (4/7/2020). (Clive Brunskill/Pool via AP)

Jakarta - Manchester United tampil perkasa melumat Bournemouth 5-2 pada pekan ke-33 Premier League di Old Trafford, Sabtu (4/7/2020). Bruno Fernandes dan Mason Greenwood tampil gemilang pada laga itu. 

Junior Stanislas sempat membawa Bournemouth unggul lebih dulu pada menit ke-16, tapi Manchester United langsung membalas dengan tiga gol yakni lewat Mason Greenwood pada menit ke-29, Marcus Rashford melalui titik penalti pada menit ke-35, dan Anthony Martial di pengujung babak pertama.

Joshua King kemudian memperkecil ketinggalan Bournemouth jadi 2-3 di pada menit ke-49. MU menggandakan keunggulan lagi lewat Greenwood pada menit ke-54.

Tendangan bebas Bruno Fernandes pada menit ke-59 mengubah skor menjadi 5-2. Selain menyumbangkan satu gol, Fernandes juga mencatatkan assist pada laga tersebut. 

Kemenangan ini untuk sementara membuat MU menyalip Chelsea ke peringkat keempat setelah mengoleksi 55 poin dari 33 laga. Tapi, Chelsea (54 poin) baru memainkan pertandingan pekan ke-33 mereka dini hari nanti WIB melawan Watford di Stamford Bridge.

Jalannya pertandingan

Manchester United (MU) mencoba menguasai permainan di awal-awal pertandingan. Tapi, lini tengah tuan rumah masih kurang solid untuk membangun serangan.

Bournemouth berusaha menekan melalui serangan balik, tapi lini belakang Setan Merah bisa menghalau. MU mendapat peluang pada menit ke-11, tapi sepakan Bruno Fernandes masih melambung.

Gawang MU yang dikawal David De Gea malah kebobolan lebih dulu pada menit ke-16 setelah Junior Stanislas mengecoh Harry Maguire dan melepaskan tembakan yang berbuah gol. MU tertinggal 0-1 dari Bournemouth.

Tiga menit berselang, MU punya peluang, tapi sundulan Rashford masih bisa diamankan kiper tim tamu, Aaron Ramsdale. MU baru bisa menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-29.

Adalah Mason Greenwood yang mencatatkan namanya di papan skor untuk Setan Merah. Gol itu meningkatkan kepercayaan diri pasukan Ole Gunnar Solskjaer.

MU berbalik unggul pada menit ke-35 melalui eksekusi penalti Marcus Rashford. Penalti didapat tuan rumah setelah bek Bournemouth, Adam Smith melalukan handsball di kotak terlarang.

Jelang babak pertama selesai, penyelesaian akhir yang tenang dari Anthony Martial membuat Manchester United memimpin 3-1 pada menit ke-45+2 usai menerima umpan matang dari Bruno Fernandes. Skor 3-1 bertahan sampai turun minum.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Para pemain Manchester United (MU) merayakan Mason Greenwood ke gawang Bournemouth di Old Trafford
Para pemain Manchester United (MU) merayakan Mason Greenwood ke gawang Bournemouth di Old Trafford, Sabtu (4/7/2020). (Clive Brunskill/Pool via AP)

Bournemouth mengambil inisiatif serangan lebih dulu di babak kedua. Tembakan pemain pengganti Arnaut Groeneveld membentur tiang gawang MU pada menit ke-46.

Tim tamu memperoleh hadiah penalti pada menit ke-49 setelah bek tuan rumah, Eric Bailly, dianggap melakukan handsball di kotak terlarang. Joshua King yang ditunjuk sebagai algojo sukses menuntaskan tugasnya. Skor 3-2 masih untuk keunggulan MU.

Permainan berjalan ketat dan cukup terbuka dan Bournemouth meladeni serangan MU. Pada menit ke-54, Setan Merah mencetak gol keempat mereka ke gawang tim asuhan Eddie Howe.

Memanfaatkan umpan Nemanja Matic, tendangan Greenwood masuk ke gawang Bournemouth. Gol itu sah setelah wasit melihat tayangan VAR terlebih dahulu. Skor berubah menjadi 4-2.

Pada menit ke-59, tendangan bebas yang indah dari Bruno Fernandes sukses menggetarkan jala gawang Bournemouth dan membuat MU sekarang memimpin 5-2.

Tuan rumah masih terus menekan Bournemouth walaupun sudah unggul dengan selisih tiga gol. Rashford dan Martial memperoleh peluang, tapi belum menambah keunggulan MU.

Bournemouth sesekali berupaya membongkar pertahanan MU, tapi Harry Maguire dan kawan-kawan tampil lebih disiplin di pengujung pertandingan. Skor 5-2 tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Susunan Pemain MU Vs Bournemouth

Manchester United: De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof (Bailly 46'), Maguire, Shaw; Matic (Fred 67'), Pogba; Greenwood (D. James 75'), Fernandes, Rashford (Ighalo 80'); Martial (Mata 80').

Bournemouth: Ramsdale; Rico, Ake, Kelly, Smith (Stacey 77); Stanislas (Gosling 66'), L. Cook (H. Wilson 66'), Lerma, Brooks (Groeneveld 46'); King, Solanke (Billing 66').

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Windi Wicaksono/Editor Achmad Yani Yustiawan, published: 4/7/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓
10 Bek Termahal yang Pernah Dibeli Manchester City, Termasuk Nathan Ake