BERITA INFOGRAFIS: Bruno Fernandes, Gelandang Pencipta Keajaiban di Manchester United

Oleh Adreanus Titus pada 12 Jul 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 12 Jul 2020, 10:00 WIB
Manchester United - Bruno Fernandes
Manchester United - Bruno Fernandes (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Bruno Fernandes tak butuh waktu lama untuk memenangi hati fans Manchester United. Sejak kedatangannya ke Old Trafford dari Sporting Lisbon pada Januari 2020, Fernandes telah menciptakan berbagai keajaiban di Manchester United. 

Ia bahkan tak butuh waktu untuk beradaptasi. Bruno Fernandes bagaikan jawaban instan untuk permasalahan akut Manchester United yang bermasalah dengan kreativitas, daya juang, hingga konsistensi. Pemain Portugal itu berhasil mengubah atmosfer Old Trafford dengan gairah besarnya, kegigihan, dan juga kreativitasnya di lapangan. 

Meski sepak bola sempat dihentikan sementara akibat pandemi virus corona, Bruno Fernandes cepat beradaptasi dengan skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Ia terus menampilkan performa di level tertinggi.

Bruno Fernandes sudah mengemas tujuh gol dan enam assists di semua kompetisi bersama Manchester United. Selain itu, dia juga membawa Setan Merah tak terkalahkan dalam 17 pertandingan beruntun. Sejak Bruno Fernandes datang, Manchester United tak pernah kalah. Benar-benar istimewa! 

Kehebatan Bruno Fernandes mendapat pengakuan dengan terpilih sebagai Pemain Terbaik Premier League edisi Februari dan Juni. Mengingat Maret hingga Mei tak ada pemilihan pemain terbaik, Bruno dianggap memenangi penghargaan itu dua bulan beruntun.  

Bruno Fernandes berhasil menyamai torehan Cristiano Ronaldo yang merupakan koleganya di Timnas Portugal sekaligus mantan pemain Manchester United. Fernandes menjadi pemain pertama MU yang memenangi penghargaan itu dua bulan beruntun sejak Ronaldo. Tak salah ia dijuluki "Portuguese magnifico" atau "Si Portugal yang hebat". 

Kehadiran Bruno Fernandes inilah yang membuat fans Manchester United bersemangat lagi. Gairah serupa juga dirasakan legenda Setan Merah, Ryan Giggs. Pria asal Wales itu mengaku bersemangat lagi menyaksikan pertandingan Manchester United sejak kedatangan Bruno Fernandes. Menurutnya, satu di antara kehebatan Fernandes adalah keberanian mengambil risiko.

2 dari 2 halaman

Statistik Bruno Fernandes

Statistik Bruno Fernandes
Statistik Bruno Fernandes (Bola.com/Adreanus Titus)

Bruno Fernandes dinilai bisa menjadi solusi ampuh untuk Manchester United dalam urusan gol dan assists dari lini tengah. Saat ini, ia bisa dikatakan sebagai salah satu gelandang terproduktif di Eropa dan Manchester United membutuhkannya untuk menambah variasi bermain dari lini tengah.

Selama berkiprah sebagai pesepak bola profesional, Bruno Fernandes total mengkoleksi 96 gol dan 77 assists dari 316 kali penampilan atau setara dengan 23.104 menit bermain di semua ajang kompetisi.

Bruno Fernandes pernah bermain di beberapa posisi, mulai dari gelandang tengah dan serang, sayap kiri, hingga second striker. Posisi bermain ideal Fernandes adalah sebagai gelandang serang. Ia amat produktif di posisi ini dengan lesakan 54 gol dan 52 assists dari 142 total penampilan bersama klub serta Timnas Portugal.

Bruno Fernandes juga cukup produktif saat beroperasi sebagai gelandang tengah dengan torehan 23 gol plus 23 assists dari 82 total pertandingan.

Masih berusia 25 tahun, Bruno Fernandes punya cukup pengalaman bermain di level klub. Dia dua tahun bermain di Sporting Lisbon, sebelumnya juga membela Udinese (2013-2016) dan Sampdoria (2016-17). Kendati kultur bermain Italia dan Inggris berbeda, Bruno Fernandes ternyata bisa beradaptasi dengan baik di Manchester United. 

Bruno Fernandes telah menciptakan berbagai keajaiban di Manchester United dan tampaknya akan terus melaju kencang.   

 

Lanjutkan Membaca ↓