5 Harta Karun Manchester United yang Dimatangkan di Liga Portugal: Mulai dari Cristiano Ronaldo hingga Bruno Fernandes

Oleh Liputan6.com pada 14 Jul 2020, 10:50 WIB
Diperbarui 14 Jul 2020, 10:50 WIB
Statistik Bruno Fernandes
Statistik Bruno Fernandes (Bola.com/Adreanus Titus)

Jakarta - Manchester United (MU) cukup sering berurusan dengan tim divisi Liga Primeira Portugal dalam hal transfer pemain. Terbaru, klub berjuluk Setan Merah itu memboyong Bruno Fernandes pada bulan Januari 2020.

Bruno Fernandes direkrut MU dari Sporting Lisbon dengan nilai transfer mencapai 67,6 juta pounds. Harga semahal itu jarang terlihat pada bursa transfer musim dingin. Namun, the Red Devils harus merogoh kocek besar karena membutuhkan jasanya.

Setiap koin uang yang dikeluarkan MU untuk merekrut Bruno Fernandes tidak sia-sia. Sebab, gelandang serang berusia 25 tahun tersebut memberikan dampak positif terhadap klub.

Semenjak Bruno Fernandes datang, MU belum menelan kekalahan. Mereka bahkan bisa menembus tiga besar andai mampu mengalahkan Southampton pada Selasa (14/7/2020) dini hari nanti.

Bruno Fernandes bukan pemain pertama yang didatangkan MU dari Liga Primeira. Sedikitnya ada lima kali the Red Devils berurusan dengan klub-klub Portugal. Simak informasi selengkapnya dari Planet Football di bawah ini.

2 dari 7 halaman

Victor Lindelof

Manchester United (MU)
Bek Manchester United (MU) Victor Lindelof dan manajer Ole Gunnar Solskjaer tersenyum usai mengalahkan Watford 3-0 pada pekan ke-27 Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (23/2/2020). (Martin Rickett / PA via AP)

Lindelof didatangkan Manchester United pada 2017 lalu, tepatnya saat Jose Mourinho masih menjabat sebagai manajer. Ia direkrut dari Benfica dengan harga 45 juta euro.

Sayangnya, ia gagal memberikan impresi positif kepada publik pada musim debutnya. Konsistensi menjadi masalah Lindelof sehingga dirinya kerap bolak-balik menduduki bangku cadangan.

Begitu Ole Gunnar Solskjaer datang, Lindelof menjelma jadi bek utama Manchester United. Kerja samanya dengan Harry Maguire tergolong apik, dan kini sering muncul di starting XI ketimbang menjadi pemain pengganti.

3 dari 7 halaman

Anderson

img_anderson-150312.jpg
Gelandang Manchester United (MU) Anderson pada laga lanjutan Liga Premier melawan Manchester City di Old Trafford, Manchester, 23 Oktober 2011. (AFP PHOTO/ANDREW YATES)

Cedera memang selalu menjadi momok bagi banyak pemain sepak bola, tidak terkecuali Anderson. Ia direkrut dari Porto pada tahun 2007 lalu dan digadang-gadang sebagai kandidat suksesor sang legenda, Paul Scholes.

Kualitasnya patut diacungi jempol, walaupun dirinya masih muda saat datang ke Old Trafford. Karena potensinya dinilai sangat besar, tak ayal kalau pemain asal Brasil tersebut bisa mendapatkan trofi Golden Boy pada tahun 2008.

Sayangnya, cedera merenggut karir Anderson yang gemilang di Manchester United. Pada tahun 2014, ia meninggalkan MU dengan membawa empat trofi Premier League serta satu dari ajang Liga Champions.

Bruno Fernandes Selamatkan Manchester United dari Kekalahan di Kandang Tottenham
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Tottenham Hotspor pada laga lanjutan Premier League 2019/20 di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (20/6/2020) dini hari WIB. Manchester United bermain imbang 1-1 atas Tottenham. (AFP/Glyn Kirk/pool)
4 dari 7 halaman

Bruno Fernandes

Seperti halnya Lindelof, aksi Bruno Fernandes masih bisa disaksikan oleh fans Manchester United saat ini. Pemain berkebangsaan Portugal itu menunjukkan performa yang gemilang meski baru bergabung dengan Marcus Rashford dkk.

Sampai sekarang, Bruno Fernandes sudah mencatatkan total tujuh gol dan enam assist dari 10 penampilannya dalam ajang Premier League. Salah satu golnya disarangkan ke gawang Aston Villa pada akhir pekan kemarin.

Dengan performa yang sekarang, besar kemungkinan Bruno Fernandes akan kembali dimainkan saat Manchester United bertemu Southampton. Pertandingan tersebut akan digelar di Old Trafford.

5 dari 7 halaman

Luis Nani

Luis Nani
Luis Nani saat merayakan gol kelima MU atas Arsenal pada 2011 lalu (ANDREW YATES / AFP)

Nani bergabung dengan Manchester United pada tahun 2007. Sama seperti Bruno Fernandes, ia juga direkrut dari Sporting Lisbon namun dengan harga yang lebih murah, yakni 17 juta pounds saja.

Semasa berkarir di Manchester United, Nani kerap menjadi sasaran kritikan publik karena penampilan yang inkonsisten. Namun, ia mampu membukukan 40 gol dan menyajikan 73 assist dalam delapan tahun karirnya di Old Trafford.

Nani meninggalkan Manchester United sejak tahun 2015 lalu. Sekarang ia masih aktif bermain bersama salah satu peserta Major League Soccer (MLS), Orlando City.

6 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dan Penjualan Pemain Termahal Manchester United
Cristiano Ronaldo (94 juta euro) - Cristiano Ronaldo menjadi penjualan termahal Manchester United hingga saat ini. Manchester United menjual Ronaldo ke Real Madrid dengan nilai tranfser 94 juta euro pada 2009. (AFP/Paul Ellis)

Sudah pasti, nama Cristiano Ronaldo menempati peringkat pertama dalam daftar rekrutan terbaik Manchester United dari Liga Portugal. Seperti Bruno Fernandes dan Nani, ia pun direkrut dari Sporting Lisbon.

Manchester United mendeteksi potensi Ronaldo dalam laga pra-musim kontra Sporting Lisbon pada tahun 2003 lalu. Pada pertandingan tersebut, Ronaldo membuat John O'shea jatuh bangun untuk mengawalnya.

Sekarang Ronaldo dikenal sebagai salah satu pemain terbaik di dunia dan sedang memperkuat Juventus. Sebelum pergi, Ronaldo sempat menyumbangkan 118 gol, sembilan gelar, serta meraih satu trofi Ballon d'Or di Old Trafford.

Sumber asli Planet Football

Disadur dari: Bola.net (Penulis Yaumil Azis, Published 13/7/2020)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Manchester United di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓