Pesona Bruno Fernandes dan 5 Bintang asal Portugal yang Berkiprah di Manchester United: Hanya Seorang yang Gagal Total

Oleh Ario Yosia pada 14 Jul 2020, 11:50 WIB
Diperbarui 14 Jul 2020, 11:50 WIB
Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo dan Nani
Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo dan Nani. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Bruno Fernandes kini jadi punjaan baru di Manchester United. Sejak didatangkan dari Sporting CP pada jendela transfer musim dingin, Januari 2020, Bruno Fernandes menunjukkan performa menawan yang berdampak besar pada Tim Setan Merah.

Sejauh ini, gelandang serang berkebangsaan Portugal itu telah membukukan tiga gol dan tiga assist dari enam penampilan di Premier League atau kompetisi kasta teratas Liga Inggris.

Meski kini menjadi pujaan baru publik Old Trafford, ternyata Fernandes pernah menyimpan poster Stephen Ireland yang notabene mantan pemain tim rival sekota Manchester United, Manchester City.

"Ketika masih anak-anak, Fernandes berkata kepada saya bahwa ia menyimpan poster saya," ungkap Ireland, dikutip dari Goal International, Rabu (24/6/2020).

Fernandes rupanya benar-benar mengidolai sosok Stephen Ireland yang pernah berseragam Manchester City pada periode 2005–2010. Selain menyimpan poster Ireland, Fernandes juga memainkan mantan bintang Irlandia itu di gim Football Manager.

"Ketika bermain Football Manager, dia juga merekrut saya. Ketika tahu itu, saya seolah ingin berkata, 'Kamu punya posterku? Kamu juga membeliku di Football Manager? Maksud saya, itu adalah hal yang sangat aneh bagi saya," ucap Ireland.

Pastinya, Bruno Fernandes telah membuktikan bahwa Manchester United tidak salah mendatangkannya. Manchester United harus merogoh kocek sebesar 55 juta euro (Rp 877 miliar) untuk memboyong Fernandes ke Old Trafford.

Namun, harga mahal yang dikeluarkan Man United tampak sebanding dengan kualitas yang diperlihatkan gelandang serang berusia 25 tahun itu. Dari sembilan pertandingan Premier League yang dilalui Manchester United bersama Fernandes, klub berjuluk Setan Merah itu tidak pernah mengalami kekalahan.

Bruno Fernandes bukan pemain asal Portugal pertama yang berkiprah di Manchester United. Sebelumnya ada Cristiano Ronaldo dan beberapa pemain lainnya. Simak kisah mereka di bawah ini.

2 dari 7 halaman

Luiz Nani

Luis Nani (AFP PHOTO/CARL DE SOUZA)
Luis Nani (AFP PHOTO/CARL DE SOUZA)

Nani bergabung dengan Manchester United pada tahun 2007. Sama seperti Bruno Fernandes, ia juga direkrut dari Sporting Lisbon namun dengan harga yang lebih murah, yakni 17 juta pounds saja.

Semasa berkarier di Manchester United, Nani kerap menjadi sasaran kritikan publik karena penampilan yang inkonsisten. Namun, ia mampu membukukan 40 gol dan menyajikan 73 assist dalam delapan tahun karirnya di Old Trafford.

Nani meninggalkan Manchester United sejak tahun 2015 lalu. Sekarang ia masih aktif bermain bersama salah satu peserta Major League Soccer (MLS), Orlando City.

3 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo

Pemain yang Seharusnya Dipertahankan Manchester United
Cristiano Ronaldo (AFP/Paul Ellis)

Sudah pasti, nama Cristiano Ronaldo menempati peringkat pertama dalam daftar rekrutan terbaik Manchester United dari Liga Portugal. Seperti Bruno Fernandes dan Nani, ia pun direkrut dari Sporting Lisbon.

Manchester United mendeteksi potensi Ronaldo dalam laga pra-musim kontra Sporting Lisbon pada tahun 2003 lalu. Pada pertandingan tersebut, Ronaldo membuat John O'shea jatuh bangun untuk mengawalnya.

Sekarang Ronaldo dikenal sebagai salah satu pemain terbaik di dunia dan sedang memperkuat Juventus. Sebelum pergi, Ronaldo sempat menyumbangkan 118 gol, sembilan gelar, serta meraih satu trofi Ballon d'Or di Old Trafford.

4 dari 7 halaman

Bebe

Pemain Portugal yang pernah di Manchester United
Bebe (AFP/Andrew Yates)

Pemain berposisi winger ini datang ke Manchester United pada 2010, bersamaan dengan Javier Hernandez dan Chris Smalling. Bebe menghabiskan waktu selama empat tahun di Old Trafford. Namun waktunya lebih banyak dihabiskan sebagai pemain pinjaman.

Selama empat tahun, Bebe hanya mencatatkan tujuh penampilan dengan mencetak dua gol. Sir Alex Ferguson, manajer yang membeli Bebe mengaku tertipu karena melihat performanya hanya lewat sebuah video.

 

5 dari 7 halaman

Joel Pereira

Manchester-United-Real-Salt-Lake-Romelu-Lukaku
Kiper Manchester United Joel Castro Pereira gagal menghalau bola tendangan gelandang Real Salt Lake, Luis Silva (20) pada pertandingan persahabatan di Sandy, Utah (18/7). MU menang 2-1 atas Real Salt Lake. (AP Photo / Rick Bowmer)

Joel Pereira merupakan produk akademi MU. Dia menembus tim senior Setan Merah pada 2017. Debutnya pun saat membela MU melawan Wigan Athletic di Piala FA.

Sayangnya, dia baru tiga kali berada di bawah mistar gawang Manchester United karena kalah bersaing dengan David De Gea dan Sergio Romero. Joel Pereira sendiri sudah menjalani lima kali masa pinjaman selama berseragam Setan Merah.

6 dari 7 halaman

Diogo Dalot

Diogo Dalot
Bek Manchester United asal Portugal, Diogo Dalot. (AFP/Fabrice Coffrini)

Pada 2017, saat masih dinakhodai Jose Mourinho, Manchester United mendatangkan Diogo Dalot, bek muda asal Portugal. Hingga saat ini, dia telah mencatatkan 29 pertandingan dan mencetak satu gol.

Gol pertamanya itu dicetak saat Manchester United menang 6-0 atas Tranmere Rovers di babak keempat Piala FA, beberapa waktu lalu. Saat ini, Dalot merupakan pemain pelapis dari bek kanan MU, Aaron Wan-Bissaka.

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Highlights Mola TV: Manchester United 0 vs 0 Chelsea | Liga Inggris | (24/10/2020)