Sukses


Mark Viduka dan 5 Bintang yang Pernah Diorbitkan Leeds United di Premier League

Bola.com, Jakarta - Leeds United is back! Setelah 16 tahun mendekam di kasta bawah, tim pemilik tiga gelar kasta teratas Liga Inggris ini kembali ke Premier League.

Leeds United promosi ke Premier League setelah menjuarai EFL Championship atau strata kedua dalam piramida sepak bola di Inggris. Saat kompetisi menyisakan dua pertandingan, armada Marcelo Bielsa ini telah dinobatkan sebagai kampiun.

Sebenarnya, Leeds United bukan tim sembarangan. Klub berjulukan The Whites ini pernah disegani di Negeri Ratu Elizabeth pada belasan dan puluhan tahun silam.

Kali terakhir Leeds United berkancah di Premier League adalah musim 2002-2003. The Withes terpaksa turun kasta setelah terdampar di peringkat ke-19 dari 20 peserta.

Era 1990-an dan 2000-an, tepatnya sebelum terdegradasi, Leeds United pernah mengorbitkan banyak pemain yang kelak menjadi bintang Premier League. Satu di antaranya ialah Mark Viduka.

Mantan pemain asal Australia ini mudah dikenali karena perawakannya yang gempal dan besar. Viduka membela Leeds United dalam empat musim pada 2000-2004.

Selama memperkuat Leeds United, Viduka mencatatkan 159 penampilan dan mencetak 68 gol. Ketika The Whites terdegradasi pada 2004, mantan kapten Timnas Australia ini hijrah ke Middlesbrough.

Berikut lima pemain lainnya:

Video

2 dari 6 halaman

Eric Cantona

Erick Cantona memang dikenal sebagai legenda Manchester United. Namun, mantan pemain berusia 54 tahun itu mengawali debutnya di Inggris bersama Leeds United pada musim 1991-1992.

Baru juga datang, Cantona langsung berhasil membawa Leeds United menjuarai Football League First Division atau kasta teratas Liga Inggris sebelum digantikan oleh Premier League.

Baru satu setengah musim di Leeds United, Manchester United membajaknya ke Old Trafford pada akhir 1992 dan mengakhiri kariernya di sana.

Transfermarkt mencatat, selama satu setengah musim di Elland Road, Cantona membukukan 27 penampilan. Dari jumlah itu, mantan pemain yang banting setir menjadi aktor ini mengemas 13 gol dan satu assist.

3 dari 6 halaman

Jimmy Floyd Hasselbaink

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa Jimmy Floyd Hasselbaink pernah berseragam Leeds United. Pasalnya, mantan pemain asal Belanda itu begitu identik dengan Chelsea.

Leeds United adalah klub Inggris pertama yang dibela Hasselbaink. Pria berusia 48 tahun itu bergabung dengan The Withes dari Boavista pada 1997.

Dua musim bersama Leeds United, Hasselbaink tampil tajam dengan mencatatkan 34 gol dari 88 penampilan. Pada 1999, mantan penyerang kelahiran Paramaribo, Suriname ini dibeli oleh Atletico Madrid.

4 dari 6 halaman

Rio Ferdinand

Rio Ferdinand memang besar di West Ham United. Namun, mantan bek asal Inggris ini matang di Leeds United.

Ketika pindah ke Leeds United, Ferdinand memecahkan nilai transfer di Inggris sekaligus bek termahal di dunia. Pada pengujung 2000, The Withes membelinya seharga 18 juta pounds.

Satu setengah musim di Elland Road, Manchester United rela merogoh kocek setinggi 20 juta pounds untuk kembali mengukuhkan rekornya sebagai pemain termahal di Inggris.

Manchester United jatuh hati kepada sang pemain setelah Ferdinand tampil memukau di Leeds United. Mantan pemain berusia 41 tahun itu mampu membukukan 71 pertandingan untuk The Withes.

5 dari 6 halaman

Harry Kewell

Bersama Mark Viduka di era 2000-an, Harry Kewell menjadi ikon sepak bola Australia di Premier League.

Kewell bermain bareng dengan Viduka di Leeds United. Namun, mantan pemain berusia 41 tahun ini pindah lebih dulu dari Elland Road pada 2003 setelah menerima pinangan Liverpool.

Ciri khas yang paling diingat dari Kewell adalah kaki kirinya. Bermain di posisi gelandang sayap, umpan-umpan dari mantan personil Timnas Australia ini dikenal akurat.

Berseragam Leeds United selama empat tahun mulai dari 1996 hingga 2003, Kewell menorehkan 220 pertandingan dan mencatatkan 55 gol serta sembilan assist.

6 dari 6 halaman

Alan Smith

Sebenarnya, yang membuat Alan Smith menonton ketika beraksi di lapangan hijau bukan karena permainannya. Melainkan rambutnya yang berwarna pirang.

Rambut pirang semi gondrong Smith begitu mencuri perhatian tatkala dirinya bermain bersama Leeds United. Meski begitu, performanya tidak perlu diragukan.

Smith menjadi tandem sehati Viduka di Leeds United. Bermain untuk The Withes pada 212 pertandingan dalam kurun waktu 1998-2004, mantan pemain berusia 39 tahun itu mengemas 52 gol dan empat assists.

Saat Leeds United turun kasta, Smith hengkang ke Manchester United. Di sana, mantan pemain Timnas Inggris ini mengalami perubahan posisi. Sir Alex Ferguson memaksanya tampil sebagai gelandang bertahan.

Video Populer

Foto Populer