David de Gea Tak Segarang Dulu Lagi, Saatnya Manchester United Percayakan Dean Henderson

Oleh Gregah Nurikhsani pada 20 Jul 2020, 02:58 WIB
Diperbarui 20 Jul 2020, 02:58 WIB
Manchester United Vs Manchester City
Kiper Manchester United, David de Gea, tampak lesu usai ditaklukkan Manchester City pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Rabu, (24/4). Manchester United takluk 0-2 dari Manchester City. (AP/Jon Super)

Bola.com, Jakarta - Dua ikon sepak bola Inggris, Alan Shearer dan Phil Neville buka suara terkait penampilan buruk David de Gea pada saat Manchester United bersua Chelsea dalam semifinal Piala FA, Senin (20/7/2020) dini hari WIB.

David de Gea melakukan tak cuma satu blunder, melainkan tiga sekaligus. Manchester United pun bertekuk lutut di hadapan Chelsea dengan skor 1-3.

Phil Neville yang pernah membela Manchester United pada era 90-an dan awal 2000-an merasa performa De Gea sudah jauh menurun. Padahal, kiper asal Spanyol itu pernah meraih empat gelar Player of the Year.

"De Gea yang sekarang sudah tidak sama lagi, tidak seperti yang kita kenal, De Gea yang memenangi empat gelar Player of The Year dari lima kali nominasi," kata Phil Neville kepada BBC.

"Dia membuat kesalahan, dan kalau Anda lihat tiga gol yang bersarang malam ini, pastilah Anda yakin De Gea seharusnya bisa mencegah gol tersebut,."

"Kalau saya jadi Solskjaer, sekarang saya sudah pasti panik. Level permainan David de Gea sudah jauh menurun, dia tak lagi konsisten," ujarnya lagi.

 

2 dari 4 halaman

Alan Shearer Pilih Henderson

Dean Henderson Sheffield United
Dean Henderson adalah kiper muda yang tampil gemilang bersama Sheffield United. (AFP/Glyn Kirk)

Pernyataan lebih konkrit dilontarkan eks penyerang Newcastle United dan Timnas Inggris, Alan Shearer. Menurutnya, lebih baik Manchester United memilih Dean Henderson di bawah mistar gawang ketimbang David de Gea.

"Saat kiper melakukan satu blunder atau dua, okelah, masih bisa dikasih kesempatan," kata Shearer.

"Tapi sekarang sudah saatnya buat Dean Henderson," kata Shearer.

 

3 dari 4 halaman

Siapa Dean Henderson?

Dean Henderson Sheffield United
Namun baru-baru ini pernyataan yang sangat berani diungkapkan oleh kiper muda itu. Dia mengaku hanya mau kembali ke Manchester United jika ditempatkan sebagai kiper utama menggantikan David de Gea. (AFP/Glyn Kirk)

Dean Henderson merupakan kiper Manchester United yang dipinjamkan ke Sheffield United. Ia merupakan produk asli akademi klub, namun sejak 2015-2016 hingga sekarang, ia lebih selalu dipinjamkan ke klub lain.

Musim depan, Dean Henderson bakal kembali ke Manchester United setelah masa peminjamannya sejak musim 2018-2019 di Sheffield United berakhir per musim ini.

Penjaga gawang berusia 23 tahun itu bermain sangat baik musim ini, bahkan digadang-gadang bakal menjadi kiper terbaik Premier League 2019-2020.

Melihat inkonsistensi David de Gea, ditambah tak jelasnya nasib Sergio Romero di bangku cadangan, tampaknya manajemen Manchester United wajib menimbang Dean Henderson di skuat utama musim depan.

Sumber: BBC

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓