Dipermalukan Aston Villa, Arsenal Dinilai Minim Kreativitas

Oleh Rizki Hidayat pada 22 Jul 2020, 09:15 WIB
Diperbarui 22 Jul 2020, 09:15 WIB
Arsenal Kalahkan Liverpool di Emirates Stadium
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, memberikan arahan kepada pemainnya saat menghadapi Liverpool pada laga lanjutan Premier League pekan ke-36 di Emirates Stadium, Kamis (16/7/2020) dini hari WIB. Arsenal menang 2-1 atas Liverpool. (AFP/Paul Childs/pool)

Bola.com, Birmingham - Manajer Arsenal, Mikel Arteta, menyebut timnya minim kreativitas saat menelan kekalahan 0-1 dari Aston Villa pada laga pekan ke-37 Premier League, Rabu (22/7/2020) dini hari WIB.

Bermain di Villa Park, The Gunners menguasai jalannya pertandingan. Berdasarkan statistik di situs resmi Premier League, Arsenal mencatatkan 68,9 persen penguasaan bola, berbanding 31,1 persen milik Aston Villa.

Meski tampil dominan, Tim Meriam London kesulitan menembus rapatnya barisan belakang The Villa. Arsenal hanya melepaskan tujuh tembakan tanpa ada satu pun yang mengarah ke gawang.

Di sisi lain, Aston Villa memperoleh tiga peluang bagus dari delapan kesempatan. The Villa akhirnya sukses mencetak gol pada menit ke-27 lewat aksi Trezeguet.

Kekalahan 0-1 ini membuat Arsenal gagal melanjutkan tren positif. Dalam dua laga sebelumnya, Tim Gudang Peluru meraih kemenangan 2-1 atas Liverpool di Premier League dan membungkam Manchester City dengan skor 2-0 pada laga semifinal Piala FA.

Takluk dari Aston Villa mengakibatkan Arsenal masih terdampar di peringkat 10 klasemen sementara Premier League dengan nilai 53. Adapun Aston Villa di urutan ke-17 dengan koleksi 34 poin.

 

2 dari 3 halaman

Minim Kreativitas

Mikel Arteta
Manajer Arsenal, Mikel Arteta, menyebut absen di kompetisi Eropa musim depan jadi pukulan besar buat timnya. (AFP/Julian Finney)

Mikel Arteta mengakui keunggulan Aston Villa yang tampil dengan semangat juang tinggi. Namun, Arteta juga tak menampik jika performa anak asuhnya minim kreativitas.

"Ini lah sepak bola dan setiap pertandingan benar-benar berbeda. Pertama-tama, saya akan memberi selamat kepada Villa atas performa mereka dan kemenangan di bawah tekanan untuk berjuang lolos dari zona degradasi, dan bagi kami laga ini merupakan minggu yang sangat emosional dan menuntut fisik," ujar Arteta.

"Kami sudah mencoba semuanya. Saya merasa Anda tidak bisa menyalahkan upaya para pemain, tetapi setelah kebobolan kami perlu menemukan cara untuk menyerang mereka dengan lebih baik di sepertiga akhir lapangan, dan kami tidak memiliki kreativitas dan umpan silang serta penyelesaian akhir," lanjut eks gelandang Arsenal itu.

Sumber: Arsenal

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓