Drama 8 Gol, Liverpool Bungkam Chelsea di Stadion Anfield

Oleh Rizki Hidayat pada 23 Jul 2020, 04:14 WIB
Diperbarui 23 Jul 2020, 05:26 WIB
Liverpool Vs Chelsea
Liverpool meraih kemenangan 5-3 atas Chelsea pada laga pekan ke-37 Premier League di Stadion Anfield, Kamis (23/7/2020) dini hari WIB. (AFP/Laurence Griffiths)

Bola.com, Liverpool - Liverpool meraih kemenangan 5-3 atas Chelsea pada laga pekan ke-37 Premier League di Stadion Anfield, Kamis (23/7/2020) dini hari WIB.

Hasil ini tak mengubah apapun untuk The Reds yang kukuh berada di puncak klasemen dengan 96 poin, dan berhak atas titel juara Premier League 2019-2020. Adapun untuk The Blues, kekalahan tersebut membuat posisi mereka di empat besar klasemen terancam.

Chelsea tertahan di peringkat ke-4 dengan 63 poin, kalah selisih gol dari Manchester United. Empat besar masih sangat ketat, Chelsea pantang terpeleset lagi pada pertandingan terakhir nanti.

Bermain di kandang sendiri, Liverpool langsung tampil menyerang. Meski begitu, Chelsea mampu mengimbangi permainan skuat Si Merah dalam 15 menit pertama.

Pada menit ke-23, Liverpool mampu unggul lebih dulu. Naby Keita menyambut bola liar dengan tendangan jarak jauh yang keras menghujam gawang Kepa Arrizabalaga. Gol! Liverpool 1-0 Chelsea.

Gol pertama The Reds terjadi tepat sebelum jada minum air. Setelahnya The Reds bermain kian nyaman. Chelsea lebih defensif, tetapi siap melancarkan serangan balik.

Masuk menit ke-38, gol kedua Liverpool tiba. Trent Alexandre-Arnold mengeksekusi tendangan bebas dengan sempurna. Bola mati tepat di luar kotak penalti, Alexandre-Arnold mengirimnya melengkung ke sudut kanan atas gawang lawan. Gol! Liverpool 2-0 Chelsea.

Kebobolan yang kedua kalinya membuat Chelsea kelimpungan. Pertahanan The Blues belum siap ketika Liverpool mencetak gol ketiga pada menit ke-43.

Andy Robertson mengeksekusi tendangan sudut di sisi kiri, yang bisa dikontrol Mohamed Salah di dalam kotak penalti. Winger Mesir itu kemudian menyodorkan bola kepada Wijanldum yang menyambutnya dengan sepakan keras.

Gol ini tampak akan menjadi penutup babak pertama. Namun ternyata, Chelsea berhasil mencuri satu gol pada menit terakhir.

Alisson gagal membendung bola hasil sepakan Willian dengan sempurna. Bola muntah kemudian disambar Olivier Giroud dengan sepakan jarak dekat. Sampai babak pertama berakhir, Liverpool 3 Chelsea 1.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Liverpool Vs Chelsea
Liverpool meraih kemenangan 5-3 atas Chelsea pada laga pekan ke-37 Premier League di Stadion Anfield, Kamis (23/7/2020) dini hari WIB. (AFP/Laurence Griffiths)

Pertandingan dimulai kembali, Liverpool hanya butuh 10 menit untuk kembali mencetak gol. Pada menit ke-55, Alexander-Arnold mengirim umpan silang ke area terlarang.

Di sana sudah ada Roberto Firmino yang menunggu untuk menanduk bola ke gawang Kepa. Liverpool memimpin 4-1 atas Chelsea.

Pertandingan jadi milik Liverpool. The Blues kesulitan menciptakan peluang. Frank Lampard pun membuat sejumlah perubahan, Tammy Abraham dan Christian Pulisic masuk, Giroud dan Willian keluar.

Hanya butuh dua menit, Pulisic dan Abraham membuat kombinasi yang melahirkan gol kedua Chelsea pada menit ke-61. Pulisic berlari melewati banyak pemain Liverpool, lalu mengirim bola untuk Giroud yang tinggal mendorongnya ke gawang Alisson.

Pulisic benar-benar membuktikan diri setelah masuk sebagai pengganti. Pada Menit ke-73, Pulisic memaksimalkan operan Hudson-Odoi untuk melepas tembakan melengkung ke sudut kanan atas gawang Alisson. Gol! Liverpool 4-3 Chelsea, pertandingan masih terbuka.

Ketika pertandingan berjalan 84 menit, serangan balik Liverpool berjalan cepat. Robertson berlari di kiri dan mengirim umpan silang rendah ke dalam kotak terlarang. Di sana sudah ada Oxlade-Chamberlain yang siap menyambut bola untuk menjebol gawang Kepa.

Tidak ada gol tambahan hingga ujung laga. Wasit meniup peluit berbunyi panjang tanda laga usai, skor 5-3 menyempurnakan seremoni trofi Liverpool.

3 dari 4 halaman

Susunan pemain:

Premier League - Liverpool Vs Chelsea
Premier League - Liverpool Vs Chelsea (Bola.com/Adreanus Titus)

Liverpool (4-3-3): 1-Alisson; 66-Trent Alexander-Arnold, 4-Virgil van Dijk, 12-Joe Gomez, 26-Andy Robertson; 8-Naby Keita (48-Curtis Jones 66'), 3-Fabinho, 5-Georginio Wijnaldum (7-James Milner 66'); 11-Mohamed Salah (15-Alex Oxlade-Chamberlain 79'), 9-Roberto Firmino, 10-Sadio Mane.

Manajer: Jurgen Klopp (Jerman)

Chelsea (3-4-2-1): 1-Kepa Arrizabalaga; 28-Cesar Azpilicueta, 15-Kurt Zouma, 2-Antonio Rudiger; 24-Reece James, 17-Mateo Kovacic, 5-Jorginho, 3-Marcos Alonso; 10-Willian (22-Christian Pulisic 59'), 19-Mason Mount (20-Callum Hudson-Odoi 59'); 18-Olivier Giroud (9-Tammy Abraham 59')

Manajer: Frank Lampard (Inggris)

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Richard Andreas/Published: 23/07/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓