Angkat Trofi Juara Premier League, Liverpool Akhiri Penantian Panjang

Oleh Rizki Hidayat pada 23 Jul 2020, 06:40 WIB
Diperbarui 23 Jul 2020, 06:44 WIB
Liverpool
Liverpool akhirnya mengangkat trofi juara Premier League musim ini, setelah membungkam Chelsea dengan skor 5-3 di Stadion Anfield pada laga pekan ke-37 Premier League, Kamis (23/7/2020) dini hari WIB. (AFP/Laurence Griffiths)

Bola.com, Liverpool - Liverpool akhirnya resmi mengangkat trofi Premier League musim ini. Titel juara itu pun sekaligus mengakhiri penantian The Reds selama 30 tahun dalam merengkuh gelar Liga Inggris.

Terakhir kali Liverpool keluar sebagai kampiun di kompetisi kasta teratas di Inggris itu pada musim 1989-1990. Tetapi kala itu, Liga Inggris masih bernama Football League First Division.

Ketika kompetisi berganti format menjadi Premier League pada 1992, Liverpool mengalami kesulitan untuk mengangkat trofi juara. Skuat Si Merah kalah bersaing dengan Manchester United, Arsenal, Chelsea, Manchester City, Blackburn Rovers, hingga Leicester City dalam perebutan gelar liga.

Namun akhirnya, Liverpool menyudahi penantian panjang tersebut pada musim ini. The Reds memastikan diri keluar sebagai juara pada 25 Juni 2020, atau saat Premier League 2019-2020 masih menyisakan tujuh laga lagi.

Meski begitu, Liverpool harus menanti hingga laga kandang terakhir sebelum mengangkat trofi Premier League. Anak asuh Jurgen Klopp itu merayakan keberhasilan menjadi juara tanpa kehadiran suporter, karena masih di tengah pandemi virus corona.

 

2 dari 4 halaman

Lumat Chelsea di Stadion Anfield

Tampil Agresif, Liverpool Cetak 5 Gol ke Gawang Chelsea
Pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Georginio Wijnaldum ke gawang Chelsea pada laga lanjutan Premier League pekan ke-37 di Stadion Anfield, Kamis (23/7/2020) dini hari WIB. Liverpool menang 5-3 atas Chelsea. (AFP/Laurence Griffiths/pool)

Sebelum resmi dinobatkan sebagai juara Premier League musim ini, Liverpool meladeni Chelsea di Stadion Anfield pada laga pekan ke-37 Premier League, Kamis (23/7/2020). The Reds sukses melumat The Blues dengan skor 5-3.

Kelima gol Liverpool disarangkan Naby Keita pada menit ke-23, Trent Alexander-Arnold menit ke-38, Georginio Wijnaldum menit ke-43, Roberto Firmino menit ke-55, dan Alex Oxlade-Chamberlain menit ke-84.

Adapun ketiga gol Tim London Biru dicetak Olivier Giroud pada menit ke-45+3, Tammy Abraham menit ke-61, dan Christian Pulisic menit ke-73.

Kemenangan meyakinkan tersebut membuat Liverpool kini telah mendulang 96 poin hasil dari 37 laga. Mereka unggul 33 poin atas Chelsea yang menempati posisi keempat.

3 dari 4 halaman

Trofi Istimewa

Brighton and Hove Albion  Vs Liverpool
Kapten Liverpool, Jordan Henderson, melakukan selebrasi usai membobol gawang Brighton and Hove Albion pada laga Premier League pekan ke-34 di Stadion Falmer, Kamis (9/7/2020). Liverpool menang 3-1 atas Brighton. (AFP/Daniel Leal-Olivas/pool)

Kapten Liverpool, Jordan Henderson, mengaku bangga bisa mengangkat titel juara Premier League musim ini. Bagi Henderson, gelar tersebut terasa istimewa karena membawa The Reds menjuarai liga untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir.

"Kami sudah menunggu lama. Berjalan di sana terasa luar biasa, para pemain layak mendapatkan momen itu dan syukurlah keluarga kami bisa menyaksikan perayaan ini," ujar Henderson.

"Meraih trofi juara ini benar-benar istimewa," tutur gelandang Timnas Inggris tersebut.

Sumber: BBC

4 dari 4 halaman

Saksikan video menarik di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓