Liverpool Dianggap Sudah Tepat Menjual Philippe Coutinho

Oleh Rizki Hidayat pada 24 Jul 2020, 12:45 WIB
Diperbarui 24 Jul 2020, 12:45 WIB
Luiz Suarez dan 4 Penjualan Pemain Termahal Liverpool
Philippe Coutinho - Coutinho dilepas Liverpool ke Barcelona dengan transfer total mencapai 145 juta euro pada Januari 2018. (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Liverpool - Legenda Liverpool, Graeme Souness, menilai keputusan The Reds menjual Philippe Coutinho sudah tepat. Sejak kepergian Coutinho, Liverpool mendatangkan pemain-pemain berkualitas dan sukses meraih berbagai trofi juara.

The Reds awalnya berusaha keras mempertahankan Coutinho. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menegaskan tidak ada niat melepas sang playmaker.

Namun pada akhirnya, Liverpool terpaksa melepas karena tekanan Coutinho dan tawaran Barcelona yang terlalu baik untuk ditolak. Setelahnya, uang penjualan pemain asal Brasil itu yang membantu The Reds mengembangkan tim dengan terjun pada bursa transfer.

Mereka membeli Virgil van Dijk dari Southampton pada Januari 2018, lalu mendatangkan Alisson Becker dari AS Roma beberapa bulan setelahnya. Sekarang, dua pemain ini memegang peranan penting pada keberhasilan Liverpool menjuarai Premier League musim ini.

2 dari 4 halaman

Konsistensi dan rekrutmen

Liverpool Lumat Crystal Palace 4-0
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp merayakan kemenangan dengan bek Virgil van Dijk setelah pertandingan melawan Crystal Palace pada lanjutan Liga Inggris di di Stadion Anfield di Liverpool, Inggris (24/6/2020). Liverpool menang telak 4-0 atas Crystal Palace. (Phil Noble/Pool via AP)

Penjualan Coutinho untuk mendatangkan dua pemain top ini masih jadi bahan perbincangan sampai sekarang. Graeme Souness menilaiĀ Liverpool bisa menjuarai Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan Premier League karena satu keputusan penting ini.

"Rahasia konsistensi ada di tangan pelatih. Saya tak pernah lelah mengatakan ini, Anda tidak akan bisa sukses jika tidak punya pemain-pemain senior yang bagus. Saya kira para pemain senior itulah yang terus mendorong konsistensi," buka Souness kepada Sky Sports.

"Juga perihal rekrutmen, yang masih jadi salah satu elemen terpenting yang harus dilakukan dengan benar dalam klub."

"Jika Anda merekrut dengan baik, Anda bisa mendatangkan pemimpin, Anda bisa mendapatkan pemain berbakat, Anda mendatangkan pemain yang tepat," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Kejelian Liverpool

Liverpool Resmi Angkat Trofi Juara Premier League 2019-2020
Pemain Liverpool, Roberto Firmino, Alisson Becker dan Fabinho, saat merayakan trofi juara Premier league 2019-2020 di Stadion Anfield, Kamis (23/7/2020) dini hari WIB. Prosesi angkat trofi juara ini dilakukan usai pertandingan Liverpool melawan Chelsea. (AFP/Phil Noble/pool)

Liverpool tak hanya cerdik menjual Philippe Coutinho dengan harga tinggi. The Reds pun tahu bagaimana menggunakan uang itu untuk mendatangkan pemain yang tepat. Transfer Van Dijk dan Alisson layak diacungi jempol, keduanya tepat.

"Ketika Anda bertanya siapakah pembelian terbaik mereka, saya kira Anda bisa menengok kembali ketika Liverpool menjelma dari tim bagus jadi tim hebat," sambung Souness.

"Mereka menjual Coutinho untuk 160 juta pounds atau semacamnya. Lalu mereka mendatangkan Alisson dan Van Dijk, dan masih punya sisa kembalian."

"Itu adalah bisnis terbaik yang pernah dilakukan klub ini," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Richard Andreas/Published: 24/7/2020)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Profil Bintang Luis Suarez, Penyerang Barcelona yang Sukses Berkat Cinta Pertamanya