Sukses


Bakal Menyandang Predikat Chelsea Baru, Leeds United Sesumbar Tembus Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Gordon Strachan, pesepak bola legendaris asal Skotlandia, menyebut Leeds United bakal memanaskan Premier League musim depan. Ia menilai bekas klubnya itu akan menyandang predikat Chelsea baru. Keinginan manajemen tim menembus zona Liga Champions pun bisa menjadi kenyataan.

Jika Chelsea memiliki Roman Abramovich, maka Leeds United mempunyai Andrea Radrizzani. Sama seperti Abramovic, Radrizzani pun diprediksi bakal royal menggelontorkan dana segar untuk belanja pemain pada musim panas tahun ini.

Seperti diketahui, Leeds United kembali ke 'habitat' aslinya, yakni Premier League setelah 16 tahun lamanya berkubang di divisi bawah Liga Inggris. Mereka bahakn sempat terjerembab ke League 1, kasta ketiga Liga Inggris, akibat masalah finansial pada 2004 silam.

Keadaan telah berubah. Leeds United tak lagi terlilit utang. Gordon Stratchan yang pernah merengkuh gelar Liga Inggris bersama Leeds pada awal 1990-an itu menyebut mantan timnya berpeluang menjadi Chelsea baru yang tak cuma kuat secara finansial, tapi juga secara tim.

"Klub ini sudah besar, besar karena dukungan Anda dan sejarah panjangnya. Saya yakin Leeds United bisa menjadi Chelsea," kata Stratchan disadur dari The Sun.

Mantan pesepak bola yang pernah membela Leeds pada 1989 hingga 1995 itu juga sesumbar bahwa musim depan perhatian publik sepak bola Inggris bakal mengarah pada laga-laga yang melibatkan klub berjulukan The Peacock tersebut.

"Ketika Leeds United kembali ke Premier League, semua orang mengatakan 'Leeds telah kembali'. Laga Leeds vs Chelsea, Leeds vs Man United, Leeds vs Liverpool akan menjadi perhatian di seluruh dunia," katanya lagi.

Video

2 dari 3 halaman

Sesumbar Tembus Liga Champions

Petinggi Leeds United, Angus Kinnear, tanpa ragu mengatakan bahwa Liga Champions adalah target berikutnya. Namun, ia sadar betul bahwa itu butuh proses panjang.

Panggung Liga Champions sebetulnya bukan sesuatu yang tak lazim buat Leeds United. Sebab, pada 2001, mereka bahkan bisa menembus semifinal.

"Tim ini tak seharusnya berada di Divisi Championship, tapi Premier League. Dalam beberapa tahun ke depan, kami akan mulai bersaing di enam besar, itu jadi target kami," kata Angus Kinnear.

"Untuk mewujudkan itu, tim ini harus jadi tim berkelas Premier League dulu, baru kemudian kelas Liga Champions, itu visi utama klub ini," ujarnya lagi.

3 dari 3 halaman

Incar Ibrahimovic dan James Milner?

Kini Leeds United telah kembali dan sudah berancang-ancang bakal tampil menggebrak di Premier League musim depan. Radriazzini bahkan pernah mencoba mendatangkan Zlatan Ibrahimovic pada Januari awal tahun ini meski si pemain kemudian memilih berseragam AC Milan.

Setelah gagal merekrut Ibrahimovic, Leeds United lantas mengincar satu nama yang tak asing, James Milner, dari Liverpool. Winger kondang itu pernah membela Leeds, dan jika benar-benar bergabung, ia dijanjikan ban kapten oleh manajemen tim.

Sumber: The Sun

Video Populer

Foto Populer