3 Skenario yang Menyajikan Mimpi Buruk bagi Chelsea di Persaingan Akhir Premier League: Bye Bye Liga Champions!

Oleh Ario Yosia pada 25 Jul 2020, 10:50 WIB
Diperbarui 25 Jul 2020, 10:50 WIB
Chelsea - Frank Lampard dan 2 Pemain Chelsea
Chelsea - Frank Lampard dan 2 Pemain Chelsea (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Frank Lampard sedang gundah gulana. Chelsea dalam posisi terjepit. Peluang lolos ke Liga Champions musim depan terancam imbas kekalahan menyakitkan dalam laga kontra Liverpool.

Bertandang ke Anfield, Kamis (27/7/2020) dini hari WIB, The Blues dihajar 5-3 oleh The Reds. Chelsea yang tadinya ada di peringkat tiga klasemen Premier League dengan koleksi 63 poin harus turun posisi.

Mereka disalip Manchester United, yang pada hari sama bermain imbang 1-1 kontra West Ham. Poin kedua klub sama, namun Chelsea kalah selisih gol.

Chelsea akan menjamu Wolves pada pekan ke-37 Premier League di Stamford Bridge pada Minggu (26/7/2020). Mereka wajib menang dalam laga ini, jika tak ingin menangis di pengujung musim gagal duduk di zona big four.

Mimpi buruk bakal menghampiri Frank Lampard jika situasi-situasi seperti ini terjadi di pekan terakhir kompetisi.

2 dari 6 halaman

Skenario Buruk Pertama

Manchester United, Chelsea, Piala FA
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, duel udara dengan pemain Chelsea, Kurt Zouma, pada laga Piala FA di Stadion Wembley, Minggu (19/7/2020). Chelsea menang dengan skor 3-1. (AP/Alastair Grant, Pool)

Manchester United kalah lawan Leicester, Wolverhampton menang di markas Chelsea.

Di skenario ini, Manchester United bakal tetap bisa finis di empat besar meskipun kalah dari Leicester. Sementara Chelsea akan terlempar dari empat besar bila kalah dari Wolves.

Dengan skenario ini, Leicester akan naik ke posisi ketiga dengan 65 poin, Manchester United ada di posisi keempat dengan 63 poin, sementara Chelsea turun ke posisi kelima dengan poin yang sama, 63 poin.

Manchester United meskipun memiliki jumlah poin yang sama dengan Chelsea lebih berhak ke zona Liga Champions karena memiliki aturan selisih gol yang lebih baik dibanding The Blues.

3 dari 6 halaman

Skenario Buruk Kedua

Tampil Agresif, Liverpool Cetak 5 Gol ke Gawang Chelsea
Bek Liverpool, Joe Gomez, berebut bola dengan gelandang Chelsea, Christian Pulisic, pada laga lanjutan Premier League pekan ke-37 di Stadion Anfield, Kamis (23/7/2020) dini hari WIB. Liverpool menang 5-3 atas Chelsea. (AFP/Phil Noble/pool)

Leicester City Vs Manchester United berakhir imbang, Wolverhampton menang.

Dengan skenario seperti ini, Manchester United dan Leicester City akan sama-sama lolos ke zona liga Champions, alias berada di posisi empat besar. MU akan lolos dengan raihan 64 poin, sementara Leicester lolos dengan 63 poin.

Poin Leicester dan Chelsea memang bakal sama di dalam skenario ini. Namun Leicester berhak berada di peringkat keempat karena memiliki selisih gol yang lebih baik.

4 dari 6 halaman

Skenario Buruk Ketiga

Manchester United, Chelsea, Piala FA
Gelandang Manchester United, Nemanja Matic, berebut bola dengan pemain Chelsea, Willian, pada laga Piala FA di Stadion Wembley, Minggu (19/7/2020). Chelsea menang dengan skor 3-1. (AP/Andy Rain, Pool)

Manchester United kalah di markas Leicester, Chelsea vs Wolves berakhir imbang.

Di skenario ini tim yang paling tak diuntungkan adalah Manchester United. Bila skenario ini terjadi, Manchester United akan terlempar ke peringkat kelima klasemen Premier League dengan 63 poin. Sementara Chelsea (65 poin) dan Leicester (64 poin) akan lolos ke zonal Liga Champions musim depan.

Sumber: Berbagai sumber

5 dari 6 halaman

Klasemen Premier League

 
6 dari 6 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓